2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 14 Jam 10 Menit 20 Detik

4 Langkah Dalami Karir Data Analyst melalui Bootcamp

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2024-04-06-211650_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst menjadi salah satu profesi yang tidak begitu memandang background pendidikan kandidat, namun lebih mengutamakan kandidat yang memiliki skill yang mumpuni dalam pengolahan data. Tidak heran jika banyak orang yang banting setir dari profesi lain ke bidang data akan lebih memilih untuk memulai karirnya dengan menjadi Data Analyst. Namun meskipun begitu, menjadi Data Analyst tidak semudah membalikkan telapak tangan, terlebih bagi mereka yang tidak berasal dari background pendidikan STEM.


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan Data Analyst bagi mereka yang tidak berasal dari background pendidikan STEM, bisa dengan mengambil pendidikan formal untuk bidang yang berkaitan dengan Data Analyst, belajar secara otodidak maupun mengambil kelas non formal. Bootcamp Data Analyst telah menjadi pilihan populer bagi individu yang ingin memasuki dunia analisis data tanpa harus menghabiskan waktu dan biaya yang besar untuk mendapatkan gelar formal. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai konsep Bootcamp Data Analyst dan panduan dalam untuk memanfaatkannya secara efektif sehingga kita bisa memulai atau meningkatkan karir sebagai seorang Data Analyst. Yuk, simak pembahasannya!


1. Apa Itu Bootcamp Data Analyst?

Data Analyst

Bootcamp Data Analyst adalah program pendidikan intensif yang sengaja dirancang untuk memberikan pelatihan langsung mengenai skill dan tools yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Analyst. Biasanya, bootcamp ini berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, jauh lebih singkat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan formal. Materi yang diberikan saat bootcamp umumnya mencakup materi-materi seperti analisis data, pengolahan data, statistik, dan pemrograman.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pilih Bootcamp yang Tepat

Data Analyst

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan Bootcamp Data Analyst adalah memilih program yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Ada banyak pilihan bootcamp yang tersedia, mulai dari yang diselenggarakan secara online hingga program yang berbasis kelas, dari yang level beginner hingga level advanced. Kita juga perlu mempertimbangkan faktor seperti durasi program, kurikulum, biaya, serta reputasi penyelenggara saat memilih bootcamp.


3. Lakukan Pembelajaran yang Intensif

Data Analyst

Saat mengikuti Bootcamp Data Analyst, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pembelajaran yang intensif. Karena waktu yang sangat singkat, maka kita perlu memanfaatkan waktu dan sumber daya yang tersedia dengan optimal, baik itu dalam bentuk materi, project praktis, maupun sesi mentoring dengan mentor. Jangan ragu untuk bertanya dan berkolaborasi dengan sesama peserta bootcamp, dengan begitu kita bisa memanfaatkan setiap kesempatan untuk memperluas jaringan profesional yang kita miliki.


4. Terapkan Ilmu yang Didapat

Data Analyst

Setelah menyelesaikan bootcamp, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan dalam kelas. Kita bisa mulai dengan membangun portofolio yang memuat project-project Data Analyst untuk menampilkan kemampuan kita dalam menganalisis data, membuat visualisasi data, serta menyajikan temuan secara efektif. Kita bisa menggunakan portofolio ini untuk menonjolkan diri saat mengajukan lamaran pekerjaan atau untuk memulai karier sebagai freelancer atau konsultan Data Analyst.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengikuti bootcamp Data Analyst adalah langkah besar dalam mengembangkan karir di dunia analisis data. Dengan pendekatan praktis, pemahaman mendalam terhadap alat dan teknologi, serta dukungan karir yang berkelanjutan, bootcamp menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin memasuki atau meningkatkan posisi mereka dalam dunia analisis data.


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel, SQL dan Python dasar dengan menggunakan modul yang disediakan oleh DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel dan bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login