SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 3 Jam 9 Menit 20 Detik

4 Ragam Hal Menarik dalam Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4677749d-5580-4a98-b137-975415425aff-2023-08-31-212009_x_Thumbnail800.jpeg

Kebutuhan akan Data Scientist memang harus diimbangi dengan jumlah talenta yang tersedia. Di Indonesia sendiri masih sangat minim jurusan khusus yang membahas tentang ilmu Data Science, sehingga banyak Data Scientist yang berasal dari bidang ilmu yang mendasari berdirinya ilmu Data Science, seperti Statistika, Ilmu Komputer, dan lainnya. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak berasal dari background pendidikan tersebut? Tenang saja, mereka tetap bisa menjadi seorang Data Scientist dengan mengikuti pelatihan Data Scientist.


Pelatihan untuk menjadi seorang Data Scientist bisa dijadikan sebagai pilihan agar bisa menguasai skill yang dibutuhkan oleh para Data Scientist dalam menyelesaikan tugasnya. Pada dasarnya, background pendidikan tidak lagi menjadi hal yang utama saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang tidak berasal dari background pendidikan khusus yang melakukan switch career menjadi Data Scientist atau praktisi data lainnya. Dalam menjalankan pelatihan Data Scientist, peserta akan menemukan beberapa hal menarik. Apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Eksplorasi Konsep Multidisipliner

Pelatihan Data Scientist akan menggabungkan elemen-elemen dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu komputer, statistika, matematika, dan ilmu data. Hal ini tentu sesuai dengan ilmu Data Science yang dibangun berdasarkan beberapa ilmu tersebut. Sehingga ketika kita mengikuti pelatihan Data Scientist akan sangat memungkinkan untuk menjelajahi berbagai konsep dan metode yang melibatkan analisis data, serta mendapatkan insight yang lebih mendalam tentang bagaimana aspek-aspek ini saling terkait. Eksplorasi multidisipliner ini dapat memperkaya pemahaman kita tentang cara data diolah dan dianalisis untuk mendapatkan insight berharga.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Penerapan Ilmu dalam Real Project

Hal menarik lainnya dari pelatihan Data Scientist adalah kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari sebelumnya ke dalam real project data. Ada banyak sekali project yang bisa dikerjakan, kita bisa menyesuaikan project tersebut dengan industri atau topik yang kita minati. Sehingga hal ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana analisis data dapat memberikan solusi untuk masalah dan tantangan dalam dunia nyata.


3. Eksplorasi Algoritma dan Teknik Machine Learning

Pelatihan Data Scientist bisa membawa kita masuk ke dunia algoritma dan teknik Machine Learning. Kita akan mempelajari berbagai algoritma yang digunakan bisa mengenali pola dalam data, membuat prediksi, hingga nantinya menghasilkan insight data. Eksplorasi ini membuka pintu untuk memahami bagaimana mesin dapat belajar dari data dan bagaimana kita memanfaatkan hal tersebut untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas.


4. Kreativitas dalam Visualisasi Data

Tidak hanya tentang bahasa pemrograman dan algoritma Machine Learning, dalam pelatihan kita juga akan belajar bagaimana mengkomunikasikan temuan analisis data dengan efektif. Salah satu cara penting untuk melakukannya adalah melalui visualisasi data. Pelatihan ini akan mengajarkan kita bagaimana membuat visualisasi yang menarik dan informatif, yang memungkinkan kita untuk menggambarkan pola, tren, dan insight yang tersembunyi dalam data secara lebih intuitif.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Secara umum, pelatihan sebagai Data Scientist merupakan proses belajar yang menggabungkan teknologi canggih, analisis mendalam, sera kreativitas untuk mengatasi tantangan dalam dunia data. Untuk memulai proses belajar agar bisa menjadi Data Scientist, kamu bisa memulai dengan mengerjakan modul Data Science yang disediakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist! 


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :