Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Job Description Data Scientist Paling Umum

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-02-2023-09-23-090441_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah salah satu profesi yang cukup banyak sekali peminatnya. Untuk bisa menjadi seorang data scientist profesional kalian harus mengetahui job description profesi ini dan juga tanggung jawabnya.


Tanggung jawab dari seorang data scientist ini cukup luas mulai dari menganalisis data sampai dengan mendapatkan insight baru atau rekomendasi baru untuk pengembangan bisnis sebuah perusahaan. Data scientist ini bertugas untuk menganalisis berbagai macam data dalam jumlah yang cukup besar dalam sebuah perusahaan.


Nah, jika kalian ingin menjadi seorang data scientist profesional tetapi tidak memiliki background dalam bidang data, tenang karena semua orang pasti memiliki satu kesempatan untuk bisa mempelajari data science ini.


Karena mengingat teknologi digital yang semakin canggih, menjadikan semua hal bisa dilakukan sendiri dan mendapatkan informasi secara mudah. Untuk kalian yang tertarik menjadi seorang data scientist, maka kalian bisa menyimak artikel kali ini, karena kita akan membahas apa saja job description dari data scientist ini. Yuk simak pembahasannya!


1. Menganalisis Data

Analisis data adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seorang data scientist. Perusahaan yang memiliki data scientist profesional pastinya akan melakukan hal-hal seperti mengambil data dari database dengan menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan menggunakan SPSS atau software sejenisnya, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik, dan menggunakan bahasa pemrograman seperti R dan Python untuk membantu pekerjaan mereka.


Ada beberapa perusahaan yang memberikan tugas untuk melakukan analisis akun dengan menggunakan Google Analytic dan sejenisnya. 


Data Scientist

Credit by Sampoerna University


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengumpulkan Data

Data scientist ini memiliki peran yang cukup penting pada proses pengolahan data. Salah satu tugas utamanya adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber. Sumber data ini cukup beragam seperti database internal milik perusahaan, data publik, data sensor, dan juga data dari media sosial.


Proses pengumpulan data ini tidak dilakukan secara manual. Tetapi dengan menggunakan tools yang harus dikuasai oleh data scientist. Data scientist juga harus mampu menggunakan berbagai metode data mining agar bisa mengotomatisasikan proses pengumpulan data dan juga kategorisasi data.


Data Scientist

Credit by Suara.com


3. Infrastruktur Data Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki sebuah trafik data baik data konsumen, produksi, statistik website, dan lainnya yang memerlukan seseorang yang mampu mempersiapkan infrastruktur data yang baik. Dalam hal ini banyak perusahaan yang mencari seorang data scientist untuk melakukan tanggung jawab ini.


Infrastruktur data yang diinginkan inilah pasti dengan struktur data yang baik, kemudahan aksesnya, dan juga mudah dalam melakukan analisis data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Memberikan Rekomendasi Bisnis

Setelah seorang data scientist selesai dengan data yang sudah diolah dan dianalisis, data scientist juga memiliki job lainnya yaitu memberikan rekomendasi-rekomendasi bisnis berdasarkan dari data yang ditemukan.


Bantuan dari data scientist ini mencakup banyak sekali sektor dalam perusahaan mulai dari pengembangan produk dan layanan, optimalkan operasional, prediksi dan perencanaan, sampai dengan mengidentifikasi peluang bisnis baru.


Yuk mulai belajar skill data scientist bersama DQLab! Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab, caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login