FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 19 Menit 0 Detik 

4 Fitur Menarik Menjadikan Excel Tools Primadona

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aeed1875138c634e18acb686f0f67935_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel bukan lagi hal yang baru untuk orang yang bekerja dengan komputer atau laptop. Excel ini merupakan salah satu spreadsheet yang banyak digunakan serta menjadi salah satu tools kebanggaan Microsoft. Yup, dilihat dari namanya saja kita sudah bisa mengira bahwa Microsoft Excel merupakan salah satu produk Microsoft. Menariknya, Excel ini bisa diakses menggunakan Operating System Windows maupun Mac OS, sehingga semakin memperbesar peluang untuk digemari lebih banyak orang lagi. 


Fitur yang tersedia di Excel sangatlah banyak. Kita bahkan bisa memanfaatkannya untuk menginputkan data, membersihkan, mengolah, hingga menyajikan data tersebut. Namun bagi sebagian orang awam, Excel hanya dianggap sebagai aplikasi penuh garis yang digunakan untuk menginput data saja. Nah, agar hal ini tidak terjadi lagi, ada baiknya kita melihat beberapa fitur Excel yang membuat Excel semakin menarik. Yuk, simak pembahasannya!


1. Less Coding

Excel


Di tengah banyak nya aplikasi pengolahan data yang menggunakan coding, Excel menjadi salah satu aplikasi yang bersifat less coding namun tidak kalah powerfull. Memang tidak bisa sesempurna bahasa pemrograman lainnya, misalnya saja karena jumlah rows data yang bisa diinput dalam satu sheet hanya terbatas di 1 juta rows, akan tetapi menurut orang-orang yang tidak pernah belajar coding, Excel layak menjadi salah satu tools andalan dalam pengolahan data. Tidak hanya dimanfaatkan di perusahaan-perusahaan besar, Excel juga banyak dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM karena sifatnya yang less coding tersebut.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fitur Pivot Table untuk Membuat Summary

Excel


Summary data merupakan hal yang sangat dibutuhkan, terlebih jika data yang kita miliki berjumlah cukup banyak rows. Kita pasti akan kesusahan untuk menemukan pola dari data serta hal-hal penting lainnya, sehingga kita memerlukan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi summary data. Dalam Excel, kita bisa menggunakan Pivot Table. Dengan menggunakan Pivot Table kita bisa melihat total, rata-rata, dan hal lainnya. Kita bisa menemukan Pivot Table di menu Insert.


3. Fitur Data Analysis untuk Mengolah Data

Excel


Setelah melihat pola data, selanjutnya kita bisa mulai mengolahnya dengan menggunakan metode statistika, mulai dari yang sederhana seperti statistika deskriptif hingga yang lebih rumit seperti berbagai metode statistika inferensial. Fitur ini termasuk ke dalam ToolPak Excel dan harus diinstal melalui add ons terlebih dahulu. Proses analisis menggunakan ToolPak Excel mungkin akan mirip tampilannya dengan R GUI atau R Shiny, yang tinggal menekan tombol-tombol yang tersedia saja. Selain itu, output yang dihasilkan juga mudah untuk diinterpretasikan. Fitur ini bisa ditemukan pada menu Data.


4.Fitur Chart untuk Visualisasi

Excel


Penyajian data dalam bentuk visualisasi dapat membuat data yang ada bercerita, dengan catatan visualisasi yang dibuat harus detail, jelas, serta mudah untuk dibaca. Kita bahkan bisa meng-highlight hal yang ingin disampaikan pada visualisasi data agar data menjadi lebih fokus. Untuk membuat visualisasi data, kita bisa memanfaatkan chart yang disediakan pada menu chart. Selain itu, kita juga bisa menggabungkan hasil Pivot Table dengan Chart tersebut atau yang dikenal dengan istilah Pivot Chart. Berbagai jenis chart ini bisa ditemukan di menu Insert.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Menguasai Excel bisa menjadi skill paling minimal untuk bisa mengolah data. Karena banyaknya fitur yang ada, tanpa harus menguasai bahasa pemrograman pun, Sahabat DQ tetap bisa mengolah dan menyajikan data.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat.


Yuk, buruan sign up di DQLab, dan nikmati fasilitas yang ada!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :