[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 31 Menit 21 Detik 

4 Skill Wajib Menjadi Data Analyst Handal

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf9d82ea9632fe6a674a7d22ff18b697_x_Thumbnail800.jpg

Kemampuan analisis merupakan bekal yang baik bagi seorang Data Analyst, namun banyak Skill lainnya yang wajib untuk dikuasai. Meningkatnya kebutuhan perusahaan ataupun startup akan Data Analyst menyebabkan pekerjaan ini semakin bersinar setiap tahunnya. Northeastern University melalui penelitiannya juga menunjukkan bahwa permintaan akan profesi Data Analyst terus meningkat di era digital seperti sekarang. Soft skill maupun hard skill yang beragam serta terasah dengan baik akan menjadi poin plus bagi sahabat data yang menyiapkan diri menjadi Data Analyst handal.

Peluang sahabat data yang tertarik menjadi Data Analyst memang terbuka lebar, namun kamu harus siap untuk menghadapi persaingan yang ketat. Oleh karena itu, sahabat data perlu untuk membekali diri dan menguasai apa saja skill Data Analyst yang handal. 


Yuk, langsung simak dan pahami 4 Skill wajib untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal!


1. Query Database SQL

SQL atau Structure Query Language merupakan bahasa kueri database yang membantu Data Analyst untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. SQL juga sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan. SAS dan SPSS menjadi bahasa serta paket statistik yang dapat digunakan oleh Data Analyst.

Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL. Data Analyst yang ahli dalam menggunakan alat dan bahasa pemrograman memberikan kepastian bahwa mereka dapat bekerja secara efektif dengan pelatihan maupun pengawasan yang minimal. Oleh karena itu, SQL dapat menjadi skill pertama yang dipelajari oleh seorang Data Analyst agar dapat bekerja secara efektif di bidang Big Data.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer



2. Bahasa Pemrograman Statistik

Untuk menjadi seorang Data Analyst kamu perlu memiliki kemampuan untuk menafsirkan data. Seorang Data Analyst yang handal harus memiliki kemampuan dalam memahami statistik seperti statistik inferensial dan deskriptif. Konsep statistik perlu dipelajari sedemikian rupa agar proses analisis data menjadi lebih akurat dan menggunakan sistem yang tepat. Hasil data yang lebih akurat dan sistem yang tepat akan membuat data menjadi lebih kredibel, sehingga penggunaan data tersebut dapat lebih maksimal dan kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.

Bahasa pemrograman juga tidak kalah penting bagi seorang Data Analyst yang handal. Ibaratnya, semakin banyak bahasa pemrograman yang kamu pahami dan kuasai akan membantu kamu lebih baik dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang Data Analyst. Ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst seperti SQL, R, Python dan sebagainya. Pengalaman dalam menggunakan berbagai bahasa pemrograman dapat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai seorang Data Analyst. Oleh karena itu, Kamu perlu terus berlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman tersebut untuk menjadi Data Analyst yang handal dan berkompeten. 


3. Data Visualization dan Critical Thinking

Setelah mengumpulkan, melakukan analisa dan penyusunan data, seorang Data Analyst akan membagikan hasil temuannya kepada tim lain dalam perusahaan. Data yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan akan diterjemahkan untuk menjadi laporan yang lebih mudah serta dapat dimengerti oleh user. Terdapat berbagai jenis alat visualisasi yang dapat digunakan oleh seorang Data Analyst, seperti d3.js dan ggplot. Tools lain yang sebaiknya kamu kuasai untuk meningkatkan skill dalam visualisasi data adalah Tableau.

Berpikir kritis tentu menjadi salah satu skill yang sangat diperlukan oleh berbagai profesi termasuk Data Analyst. Pekerjaan Data Analyst yang berhubungan dengan kumpulan informasi perlu dikumpulkan dan diproses dengan baik agar mendapatkan insight yang tepat serta kredibel. Tanpa skill satu ini, kesulitan dalam proses analisis data dari awal hingga akhir akan ditemui oleh Data Analyst. Pola pikir yang kritis akan sangat membantu dalam menghadapi data dengan skala besar serta pengambilan keputusan yang tepat bagi perusahaan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Detail Oriented dan Komunikasi yang Baik

Profesi Data Analyst yang berhubungan dengan analisa dan pengolahan data berperan penting untuk menghasilkan informasi bagi perusahaan. Skill teliti dan detail menjadi kunci bagi seorang Data Analyst untuk menganalisa data skala besar dengan baik. Sikap teliti juga bisa menunjukkan bahwa kamu mengerti tentang pekerjaan maupun tugas yang sedang kamu lakukan. Pada akhirnya hal tersebut bisa menjadi salah satu petunjuk bahwa kamu adalah orang yang memiliki kredibilitas tinggi.

Menjadi skill yang dibutuhkan oleh segala jenis profesi, komunikasi menjadi salah satu hal penting bagi Data Analyst. Meskipun memiliki tugas utama yang berhubungan dengan analisis dan menerjemahkan data, seorang Data Analyst yang handal harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Hal tersebut penting karena, seorang Data Analyst akan menjelaskan dan mempresentasikan hal-hal teknis maupun hasil data, kemudian melakukan penilaian terhadap kemajuan bisnis perusahaan serta menyampaikannya kepada banyak orang di dalam perusahaan. Selain itu, seorang Data Analyst akan berhubungan terhadap berbagai tim perusahaan seperti tim manajemen. Apabila kemampuan komunikasi seorang Data Analyst buruk, tentu dapat berdampak terhadap berbagai kepentingan di perusahaan termasuk penjelasan laporan mengenai data yang dibutuhkan perusahaan.


5. Tingkatkan Beragam Skill Data Analyst Bersama DQLab!

Berbagai skill tentu diperlukan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Data Analyst yang handal dan profesional dapat diraih dengan cara yang beragam seperti memasuki perkuliahan dengan jurusan yang berhubungan dengan Data Analyst, mengikuti berbagai program kursus serta mencoba berbagai pengalaman kerja.

Peran dan skill harus terus ditingkatkan untuk memudahkan pekerjaan. Kinerja yang baik serta pengalaman yang bervariasi dapat menjadi poin plus bagi perusahaan untuk mencari seorang Data Analyst yang kredibel dan kompeten.

Tenang aja, bersama DQLab, sahabat data bisa mengukur bahkan meningkatkan skill untuk menjadi Data Analyst yang handal. Caranya gampang, tinggal sign up sekarang di DQLab.id dan langsung nikmati quiz GRATIS untuk pengalaman belajar yang seru serta aplikatif! Ada berbagai modul yang bisa kamu akses untuk mendapatkan sertifikat & reward dari DQLab yang pastinya akan membantu kamu dalam meningkatkan skill sebagai Data Analyst profesional!



Penulis: Theresia

Editor: Annissa Widya





Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!