TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 47 Menit 38 Detik

4 Referensi Tools Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/62d839042ce8527e4e2207a09c83e62a_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah salah satu profesi di bidang data yang cukup banyak diperbincangkan oleh orang-orang, mulai dari media sosial, webinar, bahkan sampai ada workshop yang membahas bagaimana cara menjadi seorang data scientist. Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa perkembangan teknologi digital sudah merambah ke berbagai macam bidang industri. Dengan adanya penerapan teknologi ini pastinya akan menambah jumlah data yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan perusahaan haruslah memiliki sistem manajemen data yang baik, agar data yang digunakan bisa bekerja secara optimal.


Profesi ini juga tidak hanya tertarik untuk orang yang memiliki latar belakang IT, tetapi juga untuk non IT. Hal ini karena peluang karir yang masih terbuka lebar juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang data scientist. Pastinya jika kalian ingin menjadi seorang data scientist harus memiliki kemampuan dalam menggunakan tools yang dipakai oleh seorang data scientist. Nah, tools apa saja sih yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang data scientist? Simak pembahasan di bawah ini ya!


1. QlikView

QlikView adalah data science tools yang dapat membantu data scientist dalam mengumpulkan, integrasi, dan juga pemrosesan data menjadi sangatlah cepat dengan adanya fitur penyimpanan dan juga memori yang sudah disediakan tools ini. QlikView juga bisa kalian gunakan untuk membuat laporan data dengan menggunakan visualisasi dan dihubungkan secara otomatis oleh software milik QlikView. Tidak hanya itu, QlikView memiliki fungsi lain yaitu bisa mencari sebuah pola dan juga tren dalam kumpulan data, Sehingga software ini bisa membantu kalian untuk memahami dan juga melihat pola dengan tools bantuan visual seperti grafik, tabel, dan lain sebagainya.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2.  R

Salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer adalah R. R ini adalah bahasa yang biasa digunakan untuk komputasi statistik dan juga grafis. Bahasa R ini menyediakan berbagai macam statistik seperti pemodelan linier dan juga non linier, uji statistik klasik, analisis deret, serta teknik grafis, dan juga bahasa ini bisa sangat dikembangkan lagi. Bahasa ini juga tidak hanya digunakan oleh para programmer dan juga developer, tetapi juga bisa digunakan untuk pengolahan, analisis, dan juga visualisasi data. 


3. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang paling populer pada saat ini. Bahasa pemrograman ini digunakan di dalam banyak hal, seperti machine learning, membangun sebuah situs web, dan juga pengujian software. Bahasa ini sama seperti bahasa R yaitu tidak hanya digunakan oleh para developer dan programmer tetapi juga dipakai oleh orang non-developer seperti data analyst dan juga data scientist. Data scientist ini menggunakan python untuk berbagai proyek machine learning dan juga Artificial Intelligence karena python memiliki sifat yang sangat stabil, fleksibel, dan juga sederhana.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Hadoop

Hadoop adalah software yang bisa digunakan untuk pengelolaan big data. Tools ini mampu menghubungkan banyak sekali komputer untuk bisa bekerja sama dan saling terkoneksi untuk menyimpan dan juga mengelola datanya dalam satu kesatuan. Map Reduce adalah model pemrograman yang digunakan untuk menyimpan dan juga big data. Map Reduce ini dirilis oleh Google dan juga bisa digunakan untuk memproses data dalam ukuran yang cukup besar secara terdistribusi dan juga paralel dalam cluster yang terdiri dari ribuan komputer.


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :