PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 19 Jam 9 Menit 51 Detik

4 Manfaat Data Science di Perusahaan di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2023-10-12-091045_x_Thumbnail800.jpg

Proses pengolahan data adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh suatu perusahaan. Hal ini karena dengan melalui data, perusahaan bisa memperoleh informasi yang berguna. Tentu hal ini bisa dicapai dengan menggunakan metode yang sesuai. Tugas memproses data ini dilakukan oleh praktisi data seperti data analyst, data scientist, dan lain sebagainya.


Banyak perusahaan yang membutuhkan praktisi data untuk mengolah data mereka. Karena perusahaan akan mengandalkan data sebagai pedoman dan juga untuk menentukan strategi bisnis baru bagi perusahaan.


Data yang digunakan haruslah data yang relevan dengan informasi yang ingin diketahui. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki menunjang sistem penyimpanan data yang baik agar pada saat mengolah data menjadi mudah. Data science ini juga memiliki ragam manfaat dan seberapa pentingkah data science ini? Mari simak pembahasan dibawah ini!


1. Pengambilan Keputusan

Data science akan membantu bisnis dalam hal analisis data dan juga risiko untuk membuat suatu keputusan bisnis yang tepat. Untuk mengumpulkan data dan juga menganalisisnya diperlukan keakuratan agar menjadi bukti objektif untuk mengarahkan pada pengambilan keputusan yang tepat antara pilihan bisnis yang sulit.


Dengan ada data science ini bisa membantu perusahaan dalam merini tren apa yang sedang berlangsung, atau produk apa yang dibutuhkan oleh para konsumen, sampai dengan detail kecil lainnya. Dengan begitu perusahaan dapat membuat strategi bisnis yang lebih efektif untuk diterapkan ke dalam pasar.


Data Science

Source: Topcareer.id


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Prediksi Dengan Tepat

Manfaat selanjutnya adalah membantu dalam memprediksi peluang bisnis baru. Perusahaan dapat melakukan hal ini dengan menggunakan data konsumen, jadi perusahaan bisa menyesuaikan dengan tren pasar digital yang tengah berjalan.


Hal ini karena, tren pasar digital memang bisa dikalkulasikan dan juga diprediksi melalui data yang dikumpulkan, diolah, dan juga dikonversi sebagai insight dalam pengambilan strategi pemasaran perusahaan.


3. Meningkatkan Kualitas Keamanan Data Perusahaan

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kualitas keamanan data milik perusahaan. Data science ini memiliki peran yang cukup penting dalam melindungi informasi penting milik perusahaan.


Contohnya seperti, mencari pola yang sama pada data, identifikasi anomali, atau menghubungkan informasi dari sumber yang berbeda dalam waktu yang cukup cepat.


Data science ini juga bisa digunakan dalam menganalisis rekam jejak cyber crime dengan berdasarkan perilaku khas dari para pengguna dengan menerapkan algoritma machine learning.


Data Science

Source: Urbanasia


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Tren Masa Depan

Ilmu data science ini juga menjadi salah satu solusi dalam mengimbangi perkembangan teknologi pada era saat ini seperti mengolah data secara cepat dan akurat. Data science ini juga bisa diterapkan di segala bidang seperti perusahaan yang bergerak di bidang jasa, teknologi, dan lain sebagainya.


Pada dunia industri sendiri, penerapan data science sudah memberikan banyak manfaat salah satunya adalah sebagai bekal untuk perusahaan dalam menghadapi tren masa depan. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan bisa menerapkan metode data mining.


Jadi, data mining ini adalah proses pengumpulan informasi-informasi dari database dengan menggunakan metode AI, Matematika, Bahasa Pemrograman, dan lain sebagainya.


Data Science

Source: Techno Okezone


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data.


Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula.


Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! 


Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login