TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 31 Menit 23 Detik

4 Referensi Tools Data Scientist Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2023-11-24-193051_x_Thumbnail800.jpg

Tools data scientist menjadi salah satu alat yang bisa membantu seorang data scientist dalam mempermudah pekerjaan mereka. Tools data scientist ada banyak sekali jenisnya tergantung dari tujuan dan juga masalah yang ingin diselesaikan dengan menggunakan tools tersebut.


Bagi seorang data scientist, tools analisis data dan juga bahasa pemrograman adalah salah satu alat yang penting dan harus dikuasai oleh seorang data scientist. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipakai oleh seorang data scientist seperti SQL, R, Matlab, Python, dan lain sebagainya.


Dengan menggunakan tools tersebut, seorang data scientist dapat mengolah data yang jumlahnya cukup besar, pertambahan data yang tinggi, dan jenis datanya bervariasi. Maka dari itu, data scientist membutuhkan tools yang powerfull untuk bisa membantu mempermudah pekerjaan mereka.


Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tools khususnya adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh data scientist. Apa sajakah itu? Mari kita simak pembahasannya!


1. Tableau

Tableau adalah salah satu tools visualisasi data dalam business intelligence yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses pembuatan visualisasi interaktif dari suatu pengolahan data. Tableau ini memiliki kemampuan untuk bisa berinteraksi dengan menggunakan database, spreadsheet, dan juga OLAP atau Online Analytical Processing.


Sebagai tools analisis data, Tableau ini bisa memvisualisasikan data geografis untuk bisa membuat bujur dan lintang pada sebuah peta. 

Data Scientist

Credit by Logos-world


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Google Data Studio

Google Data Studio ini memiliki fungsi untuk bisa mengubah data berbentuk dashboard dan juga laporan menjadi data yang lebih informatif, interaktif, dan juga responsif. Google Data Studio ini adalah tools data science yang dimiliki dan dikembangkan oleh Google.


Selain bisa memvisualisasikan data, Google Data Studio ini dapat data scientist gunakan untuk bisa berkolaborasi dengan tim secara real time. Data scientist ini bisa memantau perkembangan data harian, mendeteksi kenehan, dan juga bisa memprediksi tren data pada masa yang akan datang.

Data Scientist

Credit by Logowik


3. PostgreSQL

Jika kalian sudah memahami akan data, kalian pasti sudah familiar dengan RDBMS atau Relational Database Management System. RDBMS adalah sebuah program yang menyimpan data dalam bentuk tabel terstruktur dan juga memiliki hubungan antara tabel 1 dengan tabel lainnya. Hal ini dapat memungkinkan kalian untuk bisa memanipulasi dan juga mengelola data dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL.


PostgreSQL adalah salah satu RDBMS open-source paling populer dan juga banyak sekali digunakan oleh profesional dan juga banyak perusahaan besar yang menggunakan software ini. Software ini juga dikenal dengan performanya yang sangat baik dalam skala yang cukup besar dan kalian dapat mengerjakan proyek-proyek dengan query yang cukup kompleks untuk kebutuhan analisis data kalian. 

Data Scientist

Credit by Seputar Ilmu Komputer


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. R

R adalah bahasa pemrograman yang masih banyak digunakan oleh para data scientist. Bahasa pemrograman ini bersifat open source. Bahasa pemrograman R ini juga cukup populer di bidang lainnya seperti bidang akademis, finance, dan bidang lainnya.


R ini dikembangkan dan juga dirancang untuk bisa memanipulasi data, pemrosesan dan visualisasi data, komputasi statistik, dan juga machine learning. R ini juga memiliki komunitas yang cukup besar dan juga memiliki banyak sekali library di dalamnya. Beberapa library yang terkenal dari R ini adalah Tidyverse, dplyr, ggplot2, dan lain sebagainya.

Data Scientist

Credit by Binar Academy


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :