BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 42 Menit 30 Detik 

4 Kiat Mudah untuk Menguasai Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 17-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2275cc5178c417460fddb6957df58314_x_Thumbnail800.png

Siapa yang pernah mendengar nama Python? Yups, itu merupakan nama ular, namun yang akan dibahas kali ini adalah Python yang merupakan nama salah satu bahasa pemrograman. Pasti jika kamu sedang tertarik untuk mempelajari Data Science, Python tentu bukanlah sesuatu yang asing lagi. Di beberapa lowongan pekerjaan untuk Data Scientist, rata-rata kualifikasi yang diminta adalah mampu menguasai bahasa pemrograman, salah satunya adalah Python.


Jika kalian mengira Python merupakan bahasa pemrograman yang baru diciptakan di abad 20, maka kalian salah besar. Ternyata Python pertama kali digunakan pada tahun 1990. Wah, udah tua dong, atau jangan-jangan Python malah lebih tua dari kalian yang sedang membaca artikel ini. Python dipilih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh Data Scientist karena Python termasuk ke kategori high level programming language dimana mudah untuk dibaca dan ditulis oleh penggunanya. Selain itu, Python termasuk bahasa pemrograman yang cukup fleksibel untuk digunakan menyelesaikan berbagai permasalahan.


1. Pelajari Basic Python

Untuk bisa menguasai Python Data Science, hal yang paling utama dilakukan adalah menginstall Python dan mempelajari hal-hal basic, seperti cara memberikan perintah, index di Python dimulai dari angka berapa, cara menambahkan komentar, memanggil library, serta hal-hal basic lainnya. Meski hal basic ini terlihat simpel dan tidak begitu memusingkan, namun hal inilah yang kemudian akan menjadi dasar untuk membangun program-program Data Science yang lebih rumit. Basic ini bisa diibaratkan sebagai pondasi, jika pondasinya tidak kuat maka sudah pasti selanjutnya juga tidak akan kuat.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Kuasai Library Python yang Digunakan untuk Data Science

Setelah paham dan bisa menguasai basic di luar kepala, selanjutnya kamu harus mulai mengenali library mana saja yang akan banyak digunakan untuk Data Science. Di Python ada banyak sekali library yang bisa kamu gunakan, namun jika kamu tidak mengetahui fungsi dari masing-masing library tersebut maka library tersebut tidak akan bisa mempermudah pekerjaanmu. Umumnya ada 5 library yang sering digunakan untuk project Data Science, yaitu Numpy, Pandas, Scikit-Learn, Seaborn dan Matplotlib, serta Scipy. Library-library ini hampir mampu menyelesaikan semua permasalahan Data Science.


3. Sering Berlatih dengan Mengerjakan Mini Project

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk lebih menguasai Python Data Science adalah terus berlatih. Ada banyak hal yang bisa kamu gunakan untuk berlatih, misalnya mengerjakan mini project Data Science dengan Python. Di beberapa tempat kursus atau bootcamp pasti akan menyediakan mini project yang harus dikerjakan. Namun jika kamu adalah orang yang belajar Data Science secara otodidak, kamu bisa memanfaatkan berbagai web yang menyediakan dataset yang bisa kamu oleh, misalnya Kaggle. Semakin sering berlatih, maka tentu saja akan semakin banyak kasus yang kamu temui, sehingga skill mu juga akan semakin mahir.


4. Buat Portofolio Data Science dengan Menggunakan Python

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membuat portofolio Data Science dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Portofolio ini bisa dijadikan sebagai personal branding mu sehingga recruiter dapat melihat apakah kamu adalah orang yang dicari atau tidak. Selain itu, dengan menjadikan semua hal yang telah dikerjakan sebagai portofolio bisa dijadikan acuan jika suatu saat mendapatkan kasus yang serupa. Semakin menarik portfolio, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan impianmu juga akan semakin besar.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Python Gratis di DQLab, Yuk!

Setelah membaca langkah-langkah di atas, apakah kamu tertarik untuk mulai belajar Data Science dengan menggunakan bahasa pemrograman Python? Jika kamu tertarik, kamu bisa memanfaatkan free modul yang disediakan oleh DQLab, yaitu œIntroduction to Data Science with Python. Tanpa harus repot-repot memikirkan biaya, kamu bisa mulai belajar Python dari dasar. Caranya gampang banget, kamu cukup mendaftarkan diri mu menjadi member DQLab dan cari free modul. Tunggu apa lagi? Yuk, jangan sia-siakan kesempatan ini!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :