[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 55 Menit 48 Detik 

4 Trik Cara Buat Tabel di Excel dengan Cepat dan Mudah, Cocok Bagi Pemula!

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c88be41c6f3af5569fa98f4d1e31a4ad_x_Thumbnail800.png

Setiap individu pasti ingin mengerjakan suatu hal dengan lebih efisien, cepat, dan tertata. Terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang yang tugasnya harus mengolah data. Seperti Data Scientist, Data Analyst dan lain sebagainya. Saat ini, banyak sekali aplikasi yang membantu kebutuhan tersebut, salah satunya adalah Microsoft Excel. Excel merupakan aplikasi software pengolah data yang di dalamnya tersedia komponen-komponen, seperti lembar kerja atau spreadsheet, rumus fungsi, tabel, grafik, dan lainnya. 

Belajar Microsoft Excel merupakan langkah utama yang tepat bagi kamu pemula yang ingin berkarir sebagai Data Analyst dan Data Scientist namun tidak memiliki background STEM tanpa perlu memulai dari materi koding terlebih dahulu. Interface Excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai platform, membuat aplikasi ini masih menjadi andalan untuk semua profesi maupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, Microsoft Excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Rasanya mustahil jika Excel tidak kamu masukan ke daftar urutan pertama untuk belajar menguasai skill Data Scientist dan kamu bisa memulai belajar dari cara membuat tabel di Excel!


1. Elemen pada Tabel Excel

Contoh Tabel Excel


Di dalam tabel Excel, terdapat beberapa elemen, seperti berikut:

  • Baris Header: Biasanya setiap kolom tabel memiliki pemfilteran yang diaktifkan di baris header. Salah satu fungsinya untuk mengurutkan data tabel dengan cepat. 

  • Baris Berpita: fungsi baris berpita adalah untuk membantu membedakan data dengan lebih baik. 

  • Kolom Terhitung: Sebuah rumus Excel bisa bekerja jika kita memasukkannya ke kolom terhitung. Secara otomatis rumus tersebut akan diterapkan pada semua sel lain di kolom tabel tersebut. 

  • Baris Total: Dimana baris total akan memberi daftar menurun jumlah otomatis untuk memilih fungsi seperti SUM, AVERAGE dan sebagainya. 

  • Gagang Pengatur Ukuran: Berada di sudut kanan bawah tabel, yang bisa kita gunakan untuk mengubah ukuran tabel sesuai keinginan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Tabel Menggunakan Menu Insert Table

Tahapan untuk membuat tabel menggunakan perintah Insert Table:

  • Pilih rentang data yang akan kamu jadikan sebagai tabel.

  • Selanjutnya, klik pada tab Insert lalu pilih Table. Atau tersedia shortcut keyboard dengan menekan tombol Ctrl + L atau Ctrl + T secara bersamaan.


  • Berikutnya akan muncul sebuah Option Box atau kotak pilihan "Create Table". Pada kotak tersebut pastikan rentang data yang akan kamu buat tabel sudah benar.

  • Jika range data yang akan kamu buat sebagai tabel memiliki judul kolom maka centang pada bagian My table has header. Jika tidak dicentang, maka di bagian atas tabel yang kamu buat akan muncul sebuah header baru dengan nama Column1, Column2 dan seterusnya. Nama-nama header tabel ini bisa disesuaikan.

  • Klik OK dan selesai. Sebuah tabel baru akan muncul di lembar dokumen Excel-mu.


3. Memanfaatkan Menu Insert pada Tab Home

Kita juga bisa menambahkan baris atau kolom pada tabel yang telah dibuat dengan menggunakan menu Insert pada Tab Home. Terdapat 4 opsi utama yang ditampilkan dalam menu Insert tersebut. Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing contoh:

  • Opsi “Insert Cells..

    Opsi “Insert Cells..” menunjukkan perintah bahwa kita dapat menambahkan cell baik berupa baris ataupun kolom. Setelah diklik, akan tampak kotak dialog yang berisi 4 perintah yaitu “Shift cells right”, “Shift cells down”, “Entire row”, dan “Entire column”.

  • Opsi “Insert Sheet Rows

    Opsi “Insert Sheet Rows” merupakan sebuah perintah untuk menambahkan baris sesuai dengan jumlah cell yang disorot. 

  • Opsi “Insert Sheet Columns

    Opsi “Insert Sheet Columns” ini digunakan ketika kita akan menambahkan cell berupa kolom. Jumlah dari kolom yang bertambah juga akan disesuaikan dengan jumlah kolom yang disorot.

  • Opsi “Insert Sheet

    Opsi yang keempat ini memang tidak ada hubungannya dengan tata cara menambah tabel di Excel. Melainkan opsi ini digunakan ketika kita ingin menyisipkan Sheet atau lembar kerja baru.


4. Cara Membuat Tabel Menggunakan Menu Format as Table

Cara ini sebenarnya akan menghasilkan tabel yang sama dengan cara diatas. Perbedaannya hanya terletak pada tahap membuatnya saja. Perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Pilih rentang data yang akan kamu jadikan sebuah tabel.

  • Setelah itu pada tab Home pilih opsi Format as Table yang berada di bagian Group Style.

  • Selanjutnya pilih desain dari tabel yang kamu inginkan.

  • Maka akan muncul Option Box seperti cara diatas.

  • Pastikan range data yang akan kamu jadikan sebuah tabel sudah sesuai.

  • Seperti cara diatas. Jika data yang kamu seleksi memiliki judul maka centang pada kotak My Table has headers. Jika tidak maka akan muncul judul kolom secara default. Namun kamu tetap bisa merubahnya.

  • Klik OK. Dan secara otomatis data tersebut akan menjadi sebuah tabel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Panduan Belajar Excel Lengkap dari Nol Hingga Advanced di DQLab

Keterampilan menggunakan Microsoft Excel saat ini sudah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Jika dirinci lebih dalam, Excel memiliki segudang manfaat melalui fungsi dan toolsnya yang bermacam-macam. Apakah kalian tahu bahwa kita bisa belajar Excel di DQLab? Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati modul gratis Excel hanya di DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL, loh! Tunggu apalagi?


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!