Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

4 Tips Sukses Menapaki Roadmap Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-04-2023-11-08-132616_x_Thumbnail800.jpg

Adanya roadmap data engineer membantu kalian untuk memahami tahapan-tahapan yang bisa dipersiapkan agar bisa bekerja sebagai praktisi data profesional. Namun, tentu dalam setiap persiapan ini, sering terjadi demotivasi yang membuat kalian tidak semangat dan hilang arah, kan?


Nah, dalam artikel ini akan diberikan empat tips sukses menapaki roadmap data engineer dan menjaga motivasi kalian untuk menjadi praktisi data profesional. Penasaran, langsung simak di bawah ini!


1. Berpartisipasi dalam Komunitas

Data Engineer

Berpartisipasi dalam komunitas dan jaringan profesional adalah langkah penting dalam menapaki roadmap sebagai seorang data engineer. Bergabung dengan komunitas data engineering, forum-forum, dan grup diskusi online memberikan kalian akses ke pengetahuan dari para ahli dan praktisi industri.


Melalui diskusi-diskusi ini, kalian dapat memecahkan masalah, bertukar ide, dan belajar dari pengalaman orang lain dalam menangani tantangan yang mungkin juga kalian hadapi. Interaksi ini juga membantu kalian untuk terus update dengan tren terkini dalam teknologi data dan praktik terbaik.


Selain itu, menghadiri konferensi, seminar, dan lokakarya terkait data engineering memberi SahabatDQ kesempatan untuk memperdalam pemahaman tentang topik-topik dalam data engineer Konferensi sering kali menampilkan pembicara-pembicara terkemuka dan praktisi yang berbagi pengetahuan mereka.


Dengan berpartisipasi secara aktif dalam acara-acara ini, kalian tidak hanya akan mendapatkan pemahaman tentang perkembangan terbaru dalam teknologi data, tetapi juga memiliki peluang untuk berinteraksi langsung dengan para ahli, membangun koneksi, dan mendapatkan inspirasi untuk proyek-proyek data engineering. 


2. Bangun Portofolio Proyek

Data Engineer

Tips selanjutnya adalah membangun portofolio. Dengan mengerjakan proyek nyata, kalian dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi sebenarnya.


Portofolio ini tidak hanya menunjukkan kepada recruiter tentang pengetahuan yang SahabatDQ miliki, tetapi juga membuktikan kemampuan kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks dalam proyek skala besar.


Proyek-proyek ini dapat mencakup berbagai aspek, mulai dari pemrosesan dan analisis data hingga pengelolaan infrastruktur data. Selain itu, portofolio proyek data engineering juga memberikan kalian kesempatan untuk menonjolkan kreativitas dan inovasi.


Dalam proyek-proyek ini, SahabatDQ dapat mencoba pendekatan baru, mengeksplorasi teknologi terbaru, atau menyelesaikan masalah-masalah yang belum pernah dipecahkan sebelumnya. Inovasi dalam proyek-proyek ini tidak hanya mencerminkan kemampuan teknis, tetapi juga menunjukkan keinginan kalian untuk terus berkembang.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


3. Buat Rencana Karir Jangka Panjang

Data Engineer

Langkah yang tidak kalah penting lainnya dalam menjalankan roadmap data engineer adalah buat rencana karir jangka panjang. Mulailah dengan menetapkan tujuan karir yang jelas dan spesifik. Pertimbangkan pertanyaan seperti di mana kalian ingin bekerja dalam lima, sepuluh, atau dua puluh tahun ke depan.


Dengan menetapkan tujuan yang konkret, kalian bisa dengan mudah mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapainya. Rencana karir yang terperinci akan memberi SahabatDQ arah yang jelas, membantu kalian mengukur progres, dan memotivasi kalian untuk terus bekerja menuju tujuan tersebut.


Pertimbangkan juga untuk melanjutkan pendidikan atau mendapatkan sertifikasi dalam bidang data engineering. Industri teknologi data terus berkembang pesat, dan memiliki kualifikasi formal dapat memberikan kalian nilai tambah.


Pendidikan lanjutan, seperti gelar magister atau short course terkait data engineering, dapat membekali kalian dengan pengetahuan dan pemahaman konseptual yang diperlukan untuk mengatasi tantangan-tantangan kompleks selama bekerja menjadi data engineer.


Sertifikasi, seperti Certified Data Management Professional (CDMP) atau Google Cloud Professional Data Engineer, memberikan bukti kredensial terhadap keahlian kalian kepada calon pemberi kerja.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Terus Belajar dan Tingkatkan Skill

Data Engineer


Nah, penjelasan di atas menyebutkan pentingnya untuk mempersiapkan diri sebagai data engineer. Persiapan kemampuan teknis yang matang akan membantu kalian menjadi data engineer profesional. Kalian bisa mempersiapkan diri perlahan melalui DQLab.


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT.


Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan kembangkan kemampuan kalian agar menjadi data engineer handal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login