TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 39 Menit 26 Detik

4 Project Machine Learning yang Cocok untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/679881b42482164ad03bcbb2bf93a201_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning adalah salah satu tanda dari kemajuan teknologi. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi semakin pesat dan mengubah banyak hal. Salah satunya adalah dengan banyaknya hal-hal yang bisa dilakukan secara otomatis oleh mesin, sehingga meskipun tidak ada manusia yang memproses atau melayani, kegiatan tersebut tetap bisa berjalan. Hal ini juga yang kemudian membuat banyak pekerjaan yang terbilang “cukup ringan”, sudah mulai digantikan oleh mesin.


Pada dasarnya, Machine Learning merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan komputer bisa berpikir layaknya manusia dalam membuat keputusan. Tentu saja untuk bisa melakukan hal ini, komputer memerlukan proses pembelajaran yang dikenal dengan proses training. Suka ataupun tidak, dalam kehidupan sehari-hari, kita bahkan sudah sering memanfaatkan Machine Learning untuk mempermudah pekerjaan kita. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa contoh dari penerapan Machine Learning yang cocok dijadikan project oleh pemula. Apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!


1.Prediksi Harga Rumah

Machine Learning

Project pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memprediksi harga penjualan akhir sebuah rumah berdasarkan Ames Housing Dataset. Project ini bisa kamu temukan di kompetisi Kaggle. Kita akan disajikan dengan 79 variabel dari data tersebut yang menggambarkan atribut vital rumah di kota Ames, Iowa. Hal-hal yang ada di data tersebut meliputi klasifikasi zonasi, tanggal renovasi, jarak dengan stasiun kereta api, dan bahkan jenis lapisan batu yang digunakan. Kita bisa menggunakan algoritma Random Forest atau Gradient Boosting untuk melakukan prediksi. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.Rekomendasi Film

Machine Learning

Netflix merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk menonton film secara online, sehingga bisa dilakukan dimanapun selama kita memiliki koneksi internet yang memadai. Di Netflix akan ada rekomendasi-rekomendasi film berdasarkan perilaku pengguna. Nah, hal ini juga bisa kita jadikan sebagai project Machine Learning. Kita bisa menggunakan dataset MovieLens yang 1.000.209 peringkat dari sekitar 3.9000 film dari 6.040 pengguna MovieLens yang bergabung dengan MovieLens sejak tahun 2000 untuk membuat mesin rekomendasi film.


3. Image Recognition

Machine Learning

Project Machine Learning lain yang bisa dicoba adalah dengan mengkombinasikan Machine Learning dengan Computer Vision, misalnya saja membuat Project Image Recognition. Kita bisa mengikuti kompetisi yang disediakan oleh Kaggle, dimana kita akan mencoba untuk mengenali tulisan tangan yang berbentuk angka. Kita akan menggunakan MNIST dataset yang akan membuat pemrosesan kita menjadi lebih singkat. Secara keseluruhan, project ini akan berkaitan dengan Neural Network sederhana, fundamental Computer Vision, serta metode klasifikasi seperti SVM (Support Vector Machine), K-Nearest Neighbor, dll.


4. Titanic Survival Project

Machine Learning

Siapa yang tidak kenal Titanic? Sebuah kapal yang disebut-sebut “tidak dapat tenggelam” di awal peluncurannya namun kemudian menghilang di pelayaran pertamanya setelah menabrak gunung es pada 15 April 1912. Ternyata hal ini juga bisa dijadikan project Machine Learning, dimana kita bisa membuat model yang nantinya akan memprediksi kelangsungan hidup para penumpang berdasarkan informasi penumpang, seperti usia, jenis kelamin, kelas tiket, dll. Project ini juga bisa ditemukan di bagian kompetisi di Kaggle.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :