PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 30 Menit 52 Detik 

4 Kunci Data Science Bisa Kembangkan Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 30-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8025502bf7d46dd0146240ebc1252b13_x_Thumbnail800.jpeg

Perusahaan besar saat ini menggunakan metodologi data science yang berbeda untuk menjalankan operasi dan mengembangkan bisnis mereka. Menurut Statistika, populasi digital global sekarang mencakup 4,66 miliar users Internet sehingga para profesional dan pakar dapat memperoleh insight yang dapat ditindaklanjuti dari gigabyte data. Berdasarkan fenomena tersebut, tidak heran jika pemilik bisnis sekarang dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan memanfaatkan data science.

Banyak industri besar telah mendapat manfaat dari insight yang dihasilkan oleh data science. Selain itu, teknik, alat, teknologi, dan metodologi yang digunakan sangat penting dalam memperoleh keunggulan kompetitif bagi bisnis. Data science dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk analisis bisnis dan menentukan preferensi konsumen di pasar yang disasar oleh perusahaan. Berikut ini adalah 4 penerapan data science yang bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis.

1. Melakukan Pengenalan Pattern

Perusahaan perlu mengenali pola yang akan membantu dalam memprediksi perilaku pembelian oleh konsumen. Untuk bisnis ritel dan e-commerce, pengenalan pattern ini sangat penting. Ketika perusahaan memahami pola saat ini, mereka dapat membuat penawaran produk yang menarik dan memprediksi item mana yang diminati oleh calon konsumen pada waktu tertentu. Hal ini akan membantu perusahaan untuk bersiap-siap sekaligus memastikan kepuasan konsumen.

Data Science

Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Membuat Target dan Sasaran yang Didefinisikan dengan Baik

Data science menggunakan analitik dan big data untuk meningkatkan operasi bisnis dan membantu dalam keputusan penting. Dengan bantuan seorang data scientist, perusahaan dapat menilai dan mengeksplorasi data mentahnya serta mengembangkan rencana atau membuat tim yang akan berusaha keras untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Data science dapat membantu perusahaan membuat kampanye pemasaran dan iklan tertarget.

Data Science


3. Meningkatkan Proses Rekrutmen

Beberapa perusahaan kesulitan untuk menemukan karyawan baru yang sesuai. Dengan bantuan data science, lita dapat menyaring informasi yang tersedia untuk umum dan menentukan kandidat mana yang paling cocok untuk pekerjaan itu. Selama proses seleksi, data science juga dapat membantu mempercepat penilaian bakat berbasis data.

Data Science


4. Identifikasi Target Audiens

Prospek dan retensi konsumen adalah dua faktor penting yang dapat mempengaruhi perusahaan. Perusahaan harus tahu apa yang dapat menyebabkan konsumen mereka pergi atau tinggal. Data science dapat mengambil data mentah yang ada yang tidak berharga dan menemukan cara untuk membuatnya berguna.

Dari sana, insight berharga dapat diperoleh yang dapat membantu perusahaan untuk mempelajari konsumen dan calon konsumen secara lebih lanjut. Tim marketing, memerlukan profil konsumen untuk melihat bagaimana preferensi konsumen sehingga campaign yang akan diluncurkan sesuai dengan target konsumen.

Data Science

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian

Selain 4 peran penting data science untuk bisnis, masih banyak pemanfaatan data science yang perlu kamu ketahui di berbagai bidang industri. Yuk pelajari pengaplikasian data science di berbagai bidang industri seperti telco, health care, retail dan lain sebagainya dengan modul dari DQLab! 

Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ dengan R atau Python dan nikmati experience unik menggunakan live code editor dari DQLab.

Penulis: Galuh Nurvinda K





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :