Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Macam Skill Data Engineer yang Wajib Dikuasai 2024

Belajar Data Science di Rumah 10-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2024-04-06-214559_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, beberapa dari kalian tentu telah mengenali profesi data engineer. Data engineer adalah suatu profesi yang cukup menjanjikan dan banyak diminati oleh berbaai kalangan. Untuk menjadi seorang data engineer yang profesional tentu memerlukan macam-macam skill data engineer yang bisa dipelajari dari dasar. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa skill data engineer yang bisa kamu mulai pelajari.


Seiring perkembangan teknologi seperti saat ini kita perlu terus mengasah skill dan update ilmu pengetahuan yang dapat menyeimbangkan perkembangan zaman. Salah satu halnya adalah dengan menguasai skill data engineer yang diperlukan. Data engineer secara umum bertugas menyiapkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber dalam membangun sistem dan infrastruktur data.  Data engineer juga perlu mengoptimalkan arsitektur dan pipeline data agar lebih optimal. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan merupakan suatu metode penyampaian layanan melalui internet. Seperti yang telah kita ketahui bahwa data engineer bertanggung jawab terhadap data mentah mulai dari menyimpan sampai mengelolanya. Oleh karena itu data engineer perlu memiliki skill cloud computing dan benar-benar memahami cara kerjanya. Dengan begitu, data engineer dapat menyimpan dan mengakses data dari berbagai platform lalu di query dan dianalisis.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah skill yang tidak boleh terlewatkan bagi seorang praktisi data, terutama data engineer. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini keberadaan data sangatlah banyak dan sangat kecil kemungkinannya diproses dengan cara manual.


Dikarenakan kurang bisa maksimal dengan cara manual, maka kita perlu memahami bahasa pemrograman untuk dapat mengelola data dengan lebih baik, lebih efektif dan akurat. Saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Data Engineer

sumber : ITBOX


3. Data Warehousing

Jika berbicara tentang data tentunya kita juga perlu memikirkan bagaimana data yang sangat banyak itu atau yang biasa disebut dengan big data disimpan. Biasanya kita juga tidak asing dengan istilah data warehouse. Data warehouse merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengarsipkan data suatu perusahaan dengan cara rapi dan terstruktur.


Data warehouse memiliki peranan penting dalam perusahaan seperti untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan, memberikan akses data yang cepat dan tepat, memberikan data yang konsisten, sampai memberikan insight seputar historical data. Oleh karena itu, penguasaan terhadap data warehousing ini merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki oleh data engineer.

Data Engineer

sumber : sekawan studio


4. Machine Learning

Machine learning atau biasa dikenal dengan mesin pembelajar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Istilah AI saat ini bukanlah hal yang asing di masa kini. Teknologi ini dikembangkan agar mesin dapat belajar sendiri tanpa rahan dari penggunanya. Beberapa contoh machine learning ini bisa banyak kita jumpai di masa kini. Beberapa contohnya antara lain mesin search engine, aplikasi penerjemah bahasa, asisten virtual, chatbot, dan masih banyak lainnya. 

Data Engineer

sumber : ITBOX


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer adalah salah satu profesi yang dapat menjadi pilihan utama bagi kalian yang ingin update profesi kekinian. Kamu bisa terus belajar dasar-dasar menjadi data engineer di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login