PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 37 Menit 54 Detik 

4 Keterampilan yang Akan Dipelajari pada Kursus Data Science Gratis

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8353814f9316b9754916573bdee65c08_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini data science merupakan salah satu ilmu yang sedang banyak diperbincangkan. Pengaruhnya yang besar hampir di berbagai bidang menyebabkan profesional di bidang ini banyak dicari. Bahkan perusahaan berani membayar mahal seorang data scientist untuk membantu menemukan insight dalam kumpulan big data yang dapat memperbaiki dan mengembangkan perusahaan. Hal ini menyebabkan minat belajar data science meningkat dan berdampak pula pada meningkatnya institusi yang menawarkan program belajar data science secara intensif. Di Indonesia sendiri, lembaga kursus data science sudah banyak bermunculan dengan berbagai program yang bervariasi.

Setiap lembaga kursus data science memiliki kurikulum yang berbeda, namun secara umum ada 4 bagian utama yang akan kita pelajari di lembaga kursus data science, yaitu keterampilan teknis, teori, praktis, dan tools yang banyak digunakan dalam data science. Biaya belajar yang ditawarkan pun beragam, mulai dari jutaan rupiah bahkan gratis. Jadi sebelum mengikuti kursus data science, kita harus membaca deskripsi secara teliti. Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan 4 bagian utama yang akan kita pelajari dalam kursus data science gratis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Keterampilan Teknis

Bagian pertama yang akan kita pelajari dalam kursus data science akan berfokus pada keterampilan teknis. Kita akan belajar berbagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam dunia data science dan diikuti dengan materi-materi teoritis. Beberapa keterampilan teknis yang akan kita dapatkan adalah keterampilan menggunakan bahasa pemrograman Python dan R. Python merupakan bahasa pemrograman yang saat ini paling banyak digunakan. Dalam survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei terkenal pada tahun 2018, sebanyak 83% responden menggunakan Python setiap hari. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Keterampilan Teoritis

Dalam kursus data science, kita akan belajar beberapa keterampilan teoritis yang akan banyak digunakan dalam data science. Keterampilan teoritis dan praktis harus dipelajari secara bersamaan agar memiliki porsi yang seimbang. Kita akan belajar beberapa konsep matematika dan statistika seperti K-Means Clustering, vector, matriks, aljabar, dan lain sebagainya. Selain itu, kita akan belajar problem solving sehingga kita bisa memecahkan masalah di industri real.


3. Pengalaman Praktik

Bagian ketiga yang akan kita pelajari dalam kursus data science adalah praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data asli di berbagai dunia industri. Selain belajar teori dan teknis, kita akan diajarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi di berbagai dunia industri. Dengan begitu kita akan lebih terbiasa jika nanti harus berhubungan dengan berbagai masalah di dunia industri. Biasanya, dalam kurikulum praktik kita akan diminta memecahkan masalah menggunakan beberapa metode, seperti clustering, regresi, klasifikasi, korelasi, statistik deskriptif, dan lain sebagainya.


4. Keterampilan Tambahan

Selain ketiga bagian di atas, kita juga akan belajar mengasah soft skill yang dapat mendukung performa kita, salah satunya adalah skill komunikasi. Di beberapa kursus data science, kita akan diajarkan untuk mempresentasikan hasil praktik kita kepada beberapa audience. Hal ini karena pada dunia kerja nanti tugas data scientist tidak hanya mengolah data, tetapi juga harus menjelaskan hasil temuannya kepada stakeholder sehingga seorang data scientist harus memiliki skill komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan hasil temuannya dengan jelas.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ikuti Kursus Data Science Gratis Bersama DQLab

Salah satu kursus yang banyak direkomendasikan oleh praktisi data profesional adalah DQLab. Hal ini bukan semata-mata promosi, tapi DQLab memiliki berbagai program belajar dengan ratusan modul interaktif yang dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa belajar tanpa software tambahan. Selain itu, modul DQLab disusun secara terstruktur mulai dari modul untuk pemula, intermediate, hingga advanced. Yuk akses modul gratis DQLab dengan cara klik button di bawah ini dan nikmati pengalaman belajar anti mainstream sesuai tools yang kamu inginkan.



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :