FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 2 Menit 35 Detik 

4 Tools Data Science yang Populer di Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/789869c68f2cca4db99d03d0341ac8fc_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat ini kita sedang berada di zaman kecanggihan teknologi yang berkembang cepat dan keberadaan data sangat besar serta sangat mudah diakses. Data yang ada ini perlu diproses dengan teknik analisis data yang sesuai. Dalam proses analisis data, diperlukan bantuan tools data science atau software yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan sangat kecil kemungkinannya  jika analisis data yang sebegitu besarnya dilakukan dengan cara manual. 


Penggunaan tools data science dalam proses analisis data akan sangat membantu untuk memudahkan dan mengefisienkan baik dalam segi waktu maupun tenaga. Berbagai fungsi penggunaan tools data science antara lain untuk memudahkan membuat laporan, mempercantik hasil visualisasi data, berbagai fitur multifungsi yang tersedia, kemudahan mengakses database, dan lainnya. Dari berbagai macam tools data science memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing. Kira-kira apa saja tools data science yang bisa kita coba? Yuk coba kenali di artikel berikut!


1. R

R software adalah salah satu software analisis data yang sering digunakan para praktisi data. Software ini seringkali digunakan untuk kebutuhan komputasi statistika, analisis data dan desain grafis. Software R pada awalnya diciptakan oleh Robert Gentleman dan Ross Ihaka pada tahun 1995. Pada awalnya, R hanya digunakan oleh para akademisi, namun seiring berjalannya waktu R saat ini sudah sering digunakan untuk kebutuhan bisnis. Terdapat berbagai keunggulan R seperti memiliki komunitas yang luas, bersifat open source, memiliki banyak packages dan grup stack overflow yang sangat aktif. 


Data Science



Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. Tableau

Jika berbicara tentang tools data science, tableau adalah salah satu pilihannya. Tableau ini sudah sering digunakan untuk keperluan business intelligence dan data science. Beberapa kelebihan Tableau yang menjadi pertimbangan orang-orang dalam menggunakannya adalah  user friendly, mengolah banyak sumber data, pilihan visual yang interaktif, terintegrasi dengan bahasa skrip. serta dashboard mobile friendly. Terdapat beberapa jenis Tableau yang dapat digunakan untuk menganalisis serta memvisualisasikan data yaitu Tableau Desktop, Tableau Online, Tableau Server, Tableau Public, Tableau Mobile dan Vizable.

Data Science


3. Python

Python bukanlah suatu software yang asing di kalangan praktisi data. Bahkan software ini sudah sangat sering digunakan dalam berbagai keperluan seperti mengembangkan web, membuat games, machine learning, analisis data, dan lainnya. Bahasa ini dikenal dengan bahasa yang mudah dipelajari, bahasa yang sederhana, tersedia banyaknya library, dan lainnya. Sampai saat ini banyak perusahaan besar yang menggunakan software Python seperti Facebook, Instagram, Spotify, Reddit, Pinterest, Flappy Bird, dan lainnya. 

Data Science

4. Google Data Studio

Google Data Studio merupakan salah satu tool data science yang juga bisa digunakan untuk visualisasi data. Fitur-fitur yang terdapat dalam software ini sangat memudahkan para pemula. Google Data Studio tidak hanya bisa digunakan untuk visualisasi data saja, melainkan dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti integrasi data, transformasi data, sharing data, dan lainnya. Terdapat berbagai keunggulan Google data Studio yaitu seperti opsi widget yang lengkap, sumber data yang luas, mudah dibagikan, laporan yang mudah dibaca, laporan interaktif dan template gratis. 


Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Penggunaan tools data science tentu akan membantu para praktisi data dalam menyelesaikan tugasnya. Kamu tidak perlu bingung ingin menggunakan tools yang mana, hal ini dikarenakan masing-masing tools memiliki kelebihan dan fungsi masing-masing. Kamu bisa coba mempelajari beberapa tools data science di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :