Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

4 Job Description Data Engineer Secara Umum

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/83aebc798418327caeb49d65402f2738_x_Thumbnail800.jpeg

Sekarang hampir setiap industri sudah memiliki teknologinya masing-masing. Dengan adanya hal ini memungkinkan untuk data yang diproses akan sangat banyak dan cepat juga peralihannya. Maka dari itu, diperlukan seseorang untuk memprosesnya. Seseorang yang bisa melakukannya adalah praktisi data. Praktisi data ini banyak dicari oleh perusahaan karena biasanya satu perusahaan memiliki banyak sekali data di dalamnya. Salah satu praktisi data yang sering dicari adalah Data engineer. Di Beberapa website penerimaan pekerjaan data engineer tidak hanya di perusahaan besar tapi banyak juga perusahaan kecil dan startup juga menginginkan posisi tersebut. 


Data engineer ini memiliki tugas untuk mengumpulkan dan mengelola arsitektur data. Maka dari itu dibutuhkan peran dari data engineer ini untuk memastikan data disimpan dengan baik dan juga dapat diakses dengan mudah oleh orang lain dan juga tim yang terkait di dalam perusahaan. Nah, jika kalian masih penasaran apa saja job desk dari data engineer ini, kalian bisa menyimak artikel dibawah ini!


1. Mengumpulkan dan Mengolah data

Tugas data engineer yang utama adalah bisa mengumpulkan dan juga mengolah data dari berbagai macam sumber. Nah biasanya, data engineer akan mengumpulkan data data ini dari beberapa macam database seperti SQL server, MYSQL, CSV, dan juga HTML. Nantinya data yang sudah dikumpulkan akan bisa dirapikan dengan berdasarkan jenisnya seperti data terstruktur dan tidak terstruktur, setelah data dikumpulkan nanti akan diproses oleh data analyst dan data scientist.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Data Cleaning

pastinya di dalam data mentah terdapat anomali data, tipe data yang tidak sesuai dengan pedoman data, data null, duplikasi data, dan lain sebagainya yang bisanya akan mengganggu proses analisis data. Maka dari itu, setelah data sudah dikumpulkan dan juga dirapikan, tugas data engineer adalah membersihkan data yang masih mentah untuk menjadi data yang lebih rapi dan siap untuk diproses oleh data analyst dan data scientist.


3. Menyiapkan Metadata

Data engineer juga memiliki tugas untuk mengumpulkan data data yang tidak terstruktur dan data struktur di dalam storage yang berisi laporan eksplorasi dari data yang biasa kita sebut dengan metadata. Tugas dari data engineer disini adalah bisa melakukan sebuah pengolahan terhadap data yang sudah dikumpulkan untuk bisa pengelolaan data yang sudah disimpan dan juga disusun melalui sistem manajemen basis data.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Menyiapkan Tools

Tugas data engineer selanjutnya adalah menyiapkan tools. Nah biasanya tugas ini hanya dilakukan di dalam keadaan tertentu, karena biasanya data dapat diambil secara langsung dari storage perusahaan. Namun, terdapat beberapa kondisi yang dimana beberapa pihak lain yang memerlukan business intelligence sebagai analisis yang biasanya menyediakan tools yang dapat melihat data secara real, bisa juga untuk menyusun laporan, dan juga bisa memperlihatkan hasil data yang sudah diproses secara visual jadi memungkinkan orang lain bisa memahami data tersebut. 


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :