GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 50 Menit 40 Detik 

4 Langkah Mudah Belajar Data Science Secara Otodidak!

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c6a6b25237332d06d87a409c42b2ed2f_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk belajar Data Science tanpa membutuhkan latar belakang tertentu, meskipun pendidikan yang biasanya belajar dan berkarir di bidang data berasal dari Ilmu Komputer, Statistik, Matematika atau Aktuaria. Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan jumlah data yang sangat besar di setiap waktu. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk bisa mengelola data dengan lebih baik agar perkembangan perusahaan juga lebih cepat. Kebutuhan dalam mengelola data tentunya juga mendorong peningkatan praktisi data yang ahli pada bidang tersebut seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi yang juga memudahkan siapa saja dalam mendapatkan informasi sering dimanfaatkan banyak orang untuk belajar Data Science secara otodidak. Sejumlah pengetahuan mengenai Data Science dapat ditemukan melalui artikel, video, podcast hingga free online course. Meskipun dapat melakukan pembelajaran secara otodidak, banyak dari mereka yang masih bingung untuk memulai proses belajar Data Science tersebut dari mana. 

Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan informasi seputar 4 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari Data Science secara otodidak. Langsung simak informasi dibawah ini ya!



1. Pahami Peran Data Science

Pada umumnya, terdapat sejumlah profesi yang ada dalam dunia Data Science seperti Data Scientist, Data Analyst, Daya Engineer, Developer dan sebagainya. Meskipun sama-sama memiliki latar belakang di bidang Data Science, profesi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun tetap berkaitan satu sama lain. Perbedaan pada tiap profesi tersebut tentunya menggunakan peran Data Science yang berbeda pula.


Salah satu contoh sederhana mengenai peran yang berbeda pada profesi tersebut adalah sebagai berikut. Seorang Data Scientist memiliki peran dalam menganalisa data hingga pembuktian kesimpulan. Kesimpulan tersebut dapat menjadi insight baru bagi kebutuhan perusahaan, sedangkan Data Analyst memiliki tanggung jawab hanya pada proses melakukan analisa data yang tersedia. Jadi, kamu harus memahami terlebih dahulu peran Data Science pada profesi yang ingin kamu jalani agar proses belajar lebih maksimal dan terarah.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pelajari dan Kuasai Kompetensi Dasar 

Setelah memahami peran masing-masing profesi, saatnya kamu memahami dasar-dasar dari Data Science seperti kalkulus, probabilitas dan linear algebra. Pemahaman akan hal tersebut tentu sangat mempengaruhi kemudahan dalam melakukan banyak hal. Misalnya, saat kamu memiliki pemahaman yang baik mengenai linear algebra, kamu akan lebih mudah untuk memahami apa yang terjadi dibalik codingan tersebut, bahkan bisa melakukannya sendiri. Selain itu, kamu dapat mengembangkan intuisi yang lebih baik untuk mengoperasikan Machine Learning dan Deep Learning. 


Bukan hanya pemahaman terkait linear algebra saja, konsep probabilitas dalam Data Science menjadi salah satu fondasi penting yang perlu kamu kuasai. Sebagai bidang matematika yang mengukur ketidakpastian, probabilitas menjadi poin penting dalam machine learning serta subjek prasyarat untuk kamu pelajari. Terakhir adalah kalkulus. Bidang penting dalam matematika satu ini memiliki peran dalam banyak algoritma machine learning.


3. Mengerjakan Proyek yang Berhubungan

Dengan menjalankan kedua tahap sebelumnya secara tuntas, kamu telah memiliki dasar kuat mengenai Data Science. Setelahnya, kamu bisa menerapkan apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan proyek maupun studi kasus datamu sendiri. Misalnya, membuat model machine learning secara mandiri setelah mempelajari teori mengenai model machine learning. 


Salah satu cara yang dapat membantu kamu membuat proyek data adalah mengunduh berbagai dataset yang tersedia di platform online. Kamu bisa mencoba untuk melakukan analisis dan prediksi dalam menggunakan machine learning. Hal ini akan menambah pengalaman yang membantu kamu memperkuat pengalaman mengenai konsep dan teori yang telah dipelajari.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Manfaatkan Kursus Online

Kursus Data Science menjadi salah satu jawaban dalam meningkatkan serta mempersiapkan diri untuk menempuh berbagai lingkungan pekerjaan di bidang data. Sebagai salah satu profesi yang bersinar di era revolusi industri 4.0, seorang Praktisi Data harus memiliki berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh industri data. Saat ini, terdapat banyak cara untuk memulai karir kamu menjadi seorang di ranah Data Science. 


Dengan kondisi pandemi seperti sekarang, segala aktivitas kita cenderung dilakukan dari rumah. Tujuannya, untuk mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Berbagai aktivitas seperti pekerjaan dan proses pembelajaran pun dilakukan secara online, termasuk Kursus Data. Kursus Data Science yang dilakukan secara online bersifat lebih fleksibel serta membantu kamu tetap produktif meski dirumah aja. Dengan begitu, kamu tetap bisa meningkatkan kemampuan dan mempelajari berbagai skill yang dibutuhkan. 


Meskipun kamu bisa menemukan banyak materi dasar Data Science di Google, namun perlu untuk memahami cara kerja setiap materi hingga penggunaannya dalam dunia praktek. Dengan begitu, pemahaman yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal dan sesuai dengan dunia kerja yang kamu inginkan. Terdapat berbagai kursus online yang menyediakan modul maupun mentor yang bisa membimbing kamu belajar Data Science.


5. Belajar dengan Mudah Bersama Kursus Online DQLab!

Mempelajari Data Science secara otodidak menjadi pilihan tepat untuk menghemat biaya. Namun, untuk meningkatkan pemahaman mengenai Data Science, kamu juga perlu untuk mengikuti kursus. Pada masa pandemi seperti sekarang, kursus online menjadi jawaban yang tepat untuk belajar dengan aman dan fleksibel. Kamu juga tetap bisa produktif meski dirumah saja.

 

Internet menyediakan informasi yang luas, cepat dan mudah didapatkan menjadi sarana umum untuk menambah pengetahuan mengenai Data Science. Meskipun begitu, masih banyak materi dan studi kasus yang bisa kamu dapatkan di DQLab. Kamu bisa mengakses Module Platinum dan mendapatkan berbagai penawaran eksklusif yang tentunya membantu kamu untuk siap menghadapi dunia digital. Kompetensi data yang meningkat mampu diterapkan sebagai strategi secara mandiri dengan tepat.

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja. Semua orang bisa mempelajari Data Science dengan mudah, praktis dan fun bersama DQLab. Yuk, tunggu apa lagi? Langsung akses Module Platinum untuk mendapatkan berbagai penawaran eksklusif!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :