PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 42 Menit 59 Detik 

4 Ide Project Machine Learning Menggunakan Python

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26422303229e1566ab5e2539bb8850de_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning merupakan salah satu teknologi yang sedang banyak diadaptasi di berbagai sektor industri untuk membantu mengotomatisasi pekerjaan berulang sehingga perusahaan bisa menghemat tenaga manusia.


Recruitment machine learning engineer meningkat sangat pesat seiring dengan semakin populernya istilah machine learning. Industri ini menawarkan peluang pekerjaan yang cukup menjanjikan dan menyebabkan banyak pekerja mulai ‘banting stir’ untuk berkarir di bidang machine learning.


Machine learning adalah teknologi yang menggabungkan kemampuan teoritis dan teknis. Oleh karena itu, calon machine learning engineer harus banyak praktek mengerjakan project machine learning untuk mengasah kemampuan menulis script code dan meng-handle error saat mengerjakan tugas machine learning.


Ada banyak bidang yang bisa dieksplorasi untuk menghasilkan ide-ide menarik menggunakan machine learning. Pada artikel kali ini DQLab akan membeberkan beberapa ide yang bisa diangkat sebagai project machine learning.


1. Data Cleaning Di Bidang Telco

Data cleaning adalah part penting dalam project machine learning. Secara umum, data cleaning adalah membersihkan data dari noise atau hal-hal yang tidak diperlukan dengan tujuan untuk menghindari hasil yang bias.


Ada beberapa proses data cleaning yang bisa kita lakukan, mulai dari menghapus atau me-replace missing value, mengidentifikasi dan menghapus data duplikat, mengatasi outlier, hingga melakukan standarisasi. Kita bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti Python untuk mengerjakan project ini.

machine learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Customer Churn Prediction

Customer Churn Prediction adalah tindakan memprediksi pelanggan mana yang kemungkinan besar akan membatalkan proses pembelian berdasarkan penggunaan layanan mereka. Biasanya untuk mempermudah proses ini perusahaan menggunakan customer success software untuk memecahkan kebutuhan pelanggan dengan tepat.


Tetapi perusahaan perlu lebih detail untuk memahami alasan yang mendasari customer melakukan churn. Untuk memprediksi customer chrun, kita bisa menggunakan beberapa model seperti Regresi, Random Forest Classifier, dan Gradient Boosting Classifier kemudian membandingkan ketiga model tersebut.

machine learning


3. Business Decision Research

Sebuah business decision adalah setiap pilihan yang dibuat oleh profesional bisnis yang bertujuan untuk menentukan aktivitas perusahaan jangka pendek atau jangka panjang.


Dalam pembuatan keputusan perlu adanya research agar keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik. Kita bisa membangun project machine learning dengan membangun model klasifikasi kemudian visualisasikan hasilnya.

machine learning


4. Customer Segmentation

Customer segmentation adalah proses pengelompokan pelanggan ke dalam kelompok tertentu berdasarkan karakteristik, perilaku, atau preferensi bersama, dengan tujuan memberikan pengalaman yang lebih relevan.


Ada banyak algoritma clustering yang bisa kita gunakan untuk membuat project di bidang ini, misalnya algoritma K-Means Clustering, K-Mode Clustering, K-Prototype Clustering, dan algoritma lainnya sesuai jenis data yang kita miliki.

machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Tertarik untuk mengeksplorasi project-project lain dari DQLab? Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL “Introduction to Data Science” dengan bahasa pemrograman R dan Python sebagai perkenalan dengan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :