FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 4 Menit 32 Detik 

4 Kiat Jitu Cara Jadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f4733d8cdedf962f2678f2621c16808c_x_Thumbnail800.jpg

Era digitalisasi bisnis membuat volume data semakin bertambah juga. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan data dalam bisnis kian dibutuhkan. World Economic Forum mengungkapkan bahwa data scientist termasuk 10 pekerjaan yang sangat dibutuhkan di tahun 2022. 


Sesuai dengan namanya, profesi ini melekat erat dengan data. Tetapi, apa itu sebenarnya data science? Data science adalah suatu kahlian untuk melakukan pengolahan data dengan goals untuk menciptakan strategi bisnis. Di dunia kerja, orang yang memiliki kemampuan inilah yang disebut sebagai seorang data scinetist. 


Dikarenakan pekerjaan sebagai data scientist sangatlah meningkat menyebabkan persaingan pada profesi ini semakin ketat setiap harinya. Untuk itu mencapainya tentu kamu haru menguasai skill-skill yang diperlukan. 


Lantas bagaimana jika kamu termasuk pemula yang tidak memiliki background STEM atau kamu adalah profesional yang ingin beralih profesi sehingga kamu masih cukup awam dengan ilmu data science? Jangan khawatir, berikut adalah 4 kiat bagaimana menjadi data scientist. Yuk, langsung simak artikel dibawah ini!


1. Kuasai Skill Fundamental Data Scientist

data scientist

Pertama-tama kamu harus mencari tahu informasi mengenai skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist. Adapun skill yang harus dimiliki data scientist seperti kemampuan matematika dan statistik, database, analisis dan visualisasi data. Setelah kamu mengetahui skill-skill yang harus dimiliki data scientist, kamu bisa mulai belajar fundamental dari masing-masing skill tersebut. 


DQLab menyediakan modul-modul fundamental seperti python for data science, R for data science, konsep dasar statisika menggunakan python dan R hingga fundamental SQL yang bisa kamu pelajari bertahap dengan bergabung bersama Modul Premium DQLab.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

 

2. Biasakan Menggunakan Tools-Tools Data Scientist

data scientist

Setelah kamu mempelajari masing-masing teori dasar yang harus dimiliki data scientist, tentunya dalam melaksanakan tanggung jawabnya, seorang Data Scientist tentunya akan bertemu dengan tools-tools yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan mereka, seperti Hadoop, Hive, Pig, SAS, dan Spark.


Dimana dari semua tools yang disebutkan tadi memiliki fungsi masing-masing yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi data kamu. 


3. Bangun Portfolio Outstanding

data scientist

Dengan berbekal kiat-kiat sebelumnya, berikutnya sahabat DQ bisa mulai membangun portfolio yang outstanding. Ngga perlu bingung mau mulai membuat portofolio dengan projek seperti apa karena jika kamu bergabung dalam modul premium DQLab, kamu bisa mencoba kelas penerapan industri yang berisikan projek-projek real case  yang menarik dan menantang tentunya. Untuk kelas penerapan industri sendiri terbagi menjadi 2 yaitu, untuk bahasa python dan R. 


Di kelas penerapan industri untuk bahasa pemrograman python terdiri dari beberapa studi kasus seperti, di bidang kesehatan ada analisis data COVID19 di dunia dan ASEAN, sedangkan dibidang pemasaran kita akan diberi tugas untuk melakukan analisis terhadap customer segmentation, dan proyek menarik lainnya. 


Untuk kelas penerapan industri untuk bahasa pemrograman R memiliki beberapa studi kasus yang bisa kita kerjakan juga contohnya, di bidang finance ada analisis risiko kredit dan dimension reduction, lalu di bidang retail ada market basket analysis,dan di bidang kesehatan juga ada analisis data COVID 19 di Indonesia.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Rasanya skill akan terasah jika kita belajar dan sekaligus mempraktekkannya atau istilah kerennya learning by doing. Nah, setelah kamu sudah mantap mempelajari teori-teori hingga membiasakan menggunakan tools yang digunakan data scientist hingga kamu bisa membangun portfolio sebagai modal kamu untuk menerapkan ilmu kamu tersebut ke industri secara konkret. 


Kamu bisa mencoba melakukan internship di perusahaan atau organisasi selain dapat menambah pengalaman nyata kamu dan mempercantik CV kamu. Kamu juga dapat membangun relasi dengan orang-orang yang berpengalaman di perusahaan atau organisasi tersebut.


data scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0.


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :