GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 26 Menit 22 Detik 

4 Query Dasar SQL yang Wajib Diketahui Pemula Tanpa Gelar IT

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c5b8a82aa190b158aa9b4044d05419c9_x_Thumbnail800.png

Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. SQL menjadi salah satu skill yang diperlukan oleh berbagai profesi di industri data seperti Data Analyst, Data Scientist, Database Administrator, Data Engineer dan sebagainya. Skill satu ini memiliki beragam fungsi yang bisa membantu pekerjaan praktisi data. Beberapa sistem manajemen basis data relasional umum yang menggunakan SQL adalah Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan sebagainya. 


Salah satu jenis kueri dalam SQL adalah DML (Data ManipulatIon Language). DML merupakan sebuah perintah query SQL yang digunakan ketika DDL telah dibuat. Query DML ini dipakai untuk melakukan manipulasi data, pengolahan data atau record dalam table pada sebuah database. Perintah dalam DML terbagi ke dalam beberapa jenis, termasuk SELECT, UPDATE, INSERT dan DELETE. Dalam menjalankan keempat perintah tersebut ada 3 hal yang perlu terdapat didalamnya, yaitu select (kolom), from (table) dan where (kondisi).


Bagi sahabat data yang tidak memiliki background IT, tidak perlu khawatir dan takut untuk mempelajari skill satu ini. Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengenal 4 query dasar SQL yang kerap digunakan pada tipe sintaks DML. Hal ini akan membantu sahabat data nantinya, sebelum mempelajari SQL lebih dalam lagi. Yuk, langsung simak penjelasan berikut!


1. SELECT

Select menjadi perintah dasar dari SQL dengan tipe sintaks DML. Perintah ini digunakan untuk menampilkan, mengambil maupun memilah informasi dari database atau data dari satu tabel serta beberapa tabel dalam relasi. Berikut merupakan contoh sintaks dasar yang dapat digunakakan :


  • SELECT*FROM(nama tabel)

  • SELECT nama_field, nama_fielld FROM (nama_tabel)


Tanda (*) digunakan untuk melaksanakan SELECT pada seluruh informasi tabel, jika kamu ingin hanya ingin menampilkan field tertentu. Setelah itu, tambahkan nama field tersebut. FROM pada contoh diatas, digunakan untuk menjadi inisial nama tabel yang diiringi nama tabel dibelakangnya. Sedangkan WHERE, dilakukan untuk menjadi inisial kolom tertentu.


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. UPDATE

Perintah kedua dalam sintaks DML ini adalah update. Tujuan penggunaan perintah update adalah memperbarui data lama menjadi data terbaru atau terkini. Contoh penggunaan sintaks update pada SQL adalah sebagai berikut :

 

  • UPDATE nama_tabel

  • SET nama_kolom = record_baru

  • WHERE nama_kolom = record_lama

 

Sintaks update digunakan untuk memperbarui nama yang terdapat di tabel menjadi yang terbaru.


3. INSERT

Perintah ketiga dalam sintaks DML adalah insert. Bahasa query ini digunakan untuk melaksanakan insert tersebut pada informasi maupun meningkatkan suatu informasi seperti informasi baru di database. Perintah insert bisa juga digunakan untuk meningkatkan record baru ke dalam tabel. Dapat disimpulkan, perintah satu ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terbaru. Berikut adalah contoh sintaks dasarnya :


  • INSERT INTO nama_tabel ( nama_field, dst)

  • VALUES ( nilai_masukan, dst)

  • Contoh penggunaannya : INSERT INTO mahasiswa (nim, nama) VALUES (32143, Cika);

    Perintah tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai 32143 pada kolom NIM dan nilai Cika pada kolom nama di tabel mahasiswa.


    4. DELETE

    Delete merupakan bahasa inggris yang memiliki arti “menghapus” Sama halnya dengan artinya, Delete menjadi perintah dalam sintaks DML yang digunakan untuk menghapus data dari tabel. Berikut adalah contoh penggunaan sintaks perintah delete dalam SQL :


            DELETE FROM mahasiswa WHERE nama = ‘CHIKA’;


    Contoh diatas memiliki arti, menghapus data mahasiswa dengan nama “CHIKA”


    Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


    5. SELECT

    Perintah SELECT adalah perintah yang digunakan untuk mengambil beberapa data yang dibutuhkan. Perintah ini merupakan tipe sintak DML, perintah ini pun digunakan sebagai sebagai perintah dasar untuk memilah informasi dari database.

    Contoh penggunaan perintah SELECT adalah sebagai berikut:

             select nama_produk from ms_product ;


    6. AGGREGAT

    Perintah AGGREGATE merupakan perintah yang digunakan untuk menggabungkan beberapa nilai dari sebuah data. Perintah ini juga digunakan untuk menerima beberapa koleksi nilai dan mengembalikan nilai tunggal sebagai akhir hasilnya.


    Contoh perintah AGGREGATE adalah GROUP BY, HAVING, SUM, AVG, dan sebagainya.

       SELECT _ _ _ _ _ _ FROM Subscription GROUP BY _ _ _ _ _ HAVING COUNT _ _ _ _ _ _

    Bagaimana, sudah paham kan apa saja perintah di SQL? Yuk, implementasikan sekarang untuk proses pengolahan data yang lebih efektif. Bocoran untuk Sahabat DQ, bahwa belajar SQL tidak terbatas untuk teman-teman yagn hanya memiliki background STEM saja lho, siapapun punya kesempatan yang sama!

    Semua orang bisa mempelajari Data Science dengan mudah, praktis dan fun bersama DQLab. Ingin memperdalam kompetensi kamu dalam mempelajari Query? Yuk, tunggu apa lagi langsung sign up di DQLab.id untuk belajar SQL lebih dalam!

    Siap Mulai karir di industri data bersama DQLab!

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!