GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 37 Menit 36 Detik 

4 Top Skill Data Analyst yang Wajib Kamu Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6ca1e9018c620371ece1139ce6ff0e41_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, banyak perusahaan yang menyadari bahwa nilai strategi bisnis berbasis data membutuhkan praktisi yang dapat memberikan wawasan mengenai aliran informasi yang dikumpulkan secara konstan. Penelitian Northeastern University menunjukkan bahwa, pada tahun 2021 ini, 70% eksekutif sebuah perusahaan akan lebih memilih kandidat pekerja yang memiliki keterampilan data. Selain itu, permintaan akan Data Analyst akan tumbuh secara cepat seiring dengan pertumbuhan dunia digital.


Peran Data Analyst di berbagai industri dan bisnis sangat bernuansa, sehingga sulit untuk membedakan skill mana yang paling penting untuk kamu kuasai. Namun ada beberapa top skill yang mayoritas dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Analyst.


Bagi kamu yang baru akan memulai karir menjadi Data Analyst atau mungkin bertanya-tanya bagaimana melakukan transisi karir di bidang satu ini, DQLab telah merangkum 4 Top Skill Data Analyst yang kamu butuhkan! Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Structure Query Language (SQL)

Skill satu ini merupakan bahasa kueri database yang membantu Data Analyst untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. SQL sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan. SAS dan SPSS menjadi bahasa serta paket statistik yang dapat digunakan oleh Data Analyst.


Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL. Data Analyst yang ahli dalam menggunakan alat dan bahasa pemrograman memberikan kepastian bahwa mereka dapat bekerja secara efektif dengan pelatihan maupun pengawasan yang minimal. Oleh karena itu, SQL dapat menjadi Top skill pertama yang dipelajari oleh seorang Data Analyst.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Microsoft Excel

Excel adalah salah satu top skill yang tidak bisa kamu lewatkan. Software satu ini tidak hanya digunakan untuk komputasi data dasar saja, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan analisis data. Banyak tujuan yang bisa dilakukan dengan Excel seperti pemodelan keuangan dan perencanaan bisnis. Menguasai Excel terlebih dahulu sangat baik dilakukan sebelum akhirnya menguasai bahasa pemrograman seperti Python dan R. Hal tersebut dikarenakan berbagai fungsi visualisasi Excel dapat membantu untuk menghasilkan informasi secara cepat dari data yang mentah kamu miliki.


Sejumlah fungsi Excel seperti Vlookup dan IF menjadi salah satu bagian yang bisa kamu gunakan dan tentunya memudahkanmu untuk melakukan analisis data. Selain itu, kamu juga bisa melakukan cleaning data secara lebih praktis di dalam Excel.


3. Bahasa Pemrograman Statistik

Top Skill Data Analyst ketiga adalah bahasa pemrograman statistik. Semakin banyak bahasa pemrograman yang kamu pahami dan kuasai akan membantu kamu lebih baik dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang Data Analyst. Ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst seperti SQL, R, Python dan sebagainya. Pengalaman dalam menggunakan berbagai bahasa pemrograman dapat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai seorang Data Analyst. Oleh karena itu, skill ini sangat penting bagi kamu yang ingin menjadi Data Analyst yang handal dan berkompeten. 


Bukan hanya bahasa pemrograman statistik saja, seorang Data Analyst juga harus memiliki kemampuan dalam memahami statistik seperti statistik inferensial dan deskriptif. Konsep statistik perlu dipelajari sedemikian rupa agar proses analisis data menjadi lebih akurat dan menggunakan sistem yang tepat.

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Data Visualization dan Presentation Skills

Top Skill terakhir versi DQLab ini wajib kamu kuasai sebagai Data Analyst. Setelah melakukan analisa dan penyusunan data, seorang Data Analyst akan membagikan hasil temuannya kepada tim lain dalam perusahaan. Data yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan akan diterjemahkan untuk menjadi laporan yang lebih mudah serta dapat dimengerti oleh user.  Untuk itu, kamu perlu memiliki kemampuan dalam melakukan Data Visualization. Terdapat berbagai jenis alat visualisasi yang dapat digunakan oleh seorang Data Analyst, seperti d3.js dan ggplot. Tools lain yang sebaiknya kamu kuasai untuk meningkatkan skill dalam visualisasi data adalah Tableau.


Kemampuan presentasi akan mendukung hasil visualisasi data yang telah Data Analyst lakukan. Seorang Data Analyst akan menjelaskan dan mempresentasikan hal-hal teknis maupun hasil data, kemudian melakukan penilaian terhadap kemajuan bisnis perusahaan serta menyampaikannya kepada banyak orang di dalam perusahaan. Jadi, kemampuan presentasi ini tidak boleh dilewatkan ya sahabat data!


5. Yuk, Persiapkan Dirimu Menjadi Data Analyst Bersama DQLab!

Buat kamu yang ingin belajar dan mendalami 4 Top Skill Data Analyst pada penjelasan diatas, sekarang waktunya belajar bersama DQLab


Caranya gampang, tinggal sign up sekarang di DQLab.id dan langsung nikmati quiz GRATIS untuk pengalaman belajar yang seru serta aplikatif! Ada berbagai modul yang bisa kamu akses untuk mendapatkan sertifikat & reward dari DQLab yang pastinya akan membantu kamu dalam mempelajari dan meningkatkan skill sebagai Data Analyst!


 

 

 

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :