PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 59 Menit 55 Detik

4 Poin Utama Mengapa Data Science Sangat Penting

Belajar Data Science di Rumah 27-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/db254249f5d28d44e3f71a5b4ef2544f_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science menjadi salah satu ilmu yang terus berkembang pesat. Namun ternyata menurut pakar industri, hal ini masih merupakan tahap awal. Perkembangan ilmu Data Science juga berpengaruh dalam proses pemasaran dan promosi. Jika dulu pada tahun 2003, iTunes membutuhkan waktu 100 bulan untuk mencapai 100 juta pengguna, namun Pokemon di tahun 2016 ternyata hanya membutuhkan waktu dalam hitungan hari untuk mencapai angka tersebut. Dari visualisasi di bawah, kita bisa melihat bahwa ternyata semakin lama, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan banyak pengguna semakin singkat.


Data Science


Peran seorang Data Scientist dalam perusahaan biasanya tidak jauh dari penanganan data dalam ukuran besar kemudian menggunakan teknik tertentu untuk mengolah data. Dengan memanfaatkan ilmu Data Science, akan banyak pekerjaan yang menjadi jauh lebih mudah. Data Scientist dapat melihat peluang dalam bisnis dan mengkomunikasikan hasil temuannya kepada para stakeholder. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang membuat Data Science menjadi penting untuk digunakan. Yuk, simak penjelasannya!


1. Banyaknya Data yang Tersedia

Data Science

Perkembangan teknologi big data membuat data yang tersedia di dunia ini sangatlah banyak. Tentu bukanlah hal yang mengherankan, hal ini bisa terjadi karena didukung juga oleh pengguna internet di dunia ini. Perkembangan teknologi big data tidak hanya membuat volume data bertambah, namun juga membuat jenis data menjadi lebih banyak. Setidaknya, kita bisa mengelompokkan data menjadi tiga bagian umum, yaitu data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur sama sekali. Akan sangat disayangkan jika data-data ini tidak bisa diolah dengan cara yang tepat untuk bisa menghasilkan insight.


Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. ”Data” Tanpa Kata “Science” Tidaklah Berarti Apa-Apa

Data Science

Pada dasarnya, kita akan membutuhkan data yang ada untuk bisa membantu kita menjawab berbagai permasalahan yang sedang terjadi. Data yang banyak tadi tidak akan berarti apa-apa jika tidak bisa menghasilkan informasi. Nah untuk bisa mendapatkan insight data, kita harus mengolahnya terlebih dahulu. Karena volume data yang besar serta jenis data yang beragam, maka kita tidak bisa lagi menggunakan cara lama. Kita bisa memanfaatkan ilmu Data Science sehingga bisa mengolah data yang merupakan big data tersebut.


3. Data Science Dapat Membantu untuk Membuat Customer Experience yang Lebih Baik

Data Science

Source: Go Survey

Customer experience adalah hal yang bersifat krusial baik untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun perusahaan yang menghasil produk non jasa. Untuk bisa membuat pengalaman yang lebih baik bagi para customer, kita harus mengenal customer terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan kekuatan Machine Learning, akan sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk membuat produk yang disukai pelanggan. Misalkan saja membuat sistem rekomendasi berdasarkan history pencarian yang telah dilakukan.


4. Data Dibutuhkan Hampir di Semua Industri

Data Science

Tidak bisa dipungkiri, hampir semua industri membutuhkan data untuk menunjang proses pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil tanpa melihat data history dikhawatirkan hanya akan bersifat subjektif atau hanya mengikuti perasaan orang yang mengambil keputusan saja. Sehingga peluang untuk orang yang ahli akan Data Science terbuka sangat lebar karena akan ada permintaan yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan proses bisnis dengan menggunakan ilmu Data Science.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login