Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Rekomendasi Top Tools Data Engineering

Belajar Data Science di Rumah 14-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-04-2024-05-13-210627_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer bertanggung jawab untuk membuat saluran data yang bisa memproses dan mengirim data ke dalam database dan juga platform analitik. Dengan membangun dan memelihara jalur data ini, data engineer memungkinkan data analyst dan data scientist bisa mengakses data secara real-time untuk analisis dan pengambilan keputusan. Data engineer juga diharapkan harus melakukan lebih banyak tugas. Mereka juga harus memelihara dan menerapkan solusi data, mengelola alur kerja, mengawasi database, dan juga memvisualisasikan data.


Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan mempelajari tentang alat penting yang cukup populer dan terkadang diperlukan bagi data engineer. Alat-alat ini digunakan untuk memproses, menyimpan, transformasi, dan juga visualisasi data. Apa sajakah tools ini? Yuk kita lihat artikel di bawah ini!


1. Pulumi

Pulumi adalah infrastruktur open-source sebagai alat kode yang memungkinkan pengembang untuk membuat, menerapkan, dan mengelola infrastruktur cloud yang menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, TypeScript, Java, Python, Go, dan C#. Hal ini akan mendukung berbagai penyedia cloud, termasuk AWS, Azure, GCP, dan Kubernetes.


Pulumi ini menyediakan Command-Line Interface (CLI), Software development kit (SDK), dan mesin deployment yang bisa diunduh untuk menghadirkan platform yang kuat untuk menyediakan pembaruan, dan juga pengelolaan infrastruktur cloud.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Luigi

Luigi adalah paket Python open source yang membantu data engineer untuk membangun saluran data kompleks dari pekerjaan batch yang sudah berjalan lama. Alat ini dikembangkan oleh Spotify untuk menangani resolusi ketergantungan, manajemen alur kerja, visualisasi, dan juga integrasi baris perintah.


Luigi juga dirancang untuk bisa mengelola berbagai jenis tugas, termasuk pemrosesan data, visualisasi data, dan juga juga digunakan untuk membangun alur kerja data yang sederhana dan canggih. Luigi juga bisa diintegrasikan dengan berbagai platform lainnya seperti Apache Hadoop dan juga Apache Spark.

Data Analyst



3. Tableau

Tableau adalah tools data engineer yang paling umum digunakan oleh para data engineer. Tableau ini juga termasuk ke dalam visualisasi data yang cukup lama, yang fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan mengekstrak data yang bisa disimpan di berbagai tempat. Tableau ini juga menggunakan interface drag and drop untuk memanfaatkan data di berbagai macam departemen. Data engineer menggunakan Tableau ini untuk membuat sebuah dashboard.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Apache Spark

Apache Spark merupakan salah satu mesin pengolahan data yang memiliki sifat open source. Sampai saat ini ada ribuan organisasi yang menjadi pelanggan setia dari tools ini. Ada beberapa perusahaan besar yang menggunakan Apache Spark ini seperti Apple, Microsoft, IBM, dan lain sebagainya.


Tools ini juga mampu untuk melakukan manajemen data dan stream dengan cepat. Fitur utama dari Apache Spark ini adalah mampu memproses data stream processing secara real time dengan menggunakan Spark Stream dan bisa melakukan processing data dengan cepat dan efisien. 

Data Engineer



Ayo mulai perjalananmu dalam dunia Data Science sekarang! Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang luas tentang analisis data yang mendorong inovasi. Ikuti kursus online kami dan pelajari konsep-konsep penting dalam pemrosesan data, statistik, dan machine learning. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda bisa membuka pintu menuju berbagai peluang karier di berbagai industri.


Bergabunglah dengan revolusi data yang sedang berlangsung! Jadilah bagian dari perubahan dunia melalui kekuatan Data Science. Daftar sekarang dan mulailah belajar hari ini! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login