3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 36 Menit 18 Detik

4 Ragam Project Data Analyst Paling Sering Dibuat

Belajar Data Science di Rumah 15-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-03-2024-01-13-093935_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang data analyst harus memiliki kemampuan dalam mengumpulkan, menganalisis, membersihkan, dan juga memvisualisasikan data yang bertujuan untuk menghasilkan informasi baru yang bisa dipakai perusahaan dalam menentukan strategi bisnis yang tepat. Untuk kalian yang ingin menjadi seorang data analyst profesional salah satu hal yang perlu kalian persiapkan adalah portofolio dan juga berlatih mengerjakan berbagai macam project data analyst.


Project data analyst merupakan langkah pertama untuk mengukur dan juga mengembangkan kemampuan kalian dalam menganalisis data. Kalian bisa memilih berbagai macam project yang bisa kalian kerjakan dengan melihat dari studi kasus yang sudah disediakan. Seringkali studi kasus ini berbeda satu dengan lainnya, maka dari itu kalian harus terus mengembangkan skill kalian agar project yang kalian buat lebih sempurna. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas project apa saja yang bisa kalian buat untuk menjadi seorang data analyst. Penasaran? Yuk kita simak pembahasannya!


1. Analisis Sentimen

Analisis sentimen ini adalah salah satu topik yang cukup populer di bidang data melihat relevansinya di dalam media sosial saat ini dan juga masalah-masalh bisnis yang bisa diselesaikan. Dengan bantuan analisis sentimen ini, kalian bisa mengetahui asal dari pendapat yang tercermin dalam dokumen, website, media sosial, dan lain sebagainya.


Perusahaan berbasis data juga harus mampu mengumpulkan dan juga memahami hasil dari model analisis sentimen untuk bisa menentukan sikap dari konsumen dan juga menargetkan pelanggan terhadap suatu produk maupun layanan.

Data Analyst

Credit by daikichi-fudousan.jp


Biasanya analisis sentimen ini menggunakan beberapa macam algoritma seperti algoritma bayes. decision trees, dan juga package tidytext. Selain itu Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman R dan juga Python.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Data Customer

Salah satu sumber informasi besar dan juga penting dari suatu perusahaan adalah data milik customer. Disini data analyst memiliki tugas untuk mengumpulkan dan juga menganalisis data customer ini. Misalnya mengumpulkan dan juga menganalisis data pelanggan mulai dari perilaku konsumen, kesukaan konsumen dari sebuah produk, dan lain sebagainya.


Nantinya hasil dari analisis ini akan digunakan perusahaan untuk memahami kebutuhan dari sang customer dan juga bisa memberikan sebuah rekomendasi bagi tim pemasaran untuk membuat promosi yang lebih efektif lagi.

Data Analyst

Credit y Qlausa


3. Analisis Regresi

Analisis regresi ini memiliki tujuan untuk memprediksi hasil dengan berdasarkan data historis. Analisis regresi adalah sebuah tes statistik yang kuat yang memungkiankan pemeriksaan hubungan anatara dua atau lebih variabel yang sesuai. Walaupun ada banyak sekali jenis analisis regresi, tapi pada dasarnya semuanya menguji pengaruh satu ataupun lebih variabel independen terhadap variabel target.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Sistem Rekomendasi

Sistem rekomendasi adalah platform yang menggunakan proses penyaringan dan juga bisa memberikan para penggunanya berbagai jenis konten dengan berdasarkan kesukaan mereka. Sistem rekomendasi ini mengambil beberapa informasi tentang pengguna sebagai input nya dan juga mengembalikan rekomendasi dari hasil evaluasi dengan menggunakan machine learning. 


Kita berada di era dimana data adalah tonggak utama dalam pengambilan keputusan. Untuk itu peran seorang data analyst menjadi semakin penting. Update portfolio secara berkala adalah keharusan. Yuk, Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk mahir data analyst bersama DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :