SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 41 Menit 0 Detik

4 Tools Favorit Data Engineer untuk Kelola Database

Belajar Data Science di Rumah 21-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-04-2024-05-21-205129_x_Thumbnail800.jpg

Bagi data engineer, pengelolaan database menjadi salah satu aspek yang sangat krusial. Data engineer bertanggung jawab memastikan bahwa data yang disimpan dapat diakses dengan cepat, aman, dan efisien oleh pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, pemilihan tools atau sistem manajemen basis data (DBMS) yang tepat sangat penting. Berikut ini adalah empat tools favorit data engineer untuk mengelola database. Masing-masing memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri yang membuatnya populer.


1. MySQL

SQL

MySQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Dikembangkan oleh perusahaan Swedia MySQL AB, dan sekarang dimiliki oleh Oracle Corporation, MySQL terkenal karena kecepatan, keandalan, dan kemudahan penggunaannya. MySQL sangat cocok untuk aplikasi web karena performanya yang tinggi dalam menangani transaksi. Berbagai perusahaan besar seperti Facebook, Twitter, dan YouTube menggunakan MySQL untuk mengelola data mereka.


Selain itu, MySQL memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif yang secara konsisten memberikan kontribusi dalam bentuk plugin, pembaruan keamanan, dan dokumentasi. Fitur-fitur canggih seperti replikasi, clustering, dan dukungan untuk berbagai tipe tabel membuatnya sangat andal untuk kebutuhan skalabilitas tinggi. Dengan dukungan yang baik dari Oracle, MySQL terus berkembang dengan penambahan fitur baru agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. PostgreSQL

Data Engineer

PostgreSQL, sering disebut Postgres, adalah sistem manajemen basis data relasional bersifat open-source dan dikenal karena keandalannya dan fitur canggih yang ada. PostgreSQL menawarkan fitur-fitur seperti dukungan untuk tipe data yang kompleks, replikasi asinkron, dan kemampuan untuk mengembangkan fungsi dan prosedur tersimpan dalam berbagai bahasa pemrograman. PostgreSQL sangat disukai oleh para data engineer yang membutuhkan fleksibilitas dalam mendefinisikan struktur data dan keinginan untuk memanfaatkan fitur-fitur canggih yang tidak selalu tersedia di DBMS lainnya.


Keunggulan lain dari PostgreSQL adalah skalabilitas dan kemampuan penanganan beban kerja yang berat. Postgres dapat menangani query yang kompleks dan volume data yang sangat besar tanpa harus mengorbankan performa. Selain itu, komunitas PostgreSQL yang aktif terus memperbarui dan meningkatkan sistem ini, menjadikannya pilihan yang aman dan berkelanjutan untuk berbagai aplikasi enterprise. PostgreSQL juga terkenal karena keandalannya dalam hal konsistensi data dan integritas, yang sangat penting dalam lingkungan bisnis yang membutuhkan data yang akurat dan up-to-date.


3. Oracle

Data Engineer

Oracle Database adalah salah satu DBMS yang paling kuat dan komprehensif, banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk aplikasi mission-critical. Dikembangkan oleh Oracle Corporation, sistem ini dikenal karena kinerjanya yang luar biasa, fitur keamanan tingkat tinggi, dan dukungan untuk berbagai operasi transaksi yang kompleks. Oracle Database menawarkan berbagai fitur canggih seperti Real Application Clusters (RAC), Automatic Storage Management (ASM), dan Data Guard.


Oracle juga menyediakan solusi yang sangat baik untuk manajemen data yang terdistribusi dan replikasi data, yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola data secara efisien di berbagai lokasi geografis. Meskipun biaya lisensi Oracle Database bisa cukup tinggi, banyak perusahaan merasa investasi tersebut sebanding dengan manfaat yang diperoleh dalam hal stabilitas, dukungan teknis, dan kemampuan penanganan beban kerja. Selain itu, Oracle terus berinovasi dengan menambah fitur-fitur baru.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Microsoft SQL Server

Data Engineer

Microsoft SQL Server adalah DBMS relasional yang dikembangkan oleh Microsoft, terkenal karena integrasinya yang kuat dengan ekosistem Microsoft, termasuk Windows Server, Azure, dan berbagai tools pengembangan seperti Visual Studio. SQL Server menawarkan berbagai edisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari perusahaan kecil hingga besar, dengan fitur-fitur canggih seperti in-memory processing, advanced analytics, dan integrasi dengan big data tools. SQL Server sangat populer di kalangan perusahaan yang sudah menggunakan teknologi Microsoft lainnya karena kemudahan integrasi dan manajemen yang disediakan.


Selain itu, SQL Server menyediakan software administrasi yang kuat seperti SQL Server Management Studio (SSMS) yang memudahkan administrator database untuk memonitor, mengelola, dan mengoptimalkan kinerja database. Fitur keamanan termasuk enkripsi data dan autentikasi berbasis peran, memastikan bahwa data tetap aman dari akses yang tidak sah. Dengan dukungan penuh dari Microsoft, SQL Server terus berkembang dengan penambahan fitur baru yang membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dalam era digitalisasi yang cepat.


Nah, dapat disimpulkan ternyata tools di atas cukup kompleks tapi juga paling populer untuk kebutuhan manajemen database. Sehingga SahabatDQ yang tertarik menjadi data engineer perlu tahu dasar-dasar penggunaannya. Salah satunya yaitu mahir menulis query SQL. 


Bingung memilih platform terbaik? Kalian bisa mulai belajar di DQLab loh. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri menjadi data engineer andal!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login