Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Tools Data Scientist untuk Menunjang Karir

Belajar Data Science di Rumah 21-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ecae57a74c6582e1b394740e87b0ab5e_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah salah satu Profesi yang akhir-akhir ini sedang diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak setiap industri di Indonesia bahkan dunia sudah mulai menerapkan analisis data di dalam proses pengambilan keputusan. Itulah salah satu alasan mengapa akhir-akhir ini mulai banyak yang tertarik kepada profesi yang satu ini. Belajar data science pastinya akan berkenalan dengan tools di dalamnya yang biasa digunakan. Karena jumlah ukuran data yang besar dan juga kompleks, tentu saja seorang praktisi data memerlukan tools khusus dengan kebutuhannya masing-masing.


Dengan menggunakan tools seorang data scientist dapat menyelesaikan tahapan-tahapannya dengan mudah pastinya. Tahapannya mulai dari membersihkan data, memanipulasikan data, memvisualisasikan data, praktisi data, pembuatan laporan, atau membuat dashboard dengan memerlukan tools yang berbeda satu sama lain. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas apa-apa saja tools yang dapat di pakai oleh data scientist.


1. Domo

Tools yang pertama adalah Domo. Jadi Domo ini akan melakukan pengolahan dan analisis data, jadi ketika kalian memerlukan menggabungkan beberapa sumber data kalian dapat menggunakan Domo ini sebagai tools. Data tersebut ada yang berasal dari database, spreadsheet, sampai dengan software berbasis cloud. Maka dari itu kalian dapat menggunakan Domo ini sebagai tools. 


Jadi Domo merupakan ruang manajemen bisnis dengan basis cloud yang cepat. Kemampuan business intelligence dari Domo ini bisa memungkinkan kalian untuk melakukan kolaborasi dengan melalui visualisasi dan juga komentar. Selain hal tersebut, software ini juga sudah sangat friendly dengan pengguna smartphone, jaki kalian dapat mengakses software ini di smartphone kalian.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bahasa R

Berikutnya adalah Bahasa R. Nah, R ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan data scientist. Tidak hanya sebagai bahasa pemrograman, R juga merupakan lingkungan komputasi statistik dan grafis. Beberapa statitik yang disediakan di dalamnya, di antaranya adalah pemodelan linier dan juga non linier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi dan pengelompokan, sampai dengan teknik grafis. Semua hal tersebut bisa kalian kembangkan sendiri dan juga bahasa R ini juga cukup berguna untuk melakukan pengolahan, analisis, dan visualisasi data.


3. Google Data Studio

Tools selanjutnya yang bisa kalian pakai adalah Google Data Studio. Nah, tools ini memiliki fungsi sebagai pengubah data berbentuk dashboard dan laporan menjadi sebuah data yang lebih informastif sebelumnya, lebih interaktif, dan juga lebih responsif juga. google Data Studio adalah tools data science yang dimiliki oleh Google. Selain bisa memvisualisasikan data, google data studio juga dapat digunakan untuk berkolaborasi tim secara real-time. Jadi kalian dapat memantau perkembangan data harian kalian apakah ada keanehan apa tidak dan juga bisa dipakai sebagai prediksi tren data ke depannya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Tableau

Tools terakhir yang dapat kalian pelajari adalah Tableau. Tableau ini adalah tools visualisasi data untuk business intelligence yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses pembuatan visualisasi interaktif dari suatu pengolahan data. Jadi Tableau ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan database, spreadsheet, dan juga OLAP (Online Analytical Processing). Sebagai salah satu analisis data, tableu ini dapat memvisualisasikan data geografis untuk dapat merencanakan bujur maupun lintang pada peta. Tableau ini juga dapat memonitoring industri seperti kinerja bisnis, transaksi para nasabah, dan lain sebagainya.


DQLab juga menyediakan beberapa macam modul pembelajaran secara gratis loh, jadi untuk kalian para pemula kalian bisa mencoba mempraktekannya secara langsung. Sehingga kalian akan memiliki beberapa gambaran umum bagaimana cara belajar di DQLab ini.


Data ScientistData Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login