PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 33 Menit 56 Detik

4 Tools Data Engineer untuk Ekplorasi di 2024

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-04-2024-03-05-160938_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer sekarang sudah menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak sekali perusahaan. Hal ini karena, data engineer memiliki tanggung jawab yang sangat penting seperti membangun, memantau, dan juga menyempurnakan model data yang cukup kompleks untuk membantu perusahaan dalam memanfaatkan data yang mereka miliki. Dengan pekerjaan yang cukup kompleks ini data engineer membutuhkan tools yang mampu membantu mereka dalam mempermudah pekerjaan. 


Data engineer ini memegang peranan yang cukup penting saat ini, karena perusahaan umumnya memiliki akses ke begitu banyak informasi dari dunia nyata dan juga digital, banyaknya informasi ini pastinya tidak semuanya relevan dengan kebutuhan perusahaan. Itulah mengapa, data engineer ini memiliki tanggung jawab dalam mengelola banyak data agar bisa menghasilkan insight yang relevan. 


Tanggung jawab yang begitu banyak, membuat data engineer ini harus menggunakan tools untuk mempermudah dan mempercepat kerja mereka. Lalu, apa saja tools data engineer ini? Mari simak artikel dibawah ini!


1. Redash

Tools pertama ada Redash. Data engineer menggunakan Redash ini untuk melakukan query, memvisualisasikan, dan berbagai data dari berbagai macam sumber. Tools ini menyediakan komunikasi dan pemahaman data di semua tingkatan dan departemen. Dengan menciptakan lingkungan yang dimana setiap orang bisa mengakses informasi dengan benar dan ada waktu yang tepat, Redash memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan hasil bisnis yang lebih baik. 


Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Fivetran

Fivetran adalah tools integrasi data yang memungkinkan kalian mengkonsolidasikan proses bisnis dan data pelanggan yang biasa dikumpulkan dari aplikasi, website, dan juga server yang terkait. Data yang dikumpulkan kemudian bisa ditransfer ke tools lainnya seperti tools analisis, pemasaran, dan pergudangan lainnya.


Selain itu, dengan menggunakan Fivetran ini data engineer dapat mengubah proses bisnis dan pengumpulan data pelanggan menjadi proses yang lebih efisien dengan mengumpulkan semua informasi yang kalian perlukan di suatu tempat. 


Data Engineer



3. Periscope

Periscope Data adalah suatu platform analisis data yang membantu data engineer dalam menemukan wawasan tentang data perusahaan. Dengan Periscope, kalian bisa dengan mudah mencari dan juga menganalisis data perusahaan, termasuk informasi pelanggan, informasi karyawan, dan juga data penjualan.


Data engineer juga bisa menggunakan platform ini untuk berkolaborasi dengan tim lainnya dalam sebuah proyek dan juga mendapatkan pembaruan secara real-time tentang tren di perusahaan. 

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Prefect

Prefect adalah platform dataflow automation yang membantu seorang data engineer dalam membuat, mengelola, dan juga menjalankan alur kerja. Prefect juga memudahkan data engineer untuk menghubungkan dan mengelola data perusahaan, sehingga perusahaan bisa fokus kepada bisnisnya.


Prefect ini juga memungkinkan kalian dalam menentukan tugas dan ketergantungan di antara tugas-tugas tersebut, lalu secara otomatis menjalankan alur kerja berdasarkan sebuah peristiwa. Hal ini memungkinkan kalian dalam membuat alur kerja khusus tanpa memerlukan pengkodean dengan cepat. 

Data Engineer

Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login