DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 21 Menit 20 Detik 

4 Penerapan Machine Learning di Industri Otomotif

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/87d2b96e432c8b3480eb28ebe2d7b54c_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang semakin cepat. Di tahun 2022 sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan teknologi ini untuk mengembangkan perusahaannya. Harapannya dengan menerapkan algoritma machine learning perusahaan dapat dengan tepat memprediksikan suatu pola atau tren yang sedang terjadi di industri.


Dengan begitu, perusahaan dapat membuat suatu keputusan dengan tepat dan dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat. 


Alur penggunaan machine learning dimulai dari pengumpulan dan eksplorasi data, pemilihan model seperti regresi linier, neural network dan lain-lain, melatih model, melakukan evaluasi model, dan tahap prediksi. Salah satu industri yang saat ini mulai menerapkan machine learning adalah industri otomotif. Dengan penerapan machine learning, industri ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan. 


Proses yang diperlukan untuk membuat sebuah kendaraan cukup panjang. Dengan menerapkan machine learning, proses pembuatan kendaraan menjadi lebih optimal. Lalu apa saja kegunaan machine learning di industri otomotif? Yuk simak artikel dibawah ini!


1. Quality Control 

machine learning

Quality control adalah tahap terpenting sebelum kendaraan dijual dipasaran. Karena pada tahap ini, perusahaan akan memastikan bahwa kendaraan yang dijual tidak ada cacat sedikitpun. Sebelum adanya algoritma machine learning, pengecekan kendaraan dilakukan oleh manusia. Tidak hanya memakan waktu yang lama, bisa saja terjadi human error ketika proses pengecekkan berlangsung. Yang mana hal tersebut tentunya akan merugikan perusahaan.


Dengan menerapkan algoritma machine learning seperti Anomaly Detection dan Image Recognition, perusahaan akan dengan tepat dan cepat mendeteksi kecacatan sekecil apapun karena algoritma ini telah dilatih dengan jutaan dataset. Dengan begitu kendaraan yang akan dijual sudah terjamin keamanannya. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Data dari Sensor

machine learning

Salah satu kendaraan yang saat ini sudah menerapkan machine learning adalah Tesla. Tesla terkenal karena mempunyai fitur auto pilot atau Self-Drive. Bagaimana caranya? Tesla menggunakan algoritma machine learning Neural Network. Yang mana algoritma tersebut dapat memprediksi 1.000 objek yang berbeda-beda sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan. 


3. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)

machine learning

Memasuki tahun 2022, industri otomotif mulai memberanikan diri untuk masuk ke jaringan produksi global. Karena terdapat perbedaan waktu untuk tiap-tiap negaranya, industri ini menerapkan algoritma machine learning Analitik Supply Chain untuk mendapatkan gambaran data real time dari stok inventory.


Data tersebut dapat diakses oleh supplier, pembeli, penjual, dan operasional sehingga proses jual beli menjadi lebih mudah. 


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Perawatan Prediktif

machine learning

Merawat kendaraan perlu dilakukan jika kalian ingin kendaraan kalian tetap optimal. Jika sebelumnya kalian melakukan servis rutin setiap enam bulan sekali, dengan menerapkan machine learning kalian tidak perlu melakukan servis setiap enam bulan. Algoritma machine learning yang digunakan adalah Predictive Analysis.


Algoritma ini sudah dilatih dengan ribuan dataset yang telah dikumpulkan oleh pabrik dan supplier. Hasil dari algoritma ini dapat memprediksi dengan akurat kapan kalian harus mengganti oli mesin, air radiator, minyak rem dan lain sebagainya. Dengan begitu biaya untuk keperluan servis menjadi tidak membengkak.


Dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, hal ini juga mulai mengubah cara kerja di berbagai industri. Ilmu data science menjadi sebuah ilmu yang dapat membantu perusahaan untuk membuka peluang baru dan berkembang dalam jangka waktu yang panjang. 


Ilmu ini dapat kalian pelajari bersama DQlab. Kalian akan mendapatkan modul seputar bahasa pemrograman R, Python, dan SQL. Tidak hanya itu, kalian juga akan mempelajari algoritma machine learning. Masih ragu? kalian dapat mengerjakan free modul dari DQlab. Kapan lagi bisa memperdalam skill data science secara lengkap dan mendalam. Yuk segera daftarkan diri kalian dengan cara sign up di  DQLab.id!


Penulis : Winda Sarah Audina


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :