Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

4 Fungsi Microsoft Excel yang Wajib Diketahui Pemula

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/52970f2b7d9727ae62ca5ae97826df7a_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan software dari Microsoft yang bisa membantu kamu untuk mengolah data secara otomatis, dari mulai data yang menggunakan perhitungan dasar sampai penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Software ini sangat membantu kamu untuk mengolah, menganalisis, meringkas data,melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta banyak manfaat lainnya.


Di Excel tersedia banyak formula yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita baik untuk kegiatan laporan keuangan hingga data analisis. Selain itu, dibalik sifatnya yang user friendly, Excel merupakan software yang justru dirancang untuk memecahkan masalah statistika yang lebih rumit.


Untuk mengetahui fungsi Excel secara mendalam, DQLab akan memberikan informasi mengenai 4 fungsi Microsoft Excel yang wajib untuk kamu ketahui sebagai pemula. Yuk, langsung simak penjelasan dibawah!

 

1. Membuat Laporan Keuangan

Kamu bisa membuat laporan keuangan pada Microsoft Excel dengan memanfaatkan fungsi serta formula yang terdapat didalamnya. Dengan menggunakan aplikasi satu ini, kamu bisa membuat, mencatat dan menyajikan data yang berbentuk laporan keuangan secara menarik, dinamis serta akurat. Laporan keuangan bisa kamu buat mulai dari transaksi, buku besar, jurnal umum & khusus, neraca saldo hingga laporan keuangan yang lengkap dengan laba rugi, perubahan modal serta arus kas.


Mari perhatikan contoh untuk membuat laporan keuangan sederhana dengan data awal sebagai berikut:

excel

Setelah itu pada kolom saldo kamu bisa inputkan rumus if berikut ini:

=IF(OR(D4<>0;E4<>0);SUM(D$4:D4)-SUM(E$4:E4);0)

Kemudian, enter lalu drag and drop saja hingga hasilnya seperti pada gambar berikut ini:

excel

Selanjutnya, pada cell D14 kamu bisa inputkan rumus =SUM(D4:D7). Pada cell E14 inputkan rumus =SUM(E4:E8), dan pada cell F14 inputkan rumus =D14-E14. Jika sudah, maka laporan keuangan sederhana kamu telah selesai seperti pada gambar dibawah ini:

excel

 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Melakukan Perhitungan Statistik dan Analisis Data

Selain berfungsi untuk melakukan perhitungan sederhana, Excel juga bisa membantu kamu untuk melakukan perhitungan statistik yang rumit. Ada beberapa rumus perhitungan yang disediakan seperti Math & Trig untuk perhitungan matematika dan trigonometri, Statistical untuk perhitungan statistik hingga Logical untuk perhitungan logika. Dengan Excel kamu juga bisa menggunakan tools yang disediakan yaitu Data Analysis seperti ANOVA, correlation, t-test dan lainnya. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan contoh dibawah ini untuk melakukan perhitungan statistik dengan analysis toolpak dengan beberapa langkah:

 

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan sampel data seperti pada gambar diatas. Setelah itu klik menu Data -> Data Analisis -> Descriptive Statistic seperti pada gambar dibawah ini.

excel

 

Setelah itu pada kolom input kamu pilih range kolom dari B2 sampai B21 seperti pada gambar dibawah ini

excel

Secara otomatis akan menghasilkan summary mulai dari mean hingga count seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini,

excel

 

3. Pembuatan Grafik, Tabel hingga Diagram

Fungsi kedua yang disediakan di Excel adalah membuat grafik, tabel hingga diagram dengan cepat. Kamu bisa melakukan pekerjaan visualisasi data secara lebih ringkas dan efisien apabila menguasai tahapan dalam membuat ketiga hal tersebut. Dengan menggunakan grafik, tabel maupun diagram, kamu bisa melakukan penyajian dan mempresentasikan data menggunakan tools tersebut agar lebih mudah dipahami orang lain. 

excel

4. Penyajian Data Lebih Tepat, Rapi serta Akurat

Excel berfungsi untuk membantu kamu dalam menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat. Kamu bisa menemukan pola dalam data dengan cepat serta tepat sasaran. Berhubungan dengan fungsi visualisasi data yang membuat datamu akan terlihat lebih rapi dan formula yang teruji akan membuat data menjadi lebih tepat serta akurat. Selain itu, Excel biasanya dioperasikan melalui formula yang tersedia. Hal tersebut bisa membantu pekerjaan dalam mengolah data menjadi lebih praktis dan teruji valid pada  titik sasaran data.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

 

5. Yuk, Belajar Excel Pemula Hingga Mahir yang Aplikatif Bersama DQLab

excel

Apakah Sahabat DQ tahu? Selain keterampilan menguasai bahasa pemrograman, menguasai tools spreadsheet powerful sekelas Microsoft Excel itu ngga kalah penting, lho. Terutama untuk kamu yang berprofesi atau ingin berkarir sebagai seorang Admin. 


Kamu penasaran ingin mengukur kompetensi kamu menggunakan Microsoft Excel? Yuk, coba mini quiz dari DQLab sekarang. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel di DQLab!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


 


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!