PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 14 Menit 30 Detik 

4 Skillset Wajib untuk Menjadi Data Scientist Profesional

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/92a75e81e34ff3e20cb7774466bff73e_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah untuk didapatkan. Ada beberapa kualifikasi tertentu yang menjadi standar penerimaan seseorang sebagai Data Scientist. Saat ini kebutuhan akan Data Scientist terus meningkat mengingat semakin banyaknya perusahaan yang mulai beralih ke teknologi digital. Namun sayangnya kebutuhan ini tidak sebanding dengan jumlah talent yang ada. Sebenarnya, ini tidak terjadi karena tidak ada yang tertarik untuk menjadi Data Scientist, melainkan banyak orang yang tertarik namun tidak bisa memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.


Salah satu cara untuk bisa memenuhi kualifikasi adalah dengan menguasai skill-skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Untuk menjadi seorang Data Scientist sendiri, kamu tidak hanya membutuhkan hard skill saja yang bisa digunakan dalam menyelesaikan permasalahan teknis, namun juga soft skill untuk menunjang pekerjaanmu agar menjadi lebih mudah. Hard skill merupakan skill yang akan sangat kamu butuhkan agar bisa menyelesaikan pekerjaanmu secara langsung, sementara soft skill merupakan skill yang dibutuhkan untuk menunjang hard skill yang kamu miliki. Nah, kira-kira apa saja sih skill yang harus dikuasai untuk menjadi Data Scientist Profesional?


1. Programming dan Machine Learning

Data Scientist

Tidak bisa dipungkiri, pekerjaan seorang Data Scientist tidak akan jauh-jauh dari programming dan juga Machine Learning.  Data Scientist akan berhadapan dengan data yang berukuran sangat besar dan bahkan bisa beragam jenisnya. Tentu saja hal ini tidak mampu jika hanya diselesaikan secara manual maupun menggunakan tools yang less coding, karena biasanya tools tersebut akan memiliki keterbatasan penampungan data sehingga akan sulit untuk menyelesaikan permasalahan big data. Dengan penggunaan coding dalam analisis data, maka data yang sangat banyak tersebut akan diolah secara otomatis dengan menggunakan sistem komputer.


Selain itu, Data Scientist juga bertanggung jawab dalam proses data modeling, dimana mereka harus membuat model yang bisa merepresentasikan data yang ada, serta bisa digunakan untuk prediksi data yang akan datang selanjutnya. Dalam proses data modeling tentu tidak akan jauh-jauh dari Machine Learning. Secara umum, Machine Learning sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Statistika/Matematika dan Data Visualisasi

Data Scientist

Statistika akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan seorang Data Scientist. Bagaimana tidak, proses pembuatan model yang melibatkan Machine Learning ternyata sangat bergantung pada logika statistika. Sehingga untuk bisa membuat prediksi yang cukup akurat, setidaknya kamu harus menguasai ilmu Statistika ini. Selain itu, kamu juga harus menguasai visualisasi data. Seorang Data Scientist tidak hanya bertugas untuk membuat model saja, namun juga harus menyajikan data hasil temuannya kepada para stakeholder, sehingga kemampuan visualisasi data ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai.


3. Komunikasi

Data Scientist

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang hard skill, maka sekarang kita akan berfokus di soft skill. Salah satu soft skill yang harus dikuasai adalah komunikasi. Dalam pekerjaan apapun yang melibatkan lebih dari satu pekerja, tentu harus membutuhkan komunikasi yang baik. Skill komunikasi akan membuat kita mampu menyampaikan apa yang ingin disampaikan dengan cara yang baik dan juga bisa menjadi pendengar yang teliti sehingga akan mengurangi miss-communication. 


Dalam pekerjaan seorang Data Scientist, komunikasi akan sangat mempengaruhi kinerjanya, karena mereka akan sering melakukan presentasi langsung di hadapan para stakeholder dan juga dalam hal kerja sama dengan tim lain untuk memecahkan masalah.


4. Teamwork, Kunci Utama Seorang Data Scientist

Data Scientist

Sebagai praktisi data, kerja sama bukanlah hal yang baru. Dalam mengelola data dari data mentah hingga bisa menghasilkan informasi, tentu akan dibutuhkan banyak sekali tahapan. Mulai dari tahapan pembersihan data mentah hingga siap untuk dianalisis yang dilakukan oleh Data Engineer, menganalisis data untuk menemukan jawaban yang dibutuhkan dalam permasalahan bisnis oleh Data Analyst, serta membuat model dan memprediksi data yang dilakukan oleh Data Scientist. Biasanya, di perusahaan-perusahaan yang sudah cukup besar, setiap tahapan ini akan dikerjakan oleh banyak orang dengan tugas masing-masing orang yang berbeda. Sehingga agar bisa mencapai tujuan, tentu akan dibutuhkan kemampuan untuk kerja sama dari setiap elemen yang ada.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Ingin Menguasai Hard Skill Data Scientist? Di DQLab Aja Yuk!

Setelah kamu membaca penjelasan di atas, mungkin kamu akan tertarik untuk belajar hard skill dari Data scientist. Salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh seorang Data Scientist adalah Python. Nah, kamu bisa mendapatkan materi yang menarik mengenai Python dan juga bahasa pemrograman lainnya yang sering digunakan oleh Data Scientist seperti R dan SQL di DQLab, loh. Bahkan DQLab juga menyediakan modul gratis œIntroduction to Data Science with Python yang bisa kamu nikmati setelah kamu sign up di DQLab. Yuk, mulai belajar sekarang untuk siap berkarir menjadi Data Scientist!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :