FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 12 Menit 6 Detik 

4 Manfaat Machine Learning, Diketahui Oleh Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4d2696c377be831b7ca783a303919021_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu contoh teknologi yang lahir seiring perkembangan zaman adalah Machine Learning yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Dalam Artificial Intelligence, para developer akan membuat sebuah teknologi yang memungkinkan robot dapat bekerja seperti manusia, mulai dari pergerakan, bahasa, hingga cara berpikir.


Mereka akan mengadopsi semua hal itu dari manusia, sehingga teknologi tersebut benar-benar menyerupai manusia.


Machine Learning sendiri merupakan salah satu teknologi yang memungkin mesin dapat membuat keputusan layaknya manusia. Seperti namanya, Machine Learning adalah mesin yang dibuat bisa untuk belajar. Dari hasil pembelajaran itu lah yang nantinya akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Semakin luas hal yang dipelajari, maka akurasi keputusan yang diambil akan semakin tinggi.


Machine Learning menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan. Ada beberapa manfaat yang cukup membantu pekerjaan para praktisi data. Kira-kira apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Mempermudah Pekerjaan Manusia

machine learning


Adanya teknologi yang bisa berpikir layaknya manusia seperti Machine Learning tentu akan sangat memudahkan pekerjaan manusia. Meskipun hasilnya mungkin tidak 100% mirip, namun setidaknya akan banyak pekerjaan yang bisa diatasi oleh Machine Learning.


Sehingga bukanlah hal yang mengherankan jika hari ini kita menemukan banyaknya posisi pekerjaan yang mulai diisi oleh mesin, padahal dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia. Misalnya saja Customer Service yang mulai digantikan oleh chatbot untuk menjawab pertanyaan yang umum ditanyakan oleh para customer.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Sistem Pintar yang Otomatis

machine learning


Teknologi Machine Learning merupakan teknologi yang dapat bekerja secara otomatis. Dengan melalui proses pembelajaran atau yang dikenal dengan training, nantinya Machine Learning akan dapat mengambil keputusan secara otomatis.


Misalnya untuk melakukan klasifikasi, prediksi, dll. Namun meskipun begitu, praktisi data perlu memperhatikan tingkat akurasi yang dimiliki oleh model Machine Learning. Semakin tinggi akurasinya maka akan semakin bagus.


Tentunya kita tidak bisa serta merta percaya pada hasil prediksi jika akurasinya rendah, karena peluang untuk melakukan kesalahan menjadi cukup besar.


3. Bermanfaat untuk Banyak Industri

machine learning

Perkembangan teknologi digital merambah ke banyak industri. Hal ini akhirnya membuat para stakeholder di berbagai industri menyadari betapa pentingnya penggunaan data yang sangat banyak tersebut untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.


Data yang dihasilkan oleh teknologi digital itu tidak bisa lagi diolah dengan cara yang sama. Machine Learning menjadi jawaban untuk permasalahan ini, sehingga hal inilah yang kemudian mendasari kebutuhan akan Machine Learning di hampir semua industri yang ada.


4. Bisa Memprediksi Keberlangsungan Perusahaan

machine learning

Persaingan antar perusahaan kerap kali terjadi, khususnya jika perusahaan tersebut bergerak di industri yang sama. Perusahaan harus siap untuk terus membenahi dirinya, agar bisa terus bersaing dengan kompetitor, atau bahkan mengungguli kompetitor yang ada.


Dengan memanfaatkan Machine Learning, perusahaan bisa melakukan hal ini. Mulai dari memprediksi berapa banyak customer yang akan churn dan apa saja penyebabnya, kemudian melihat karakteristik pelanggan dengan melakukan segmentasi, serta melakukan prediksi untuk perkembangan perusahaan kedepannya.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penggunaan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang asing. Sadar ataupun tidak, perkembangan teknologi dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri.


Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :