DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 57 Menit 47 Detik 

4 Fungsi Excel Dasar yang Bisa Mempermudah Hidupmu, Apa Saja Sih?

Belajar Data Science di Rumah 06-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1c60872477fbfc8d59931e713763ccaf_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah sebuah aplikasi yang berbentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Ternyata Excel telah berhasil menjadi software spreadsheet yang populer dan diakui pada tahun 1998. Microsoft Excel digunakan untuk proses pengolahan angka, namun tak hanya itu karena Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur dan fungsi lainnya.

Faktanya, software ini tidak hanya digunakan oleh orang yang berurusan dengan data, namun hampir semua bidang pekerjaan baik dari bidang finance, statistisi, industri, hingga bidang-bidang lainnya. Tentu saja ini bisa terjadi karena kelengkapan fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh software ini. Untuk kamu yang sedang bekerja dengan data, berikut akan dibahas 4 fungsi dasar dari Excel yang harus kamu kuasai karena bisa mempermudah pekerjaan dan hidupmu. Penasaran apa aja? Yuk, simak artikelnya!

1. IF

Fungsi ini merupakan fungsi logika. Secara umum, fungsi ini akan menampilkan kondisi tertentu jika pernyataan yang ada bernilai benar, dan jika bernilai salah maka akan menampilkan kondisi lainnya. Fungsi ini menjadi fungsi yang cukup powerful untuk mengatasi data yang sangat berantakan dan susah ditemukan polanya, karena kita bisa menggabungkannya ke beberapa kelompok dengan menggunakan fungsi ini. Menariknya, fungsi ini bisa digabungkan dengan fungsi lainnya ataupun menggabungkan beberapa fungsi IF secara sekaligus jika ada banyak kondisi.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. SUM

Fungsi selanjutnya yang wajib untuk dikuasai adalah SUM. Fungsi ini bertujuan untuk menjumlahkan data yang ada di cell tertentu. Penentuan jumlah cell yang akan dijumlahkan juga bebas, bisa dimulai dari dua cell dan seterusnya. Fungsi ini akan memudahkan kita jika kita ingin menjumlahkan data dari banyak cell karena kita tidak perlu lagi menjumlahkannya secara manual satu per satu. Shortcut fungsi ini bisa menggunakan Alt dan + (tanda tambah).

3. MATCH

Fungsi selanjutnya adalah Match. Tidak jarang dalam pekerjaan dengan data, kita harus memastikan apakah ada selisih antara data yang satu dengan yang lainnya. Sementara untuk memastikan kevalidan dari data, data tersebut tidak boleh berselisih. Untuk memudahkan kita menemukan selisihnya, kita bisa menggunakan fungsi MATCH ini. Output dari fungsi ini adalah urutan data yang dibandingkan pada data yang dijadikan sumber pencarian.

4. TRIM

Pernahkah kamu menemukan data yang double spasi? Data ini tentu saja akan dibaca berbeda oleh komputer meskipun yang dimaksudkan sama dengan data lainnya. Hal ini akan sangat berbahaya jika kita perlu mengetahui jumlah ataupun persentase dari data. Fungsi TRIM ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi adanya double spasi ataupun adanya spasi di depan atau di belakang teks. Fungsi TRIM ini akan menghapus semua spasi yang ada dalam kalimat kecuali spasi yang ada diantara dua kata.

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

5. Ingin Belajar Excel Lebih Jauh? Yuk, Belajar Bareng DQLab!

Nah penjelasan di atas menarik banget kan? Jadi Excel menjadi hal yang wajib kamu kuasai apalagi jika kamu bekerja dengan data. Jika kamu tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut, kamu bisa loh belajar di DQLab. DQLab telah menyediakan beberapa modul yang membahas tentang Excel dari hal yang paling basic hingga hal yang cukup mendalam. Untuk modul Excel, kamu cukup membayar sekali dan bisa dinikmati selamanya. Wah, keren banget kan? Tunggu apa lagi? Yuk buruan daftar di DQLab!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!