PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 52 Menit 59 Detik

4 Hal yang Maksimalkan Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b645b5cc5ac19f69833018ffa168a7f0_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist merupakan salah satu profesi baru di bidang data. Data Scientist bertugas untuk mengubah data mentah menjadi wawasan baru dengan melakukan pengolahan data. Insight yang didapatkan dari pengolahan data tersebut akan dijadikan dasar pertimbangan dalam proses pembuatan keputusan. Jika Data Scientist salah dalam menganalisa, maka akan berakibat fatal bagi performa perusahaan. Itulah mengapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist sangat tinggi.


Data Scientist bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Tidak heran jika hampir semua perusahaan akan membutuhkan seorang Data Scientist yang benar-benar kompeten. Hal inilah yang kemudian mendukung banyak lembaga kursus yang membuka kelas untuk belajar Data Science, mulai dari yang harga nya terjangkau hingga yang membuat kantong bolong. Nah, ada 4 hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa memaksimalkan pelatihan Data Scientist yang sedang kamu ikuti. Yuk, simak pembahasannya!


1.Kuatkan Mental

Data Scientist

Belajar Data Scientist memang sangat seru namun juga kerap kali menjadi penyebab stres, terlebih bagi pemula yang belum pernah menggunakan bahasa pemrograman. Seperti yang kita ketahui, pekerjaan Data Scientist sangat erat kaitannya dengan coding menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL. Kesalahan dalam penulisan coding akan membuat program yang akan dijalankan error. Nah, yang perlu dilakukan adalah menguatkan mental ketika menghadapi hal-hal seperti itu. Seiring dengan bertambahnya ilmu, kita akan bisa membuat coding tanpa error.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Jangan Takut Memulai Dari Nol

Data Scientist

Kerap kali kita akan merasa insecure ketika melihat orang-orang yang telah jago dalam bidang Data Science. Padahal tanpa kita sadari, sebelum mereka sampai di posisi nya saat ini, mereka juga pernah berada di posisi yang tidak mengetahui apapun. Tidak ada yang salah jika kamu harus memulai dari nol, apalagi jika sama sekali tidak memiliki background yang berkaitan dengan data. Yang salah adalah ketika kita tidak pernah berani memulai karena selalu merasa insecure. Ingatlah, semakin banyak error yang kita temui maka ilmu yang kita miliki pun akan semakin bertambah.


3. Jangan Malu Bertanya

Data Scientist

Seperti kata pepatah, “malu bertanya sesat di jalan”. Jika mengalami kesusahan dalam proses belajar, tidak ada yang salah jika kamu bertanya kepada mentor. Mumpung mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan orang yang kompeten di bidang nya, maka kamu harus memanfaatkannya dengan baik. Biasanya, orang yang dijadikan mentor adalah orang-orang yang benar terbiasa dengan materi yang dibahas, sehingga ilmu yang didapatkan tidak hanya sebatas teori namun juga berdasarkan pengalamannya. 


4. Gabung dengan Komunitas

Data Scientist

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan pelatihan Data Scientist adalah dengan bergabung ke komunitas data. Saat ini ada banyak sekali komunitas Data Science, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Hal ini akan membantu proses belajar menjadi lebih mudah karena kita akan melihat permasalahan yang berhubungan dengan Data Science di lapangan. Selain itu, kita bisa berdiskusi dengan topik-topik terhangat yang berkaitan dengan Data Science.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data Scientist kerap kali menjadi mimpi bagi banyak orang.Tidak ada salahnya mengikuti kursus Data Science untuk bisa memberikan bekal agar menjadi Data Scientist yang profesional. DQLab menjadi salah satu lembaga kursus Data Science yang bisa dicoba. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia, serta mentor yang kompeten di bidangnya. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023. Tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login