GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 15 Menit 9 Detik 

4 Kelebihan SAS, Salah Satu Aplikasi Statistik yang Banyak Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/639d4770f45cc09e8d5f1b17957fad6d_x_Thumbnail800.png

Statistika menjadi salah satu bidang ilmu yang sangat penting saat ini. Segala yang berhubungan dengan data, adanya ketidakpastian, variansi yang berbeda, serta butuh generalisasi pasti akan membutuhkan statistika. Statistika sendiri adalah ilmu yang membahas tentang data dari awal sampai akhir, mulai dari tahap merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, hingga akhirnya menyajikan data tersebut. Saat ini, statistika juga menjadi salah satu ilmu yang mendasari berdirinya ilmu Data Science, sehingga ketika seseorang ingin mempelajari tentang data science, mereka juga harus menguasai statistika.


Karena statistika mampu mengatasi berbagai permasalahan, maka kita akan membutuhkan berbagai software statistika yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. SAS merupakan salah satu tools statistika yang sering digunakan oleh para statistikawan. SAS merupakan singkatan dari Statistical Analysis System. Hingga saat ini, jumlah pengguna SAS telah mencapai 65 ribu user yang tersebar di 130 negara. Nah, apa sih kelebihan dari SAS sehingga memiliki jumlah pengguna yang tidak kalah banyak dengan software lainnya? 


1. Mempermudah Perhitungan Statistika

Sebagaimana yang diketahui, perhitungan statistika jika dilakukan secara manual maka akan membuat para statistikawan berhadapan dengan rumus-rumus rumit. Para statistikawan pasti bisa untuk menyelesaikannya, namun tentu pekerjaannya tidak lagi efektif. Adanya tools seperti SAS ini akan sangat membantu dalam hal analisis termasuk melakukan perhitungan statistika di berbagai instansi. Selain bisa digunakan untuk kepentingan pribadi atau personal, SAS juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu yang ada di perusahaan maupun di instansi tertentu.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Mempersingkat Waktu Pengerjaan

Seperti yang sempat dibahas pada poin sebelumnya, pekerjaan statistika merupakan pekerjaan dengan rumus yang cukup rumit dan jika harus dikerjakan secara manual tanpa memanfaatkan tools tentu akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Sementara jika kita bekerja untuk perusahaan, tentu para stakeholder tidak akan peduli kita menggunakan teknik seperti apa karena yang terpenting pekerjaan kita selesai dengan cepat dan juga benar. Dengan menggunakan tools seperti SAS tentu membuat pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan, terlebih jika harus membandingkan akurasi dari beberapa metode.


3. Hasil Akurat dan Reliabel

Salah satu hal penting yang harus dipenuhi dalam perhitungan statistika adalah output yang dihasilkan haruslah valid serta reliabel. Jika data yang digunakan tidak valid dan tidak reliabel, maka kemungkinan besar hasil analisis dari data tersebut tidak akan mampu menjawab permasalahan yang ada, kalau pun mampu maka prediksinya pasti akan jauh menyimpang dari keadaan yang sebenarnya. Dengan memanfaatkan komputasi yang disediakan oleh tools seperti SAS, tentu hasil perhitungan dapat menjadi valid dan reliabel serta memperkecil kemungkinan terjadinya human error.


4. Tidak Membutuhkan Spesifikasi yang Tinggi

Beberapa tools statistika tidak jarang hanya bisa dijalankan dijalankan di RAM komputer tertentu, terlebih jika data yang dianalisis sudah termasuk ke dalam big data. SAS merupakan salah satu tools yang tidak mewajibkan penggunanya untuk memiliki RAM komputer yang tinggi karena aplikasi ini sudah bisa dijalankan di RAM laptop/komputer yang standar saat ini. Kefleksibelan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan tools ini.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika



5. Yuk Pelajari Tools Statistika Lainnya di DQLab!

Bagi kamu yang tertarik untuk mengeksplorasi berbagai macam tools yang sering digunakan oleh statistikawan, kamu bisa mencoba beberapa tools di DQLab, loh! Misalnya R, Python, serta SQL yang bisa diakses dengan membayar biaya untuk bergabung sebagai member yang sangat bersahabat di kantongmu. Tidak ingin membayar? Eits, kamu tetap bisa menikmati versi gratis dari beberapa tools tersebut. Dengan mengakses modul free untuk R dan Python, kamu akan tetap bisa mempelajari tools tersebut tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab dan nikmati fasilitasnya! 


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :