GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 16 Jam 57 Menit 13 Detik 

4 Rekomendasi Situs untuk Mencari Sumber Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/16c297eb787ceea63e3d928f1f5ab711_x_Thumbnail800.jpg

Data menjadi tombak utama dalam suatu pengambilan keputusan karena data merupakan sekumpulan fakta-fakta yang dihasilkan dari sebuah proses pengamatan atau penelitian suatu objek tertentu. Data berdasarkan cara memperolehnya dibagi menjadi dua yaitu, Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer adalah data yang diperoleh dari hasil penelitian secara langsung biasanya dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data survey, dan kuesioner. Dalam suatu penelitian ada kalanya penggunaan data primer saja belum cukup untuk itu terkadang peneliti memerlukan sumber data sekunder. Data primer dan sekunder memang berbeda tetapi saling melengkapi.


Sumber data sekunder biasanya berasal dari jurnal ,buku, website, catatan pemerintahan dan lain sebagainya. Pesatnya perkembangan internet membuat cara kita untuk mendapatkan sumber data sekunder menjadi lebih mudah dan cepat diakses. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas 4 rekomendasi situs untuk mencari sumber data sekunder. Penasaran? Yuk, kita simak artikel dibawah ini hingga selesai!


1. Google Scholar

Situs pertama yang mungkin sudah tidak asing ditelinga mu adalah google scholar. Google scholar merupakan suatu layanan memungkinkan kamu untuk menemukan materi-materi untuk kebutuhan akademis ataupun bisnis. Selain itu google scholar juga sangat populer dikalangan peneliti karena disana banyak tersedia materi-materi dalam bentuk teks dalam berbagai format publikasi. Dengan menggunakan google scholar memungkinkan kamu untuk menemukan referensi terbaik seperti jurnal-jurnal terupdate baik nasional hingga internasional. Kamu dapat mengutip artikel secara langsung pula. Caranya, klik pada ikon tanda kutip yang berada di bawah artikel. Lalu terdapat jendela dengan citation formatnya sesuai dengan yang diinginkan pastinya. Lalu hasilnya bisa kamu copy dan paste kan dengan cepat ke Microsoft Word.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Badan Pusat Statistik

Selain google scholar, BPS (Badan Pusat Statistik) berperan dalam penyediaan data statistik nasional maupun internasional untuk menghasilkan statistik yang mempunyai kebenaran akurat dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Oleh karena itu, banyak peneliti yang mampir ke situs BPS untuk mencari sumber data sekunder mereka. Data yang disediakan biasanya bisa langsung dapat kita unduh dalam bentuk format .xls, .xml, .csv atau .pdf. Mulai dari data kependudukan, perekonomian Indonesia, data ekspor dan impor dan lain sebagainya.


3. Satu Data Indonesia

Portal satu data Indonesia atau SDI merupakan portal besutan pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses dan dapat diakses antar Instansi Pusat serta Daerah. Portal Satu Data Indonesia juga merupakan portal resmi data terbuka yang dikelola bidang Sekretariat Satu Data Indonesia yang dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik. Sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang birokrasi cara mendapatkan data tersebut sebagai sumber data sekunder pada penelitian kamu, mengingat salah satu kelemahan dari penggunaan sumber data sekunder adalah beberapa instansi pemerintahan memiliki data-data yang tidak dapat dikonsumsi publik.


4. Kaggle Datasets

Berikutnya adalah kaggle yang merupakan sebuah situs komunitas online khususnya pegiat data science dari berbagai penjuru dunia yang menyukai tantangan. Di situs kaggle menyediakan lebih dari seribu dataset yang bisa kamu unduh secara gratis, selain itu kaggle juga memiliki berbagai fitur yang sangat membantu kamu dalam pembelajaran khususnya data science seperti fitur live coding yang bisa kamu share ke berbagai anggota lain kaggle. Kamu juga bisa menjadikan kaggle sebagai media untuk branding kamu dalam hal publikasi portfolio kamu.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Dapatkan Sumber Data Sekunder Lainnya Bersama DQLab

Bersama DQLab kamu akan disediakan sumber data primer dan sekunder sehingga kamu bisa langsung mengasah skill tanpa perlu mencari sumber data untuk berlatih atau membangun portfolio kamu. Selain itu, belajar kamu jadi lebih terarah dan kamu juga dapat terhindar dari overdosis informasi, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!