GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 49 Menit 25 Detik 

4 Tips Jadi Data Scientist Jalur Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7b487e71b69da81087cbc8390ea908ad_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun ke belakang profesi data scientist semakin jadi incaran orang-orang untuk memulai karir atau bahkan beralih profesi. Tak heran, hal ini dikarenakan data scientist membantu perusahaan dengan memberi wawasan atau insight tentang cara meningkatkan bisnis para pelaku bisnis.


Sehingga profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor industri. Data scientist dapat bekerja sama dengan departemen perusahaan atau bahkan membuat sistem untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan dalam database mereka


Yuk, bergabung dengan DQLab untuk mempelajari skill yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab secara umum. Kamu bisa menikmati semua modul DQLab yang terdiri dari modul R, Python dan SQL. Dimana semua modul dirancang terstruktur utuk melatih problem solving, dan kreativitas dengan studi kasus yang mencerminkan kondisi data riil di Indonesia. 


Kamu bisa mulai belajar secara berurut dimulai dari kelas persiapan hingga kelas penerapan industri, lho! Tapi, sebelum itu simak terlebih dahulu tips gimana caranya menjadi data scientist jalur otodidak, ya!


1. Pahami Deskripsi Pekerjaan Data Scientist

data scientist

Tips yang pertama kamu harus mengumpulkan informasi terkait data scientist baik untuk urusan teknis maupun non teknis. Selain itu, kamu juga harus memahami deskripsi pekerjaan data scientist. Untuk dapat memenuhi kualifikasi yang diperlukan untuk profesi data scientist, kamu harus belajar matematika, statistik, ilmu komputer dan juga teknik. 


Tapi, tidak menutup kemungkinan apabila di lapangan ternyata kekurangan data scientist, semakin banyak perusahaan yang mengambil sumber daya manusia yang tidak memiliki kualifikasi format.


Tanpa gelar formal, kamu memerlukan sejumlah besar pengalaman dalam peran yang relevan, seperti programmer, atau memiliki kemampuan kuat dalam matematika dan komputasi yang kuat. Kamu harus menyelesaikan beberapa kursus spesialis. 


Saat ini kamu dapat menemukan berbagai lembaga kursus bersertifikat secara online yang dimentori langsung oleh praktisi data yang kompeten dibidangnya. Salah satu lembaga kursus online yang menawarkan modul lengkap untuk memenuhi kualifikasi untuk menjadi seorang data scientist dengan harga yang terjangkau.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mulai dari Materi Fundamental Data Science

Untuk mempelajari segala sesuatu, kita wajib memulainya dari fundamental atau konsep dasar terlebih dahulu. Mengapa? alasannya agar kamu memiliki pondasi yang kokoh dan pedoman yang sangat penting yang sifatnya dasar yang menjadi elemen terpenting di berbagai bidang keilmuan khususnya data science.


Data science merupakan bidang ilmu yang memiliki tiga pilar utama yaitu matematika, statistika dan programming. Oleh karena itu, konsep dasar yang wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang data scientist adalah seputar metode-metode matematis dan statistika yang sering digunakan untuk pengolahan data.


Dimana setelah kita memahami perhitungan dasar matematika dan statistika tersebut, selanjutnya kita harus bisa menggabungkannya dengan teknologi untuk mengolah data dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. 


3. Aktif Mengikuti Seminar dan Workshop

data scientist

Alternatif lain yang bisa kamu pelajari mengenai data science adalah dengan rajin mengikuti webinar, workshop, bootcamp hingga kursus data science. Dengan begitu, bukan hanya pengetahuan yang berharga yang akan Sahabat DQ dapatkan.


Tapi, Sahabat DQ juga bisa memperluas relasi, menambah wawasan seputar data science dari sudut pandang praktisi data yang berkompeten di bidangnya.


Mengikuti kursus data science juga dapat mencegah overdosis informasi, apabila kamu ingin memulai belajar data science melalui jalur otodidak. Karena dengan kursus data science tentunya cara belajar kamu akan lebih terarah, adapun rekomendasi kursus online data science yang bisa kamu coba ikuti adalah DQLab.


DQLab menyediakan ratusan modul dan studi kasus nyata yang bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk portfolio kamu.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Konsisten

data scientist

Last but not least tips terakhir yang paling penting untuk mempelajari python adalah konsisten. Sebenarnya bukan hanya ketika kamu mempelajari python saja, tapi untuk mempelajari semua hal kamu perlu konsisten agar dapat mencapai tujuan. Self control adalah kunci untuk bisa tetap konsisten.


Langkah untuk konsisten yang pertama adalah harus membuat komitmen yang spesifik dan konkret, lalu komitmen kamu harus terukur dan bisa diuraikan  ke sub aktivitas yang lebih kecil, kemudian kamu harus membuat target yang wajar untuk dicapai dalam jangka pendek.


Misalnya seperti dalam seminggu kamu harus menguasai tentang materi variabel dan tipe data dalam python, setelah kamu menentukan target jangka pendek kau dapat melakukan evaluasi sesuai waktu yang kamu perlukan.


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS.



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :