Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

4 Jenis Tugas Data Scientist yang Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7ff0618bd35845eeb5b7417e03a87bb9_x_Thumbnail800.jpg

Halo sahabat data! Tahukah kamu, ternyata Data Scientist merupakan salah satu profesi yang banyak diminati tahun ini loh. Apakah kamu salah satu dari sekian orang yang berminat menjadi Data Scientist? Jika iya, apakah kamu sudah kenal dengan profesi ini? Jika diibaratkan dengan pilot, Data Scientist merupakan orang yang berada dibalik kendali pesawatnya. Tanggung jawabnya luas dari analisis sampai mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis. Data Scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (Big Data) yang terakumulasi di perusahaan.


Data Scientist merupakan salah satu profesi di bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. Simplenya, seorang Data Scientist itu tugasnya mulai dari mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan nanti. Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu ga perlu khawatir jika kamu tidak punya latar belakang ilmu Data Science atau sejenisnya, karena profesi ini bisa dipelajari oleh siapa saja dari rumpun ilmu mana saja, kok!


Nah, jika kamu adalah pemula di dunia Data Science ini, tenang aja guys! Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, apalagi melihat era digital transformation seperti saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. So, pada artikel kali ini kita akan bahas bersama ya seperti apasih pada umumnya tugas yang dilakukan seorang Data Scientist di perusahaan. Yuk simak bersama pembahasan berikut ini ya!


1. Melakukan Penelitian dan Mengumpulkan Data 

data scientist


Pertama-tama seorang Data Scientist perlu melakukan penelitian terhadap masalah yang didapati. Terkadang permasalahan yang harus diselesaikan oleh seorang Data Scientist adalah permasalahan baru yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Ini merupakan hal yang wajar karena untuk mengembangkan inovasi, mereka harus mulai menyelesaikan masalah terbaru. 


Nah, agar seorang Data Scientist bisa lebih memahami permasalahan yang ada, maka mereka harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Dari penelitian ini, mereka dapat menyimpulkan, data yang seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan juga dapat memastikan apakah datanya valid atau tidak. Barulah selanjutnya dilakukan pengumpulan data. Baik itu dari sumber primer (seperti konsumen) atau sumber sekunder (seperti hasil observasi). 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data Perusahaan

data scientist


Analisis data merupakan salah satu tugas yang sudah jelas akan dilakukan oleh seorang Data Scientist. Bagi perusahaan skala menengah, Data Scientist memiliki peran seperti mengambil data dari database menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau menggunakan software lainnya seperti SPSS, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan beberapa menggunakan bantuan bahasa pemrograman dalam melakukan analisis data dengan R atau MATLAB. 


Analisis data dilakukan bertujuan untuk melihat pola dan tren dari sebuah data. Kemudian dilakukan prediksi dari hasil analisa menggunakan algoritma yang sesuai. Dari prediksi tersebut, Data Scientist harus dapat menafsirkannya dengan membuat pemetaan, visualisasi, serta prototype untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan peforma.


Di beberapa perusahaan di Indonesia, Data Scientist diberikan tugas lain untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan atau platform lain seperti PIWIK yang terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan. Tugas-tugas seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang mulai berkecimpung di profesi Data Scientist. 


3. Bertanggung Jawab Terhadap Kualitas Data Perusahaan

data scientist


Ketika perusahaan yang memiliki trafik data yang tinggi baik dari data konsumen, penjualan, ataupun statistik website pasti memerlukan seorang yang mampu mempersiapkan infrastruktur data. Disinilah seorang Data Scientist dibutuhkan, karena mereka mampu menyiapkan infrastruktur data perusahaan dengan baik. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan mencari Data Scientist dan Data Engineer untuk melakukan tanggung jawab ini. Infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.


4. Mengendalikan Pengolahan Data dan Memberikan Rekomendasi

data scientist


Ibarat pilot, seorang Data Scientist merupakan orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data. Luasnya tanggung jawab yang dimiliki dari analisis hingga mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan suatu bisnis. Data Scientist pun juga bertugas menganalisis berbagai macam data dengan berbagai jumlah dari data yang besar (Big Data) hingga kecil yang terakumulasi di perusahaan. 


Oleh karena itu, profesi Data Scientist memerlukan kemampuan analisis data seperti menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset (data preparation), memilih algoritma yang tepat yang akan mempengaruhi hasil prediksi (data exploration) dan juga seorang Data Scientist harus punya keterampilan untuk mencari tahu informasi yang berguna untuk pengembangan bisnis, karena jika algoritma yang digunakan sebelumnya ternyata tidak cocok, maka Data Scientist harus bisa menemukan algoritma terbaru dengan menggunakan algoritma Machine Learning serta memanfaatkan metode statistik. 


Tidak kalah penting juga, setelah mendapatkan hasil analisis, Data Scientist akan membuat sebuah infografis berupa rekomendasi prediksi untuk memudahkan para pengambil keputusan dalam memahami data (Data Visualisation).


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Tertarik Menjadi Data Scientist? Persiapkan Dirimu dengan Belajar di DQLab

Nah, itu dia pembahasan singkat mengenai Data Scientist dan tanggung jawabnya. Gimana? Berminat jadi seorang Data Scientist? Kamu yang tidak punya background pendidikan khusus di bidang data, ternyata juga bisa menjadi praktisi data, loh. Tetapi, untuk menjadi Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer, kamu tetap harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan ya. Jangan Khawatir! Ada DQLab yang merupakan lembaga kursus yang terbuka bagi siapa saja dan memiliki prinsip bahwa semua orang bisa menjadi Data Scientist. Tunggu apalagi, dapatkan informasi modul GRATIS dan tips karir menarik hanya di DQLab.id!




Penulis : Salsabila MR

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!