4 Fungsi Teks Excel yang Sering Dipakai Perusahaan

Di antara banyak tools yang digunakan di perusahaan, Microsoft Excel telah menjadi salah satu aplikasi yang populer untuk semua kebutuhan. Selain mudah digunakan, Excel memiliki beragam fitur dan fungsi yang bisa membuat pekerjaan rutin menjadi lebih cepat terselesaikan. Ada satu fungsi yaitu, fungsi teks yang bisa kalian manfaatkan untuk membantu mengelola, mengubah, dan menganalisis data teks dengan mudah.
Apa saja fungsi-fungsi tersebut? Artikel ini akan membahas empat fungsi teks Excel yang sering dipakai oleh perusahaan untuk mengoptimalkan pekerjaan sehari-hari. Fungsi-fungsi ini memiliki peran penting dalam pengolahan data, analisis laporan, dan menyusun informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan bisnis. Dengan pemahaman yang mendalam tentang fungsi teks ini, kalian akan dapat meningkatkan efisiensi kerja ketika mengolah data. Yuk simak pembahasannya!
1. CONCATENATE
Fungsi CONCATENATE dalam Excel digunakan untuk menggabungkan beberapa teks dari sel atau string menjadi satu teks tunggal. Fungsi ini sangat berguna dalam perusahaan karena memungkinkan penggabungan informasi dari beberapa sel atau kolom menjadi satu string yang lebih lengkap. Yuk kita langsung coba praktikkan!
Misalkan kalian bekerja di bagian pemasaran dan memiliki data pelanggan dengan kolom nama depan dan nama belakang. Untuk membuat daftar nama lengkap, kalian dapat menggunakan fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan nama depan dan belakang menjadi satu teks.
Kalian ingin membuat daftar nama lengkap dari data tersebut di kolom sebelahnya, dalam contoh di atas menggunakan kolom D. SahabatDQ bisa menggunakan fungsi CONCATENATE seperti berikut:
Dalam contoh di atas, fungsi CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan nilai dari kolom B (nama depan) dan kolom C (nama belakang) dengan spasi di antara keduanya, sehingga menghasilkan nama lengkap di kolom D.
Penggunaan lain dari fungsi CONCATENATE di perusahaan adalah untuk membuat kode unik atau nomor referensi dengan menggabungkan beberapa elemen seperti nama, tanggal, atau nomor urut. Misalnya, untuk membuat nomor faktur atau nomor pesanan unik.
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. LEFT dan RIGHT
Kedua fungsi LEFT dan RIGHT dalam Excel digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari teks dalam sel. Namun, fungsi tersebut berbeda dalam cara ekstraksi karakternya. Supaya lebih paham dengan fungsi tersebut, mari kita simak praktik penggunaannya di sini.
Misalkan kalian bekerja di departemen logistik, dan memiliki daftar nomor pesanan yang panjang. Nomor pesanan ini memiliki pola yang konsisten, misalnya "PO-XXXXXX" dimana "XXXXXX" adalah nomor unik yang berbeda untuk setiap pesanan. Kalian dapat menggunakan fungsi LEFT untuk mengekstrak "PO-" dari nomor pesanan untuk membuat daftar singkat hanya dengan kode pesanan.
Dalam contoh sebelumnya, kita ingin mengekstrak nomor unik dari nomor pesanan yang panjang. Kalian dapat menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil 6 angka terakhir dari nomor pesanan yang dihasilkan setelah kode "PO-".
3. LEN
Fungsi LEN (Length) dalam Excel digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam teks, termasuk huruf, angka, spasi, dan tanda baca. Fungsi LEN sangat berguna untuk mengetahui panjang teks atau string dalam sebuah sel, yang dibutuhkan dalam analisis data dan pengolahan teks.
Misalnya, jika perusahaan memiliki kebijakan bahwa nomor pesanan harus terdiri dari 10 karakter, kalian dapat menggunakan fungsi LEN untuk memeriksa apakah nomor pesanan yang diinputkan oleh karyawan sesuai dengan panjang yang diharapkan. Jika panjangnya tidak tepat, kalian dapat memberi tahu atau meminta karyawan lain untuk mengoreksi data. Berikut contoh penggunaanya.
Misalkan kalian diminta untuk mengecek apakah nomor telepon yang diberikan valid atau tidak. Kalian bisa mulai cek dengan melihat panjang karakternya.
Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel
4. SUBSTITUTE
Fungsi SUBSTITUTE dalam Excel digunakan untuk mengganti teks tertentu dalam suatu teks dengan teks lain yang ditentukan. Fungsi ini sangat berguna ketika kalian ingin melakukan penggantian teks yang berulang dalam sel atau rangkaian teks yang lebih panjang.
Misalkan kalian bekerja di departemen pemasaran dan memiliki lembar data dengan kolom deskripsi produk. Kalian ingin mengganti kata "kualitas rendah" dengan "kualitas tinggi" dalam deskripsi produk untuk menarik perhatian pelanggan. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi SUBSTITUTE.
Dengan menggunakan fungsi SUBSTITUTE, kalian dapat dengan mudah melakukan penggantian teks dalam data, seperti mengubah label, memperbarui informasi, atau melakukan koreksi teks. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsistensi dan akurasi data dalam pekerjaan sehari-hari di perusahaan.
Masih ada banyak fungsi yang bisa kalian pelajari lagi loh di Excel. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut?
Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?
Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari
Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai
Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code
Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun
Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Jangan lupa ikuti pula Bootcamp Data Analyst with Excel!
Penulis : Dita Feby
Editor : Annissa Widya
Postingan Terkait
Menangkan Kompetisi Bisnis dengan Machine Learning
Pentingnya Machine Learning dalam Industri Bisnis
Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab
Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.