BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 37 Menit 35 Detik 

4 Kelebihan Teknik Analisis Data Kuantitatif yang Harus Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4dddc8f682abcdebfa19e662efff7f26_x_Thumbnail800.png

Analisis data menjadi bagian terpenting dalam penelitian. Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian dan tugas akhir, mungkin kamu bisa memahami dan mengerti apa saja proses yang dilakukan sehingga bisa mendapatkan kesimpulan. Proses analisis data menjadi penting karena disini kita akan mengolah dan mengubah data mentah menjadi bentuk yang baru sehingga penarikan kesimpulan menjadi lebih mudah. Selain memastikan data yang digunakan adalah data yang valid, sebagai praktisi data kita juga harus memastikan bahwa metode yang digunakan memang sesuai dengan data yang dimiliki.


Hingga saat ini belum ada metode yang bisa digunakan untuk menganalisis semua jenis data. Secara umum, metode analisis data terbagi menjadi analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif merupakan metode analisis data yang berhubungan erat dengan angka serta perhitungan statistik, baik itu analisis deskriptif maupun analisis inferensial. Ada beberapa kelebihan dari analisis data kuantitatif yang harus kamu ketahui dan mungkin bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk menggunakan analisis ini. Apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!


1. Digunakan untuk Meramal

Salah satu keuntungan jika kita menggunakan data kuantitatif adalah kita bisa melakukan prediksi untuk masa depan. Agar bisa melakukan prediksi, tentu saja kita membutuhkan data-data dari beberapa periode waktu sebelumnya. Umumnya, setiap kejadian yang terjadi pasti memiliki pola, sehingga praktisi data akan mempelajari pola yang dimiliki oleh data tersebut untuk membuat prediksi untuk periode selanjutnya. Menentukan prediksi hanya bisa dilakukan jika data yang kita miliki berbentuk kuantitatif.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Dapat Mengukur Akurasi

Akurasi menjadi hal yang sangat penting dalam proses analisis data. Semakin tinggi akurasi, maka akan semakin akurat data yang dimiliki. Akurasi dapat menunjukkan kemampuan data untuk mewakili populasinya. Tentu proses pengukuran akurasi ini tidak akan bisa dilakukan jika data yang dimiliki adalah data kuantitatif karena kita tidak mungkin bisa menentukan berapa persentase akurasi dari pendapat yang disampaikan oleh narasumber, dimana kemungkinan besar pendapat tersebut bersifat subjektif.


3. Bisa Digunakan untuk Melihat Korelasi Antar Variabel

Melihat korelasi antar variabel yang akan digunakan sebagai data tentu tidak kalah penting. Ada beberapa metode analisis yang terkadang akan lebih baik jika antar variabelnya saling berkorelasi. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel tentu datanya harus berbentuk angka karena nilai dari korelasi sendiri berada di antara -1 hingga 1. Nilai -1 menunjukkan bahwa terjadi korelasi namun secara berlawanan atau biasa disebut korelasi negatif. Nilai 1 menunjukkan bahwa terjadi korelasi yang sejalan atau korelasi positif. Sementara jika tidak ada korelasi, maka akan bernilai 0.


4. Membuat Model untuk Menyederhanakan Permasalahan

Pembuatan model menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan oleh praktisi data, khususnya Data Scientist. Pembuatan model ini bertujuan untuk menyederhanakan permasalahan yang cukup kompleks, dimana kita akan membuat keadaan tersebut bisa digambarkan oleh model. Pembuatan model ini juga sangat membantu jika kita ingin melakukan prediksi. Semakin tinggi akurasi model yang tercipta, maka akan semakin akurat model tersebut untuk menggambarkan permasalahan yang sedang terjadi.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Tertarik untuk Menggunakan Teknik Analisis Data Kuantitatif? Yuk, Belajar Bersama DQLab!

Setelah membaca kelebihan yang dimiliki oleh data kuantitatif, kamu ada di tim data kuantitatif atau kualitatif? Di tim manapun kamu, kamu bisa mempelajari metode analisis data dengan belajar di DQLab. Di DQLab, kamu bisa mempelajari berbagai jenis metode penelitian yang disediakan di berbagai modul. Modul-modul ini disusun dengan menggunakan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Untuk mengakses modul tersebut caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu bergabung menjadi member di DQLab. Kamu bahkan bisa menikmati free modul dari DQLab. Yuk, tunggu apa lagi, buruan daftar dan jadi member di DQLab!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :