PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 10 Menit 29 Detik

4 Tools Data Scientist Terpopuler di Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 26-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-02-2023-06-26-151510_x_Thumbnail800.jpg

Memiliki profesi yang berkaitan dengan data saat ini merupakan suatu hal  yang perlu dibanggakan. Hal ini dikarenakan profesi praktisi data memang sangat diperlukan di masa perkembangan teknologi seperti sekarang. Salah satu profesi tersebut adalah data scientist. Dalam proses menjalankan tugasnya, data scientist memerlukan tools data scientist yang bisa digunakan untuk memudahkan proses analisis data. Saat ini pun terdapat banyak pilihan tools data scientist yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Data scientist merupakan profesi yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan. dan menggunakan berbagai skill yang diperlukan. Saat ini mayoritas perusahaan dalam berbagai bidang juga membutuhkan jasa data scientist yang nantinya diharapkan dapat memberikan insight yang baik untuk perusahaan. Pada artikel kali ini kita akan mengenal beberapa tools data scientist yang cukup sering digunakan data scientist dengan kelebihan dan kekurangannya.


1. R

Software R merupakan suatu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para programmer maupun developer. Tidak hanya itu, para mahasiswa masa kini juga menggunakan bahasa pemrograman R untuk melakukan kegiatan penelitian. Bahasa pemrograman R biasa digunakan untuk proses analisis data sampai visualisasi data. Software R ini memiliki beberapa kelebihan seperti bersofat open source.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. TensorFlow

TensorFlow merupakan suatu framework yang disusun menggunakan bahasa Python untuk membuat aplikasi. Tensorflow ini juga dapat melatih dan menjalankan neural network untuk proses klasifikasi. Tensorflow seringkali digunakan untuk memberi kemudahan bagi developer dalam menjalankan tugasnya. Software ini termasuk ke dalam framework machine learning khususnya deep learning. Selain itu salah satu kelebihan dari tools ini adalah dapat digunakan dengan bahasa lain seperti C++, Golang dan Javascript.

Data Scientist

3. Python

Mendengar istilah python, bagia sebagian besar orang yang bekerja dalam dunia programming tentu sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman ini. Python termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang bersifat open source, memiliki berbagai syntax yang mudah dimengerti dan bisa digunakan untuk beberapa hal. Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum ini telah banyak digunakan berbagai industri seperti untuk mengecek harga saham, proses automasi, mempermudah dalam kegiatan keseharian yang menggunakan bantuan teknologi, dan lainnya.

Data Scientist


4. SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa query yang sering digunakan oleh data scientist dan sangat membantu dalam proses analisis data terutama dalam bagian database. Dengan menggunakan SQL pengguna dapat mengakses database dengan mudah seperti membuat database, mengedit database maupun memanipulasi database. Beberapa Profesi yang menggunakan penerapan database antara lain seperti data scientist, database administrator, big data architect dan masih banyak profesi lainnya.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Tools data scientist merupakan salah satu bagian yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh praktisi data. Beberapa tools data scientist telah disebutkan di atas dapat kamu coba pelajari di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login