4 Kunci Data Science Bisa Kembangkan Bisnis
Perusahaan besar saat ini menggunakan metodologi data science yang berbeda untuk menjalankan operasi dan mengembangkan bisnis mereka. Menurut Statistika, populasi digital global sekarang mencakup 4,66 miliar users Internet sehingga para profesional dan pakar dapat memperoleh insight yang dapat ditindaklanjuti dari gigabyte data. Berdasarkan fenomena tersebut, tidak heran jika pemilik bisnis sekarang dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan memanfaatkan data science.
Banyak industri besar telah mendapat manfaat dari insight yang dihasilkan oleh data science. Selain itu, teknik, alat, teknologi, dan metodologi yang digunakan sangat penting dalam memperoleh keunggulan kompetitif bagi bisnis. Data science dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk analisis bisnis dan menentukan preferensi konsumen di pasar yang disasar oleh perusahaan. Berikut ini adalah 4 penerapan data science yang bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis.
1. Melakukan Pengenalan Pattern
Perusahaan perlu mengenali pola yang akan membantu dalam memprediksi perilaku pembelian oleh konsumen. Untuk bisnis ritel dan e-commerce, pengenalan pattern ini sangat penting. Ketika perusahaan memahami pola saat ini, mereka dapat membuat penawaran produk yang menarik dan memprediksi item mana yang diminati oleh calon konsumen pada waktu tertentu. Hal ini akan membantu perusahaan untuk bersiap-siap sekaligus memastikan kepuasan konsumen.
Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!
2. Membuat Target dan Sasaran yang Didefinisikan dengan Baik
Data science menggunakan analitik dan big data untuk meningkatkan operasi bisnis dan membantu dalam keputusan penting. Dengan bantuan seorang data scientist, perusahaan dapat menilai dan mengeksplorasi data mentahnya serta mengembangkan rencana atau membuat tim yang akan berusaha keras untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Data science dapat membantu perusahaan membuat kampanye pemasaran dan iklan tertarget.
3. Meningkatkan Proses Rekrutmen
Beberapa perusahaan kesulitan untuk menemukan karyawan baru yang sesuai. Dengan bantuan data science, lita dapat menyaring informasi yang tersedia untuk umum dan menentukan kandidat mana yang paling cocok untuk pekerjaan itu. Selama proses seleksi, data science juga dapat membantu mempercepat penilaian bakat berbasis data.
4. Identifikasi Target Audiens
Prospek dan retensi konsumen adalah dua faktor penting yang dapat mempengaruhi perusahaan. Perusahaan harus tahu apa yang dapat menyebabkan konsumen mereka pergi atau tinggal. Data science dapat mengambil data mentah yang ada yang tidak berharga dan menemukan cara untuk membuatnya berguna.
Dari sana, insight berharga dapat diperoleh yang dapat membantu perusahaan untuk mempelajari konsumen dan calon konsumen secara lebih lanjut. Tim marketing, memerlukan profil konsumen untuk melihat bagaimana preferensi konsumen sehingga campaign yang akan diluncurkan sesuai dengan target konsumen.
Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian
Selain 4 peran penting data science untuk bisnis, masih banyak pemanfaatan data science yang perlu kamu ketahui di berbagai bidang industri. Yuk pelajari pengaplikasian data science di berbagai bidang industri seperti telco, health care, retail dan lain sebagainya dengan modul dari DQLab!
Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ dengan R atau Python dan nikmati experience unik menggunakan live code editor dari DQLab.
Penulis: Galuh Nurvinda K