PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 47 Menit 12 Detik

4 Platform Populer untuk Share Portfolio Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 10-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d2a3cd045a1470c2b826d5a2a606ca92_x_Thumbnail800.jpeg

Data science adalah bidang baru yang memiliki potensi dan pertumbuhan yang sangat besar. Menurut IBM, permintaan akan data scientist telah tumbuh sebesar 5% per tahun. Laporan dari DevSkiller mengungkapkan bahwa kebutuhan data scientist telah meningkat sebesar 295%. Sayangnya, saat ini sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengerjakan tugas data science masih kurang untuk memenuhi kebutuhan data scientist yang terus meningkat. Saat ini, persaingan karir di bidang data science masih terbilang rendah dibandingkan profesi lain. Padahal, profesi ini adalah profesi yang cukup menjanjikan dan diproyeksi akan terus meningkat.


Bidang data science diibaratkan sebagai harta karun yang ingin dimiliki semua orang. Faktanya, semakin banyak orang meninggalkan pekerjaan mereka saat ini dan memulai karir baru untuk menjadi data scientist. Data scientist adalah profesi yang memerlukan keterampilan teknis. Untuk bisa bersaing dengan kandidat lain, data scientist perlu memiliki portofolio data scientist yang menunjukkan keterampilan teknis, manajerial, serta kemampuan untuk bekerja dalam situasi atau keadaan yang berbeda. Ada banyak platform yang bisa kita gunakan untuk membagikan portfolio kita. Penasaran apa saja platform tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Social Media Platforms 

Sebagai data scientist, kita bisa mendapatkan manfaat yang signifikan dari media sosial yang tidak hanya terbatas pada aktivitas biasa. Beberapa platform telah menjadi hub bagi bisnis dan karyawan untuk berkomunikasi dan mencari pekerjaan. Kita dapat menggunakan platform sosial seperti Twitter dan LinkedIn untuk sharing summary project yang telah kita kerjakan. LinkedIn juga dapat membantu kita untuk menambahkan riwayat pekerjaan sebelumnya dan terhubung dengan audiens yang kita inginkan.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. DataCamp Workspace 

Notebook berbasis cloud ini memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan kita bekerja dengan tim, menganalisis data, dan mempublikasikan analisis yang telah kita kerjakan. Untuk beginner yang membutuhkan ide atau dataset untuk dikerjakan, DataCamp Workspace menawarkan lebih dari 20 dataset yang dapat kita analisis dan jadikan bagian dari portofolio. Selain itu, Datacamp juga memiliki pre-write code yang membantu kita untuk menghemat waktu dengan mencegah penulisan kode lagi sehingga proses analisis data lebih cepat.


Data Scientist


3. GitHub

Data Scientist

GitHub adalah platform populer bagi developer dan ‘coding maker’ untuk menyimpan repository kode mereka dan mengubahnya jika perlu. Platform ini membantu anggota komunitasnya untuk bekerja bersama dari mana saja di seluruh dunia. Hal ini menjadikan platform ini menjadi platform yang ideal untuk data scientist membagikan code yang telah mereka buat. Data scientist yang ingin membagikan pekerjaannya dapat menggunakan fitur sharing project open source. Kabar baiknya adalah platform ini dapat diakses secara gratis.


4. Kaggle 

Kaggle adalah platform populer di kalangan data scientist dan komunitas machine learning. Platform ini membantu kita untuk terhubung dengan data scientist lain dan berdiskusi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama. Kelebihan dari Kaggle adalah memiliki kumpulan data yang bersih dan siap pakai sehingga sangat membantu beginner untuk menemukan ide dan dataset yang tepat untuk membangun project portfolio dan membagikan hasilnya. 

Data Scientist

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Yuk eksplorasi seluruh project data science yang dimiliki oleh DQLab dan bangun portofolio yang bisa menarik hati recruiter. DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login