PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 34 Menit 9 Detik 

4 Implementasi Machine Learning yang Diterapkan Sektor Industri

Belajar Data Science di Rumah 11-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ec9ae92369114969999fda958ac52528_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning menjadi salah satu teknologi yang memungkinkan mesin bekerja secara otomatis untuk membuat keputusannya sendiri. Machine Learning akan dibuat sedemikian rupa agar bisa mengikuti cara berpikir manusia. Tentu agar mesin dapat membuat keputusan secara akurat, maka perlu melakukan proses training dari permasalahan sejenis menggunakan data-data yang telah terjadi sebelumnya. Fokus dari Machine Learning adalah membuat komputer dapat belajar sendiri hingga nantinya dapat melakukan prediksi yang memiliki akurasi yang tinggi.


Machine Learning dapat diterapkan di berbagai sektor industri, mulai dari teknologi, kesehatan, transportasi, perbankan, dan masih banyak lagi. Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering memanfaatkan penerapan dari Machine Learning, khususnya ketika kita menggunakan smartphone. Dengan adanya Machine Learning, banyak hal-hal yang ada di dalam hidup kita menjadi jauh lebih mudah untuk dijalankan. Nah, berikut ini adalah contoh dari penerapan Machine Learning di berbagai bidang. Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut ini!


1. Keuangan dan Perbankan

machine learning

Salah satu bidang yang sudah menggunakan Machine Learning adalah di sektor keuangan dan juga perbankan. Beberapa hal yang sudah menggunakan Machine Learning di sektor ini misalnya Mobile Banking, proses pengajuan kredit, serta mencegah penipuan.


Data-data transaksi yang terjadi setiap harinya sangatlah banyak, sehingga hal-hal yang bersifat otomatis mulai dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia yang ada. Karena jika transaksi harus di cek satu per satu secara manual pasti akan memakan banyak waktu.


Machine Learning dapat melihat apakah transaksi yang terjadi penipuan atau tidak dengan mempertimbangkan berbagai faktor, misalnya saja seperti ukuran transaksi, frekuensi terjadinya transaksi terbaru, serta jenis retailer yang digunakan. Selain itu, Machine Learning dan AI juga bisa memutuskan dengan cepat, apakah nasabah yang sedang ingin mengajukan kredit dapat di-approve atau tidak.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Transportasi

machine learning

Bidang transportasi merupakan hal yang tidak akan luput dari kehidupan manusia sehari-hari karena untuk berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang baru pasti akan membutuhkan transportasi. Dengan diterapkannya Machine Learning dalam bidang transportasi, maka waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan dapat menjadi lebih singkat.


Misalnya saja, yang diterapkan di Google Maps, kita dapat melihat kondisi jalanan yang akan dilalui, selain itu data nya bisa bergerak secara real time untuk menyesuaikan lokasi yang dituju. Sehingga meskipun kita salah dalam memilih jalan, maps ini akan secara otomatis memberikan opsi lain agar kita bisa sampai di tempat tujuan.


Selain itu, hal-hal yang sering diterapkan dalam ojek online ternyata juga membutuhkan Machine Learning seperti penentuan perkiraan harga, mengoptimalkan rute terpendek, pengoptimalan lokasi penjemputan, serta mendeteksi penipuan yang mungkin terjadi.  


3. Virtual Assistant

machine learning

Virtual assistant menjadi salah satu teknologi yang cukup dekat dengan kita semua. Teknologi ini memungkinkan hampir setiap orang memiliki asisten pribadi yang cukup pintar.


Kamu bisa mengurangi pekerjaanmu dengan meminta asisten pribadi mu untuk melakukan banyak hal, seperti perintah untuk melakukan panggilan telepon, membuat alarm, meminta untuk mencari informasi di mesin pencarian, mengatur lampu, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh asisten virtual yang sering ditemui adalah Siri, Google Assistant, serta Amazon Alexa.


4. Pendidikan

machine learning

Bidang pendidikan juga menjadi salah satu bidang yang sudah mulai menerapkan Machine Learning. Salah satu contohnya adalah detektor untuk mendeteksi plagiarisme. Detektor ini dapat melihat dengan cepat seberapa identik dokumen yang satu dengan dokumen lainnya yang ada di dalam database.


Hal ini menjadi salah satu teknologi yang dibutuhkan mengingat essay dan tulisan ilmiah lainnya  menjadi hal yang sangat akrab dengan dunia pendidikan, dimana tulisan-tulisan tersebut tidak boleh identik dengan tulisan yang sudah ada sebelumnya.


Selain itu, Machine Learning yang diterapkan di sektor pendidikan juga dapat mempermudah banyak hal, seperti dari segi administrasi, membuat pembelajaran  yang dipersonalisasikan, serta menganalisis tingkat putus sekolah.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Perkembangan teknologi Machine Learning ini dapat menjadi hal yang positif atau negatif, tergantung dari cara kita menyikapinya. Agar dapat beradaptasi dengan teknologi ini, maka kita perlu untuk terus meng-upgrade ilmu. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning.


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning khususnya dengan menggunakan Python, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning. 


Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh DQLab. Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :