GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 27 Menit 32 Detik 

4 Tugas Dasar Data Analyst Terupdate 2022

Belajar Data Science di Rumah 23-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e93fcaf15a1285a6eaebc48ab4ba957b_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst hampir sama dengan praktisi data lainnya, dimana dituntut untuk bisa bersahabat dengan data. Saat ini, perusahaan yang ada mulai menyadari betapa pentingnya penggunaan data dalam pengambilan keputusan karena keputusan yang diambil lebih mampu untuk menjawab persoalan bisnis yang sedang terjadi. Sayangnya, data baru bisa berharga nilai nya setelah diolah terlebih dahulu, dimana pola dan insight yang tersimpan di dalam nya akan terungkap.


Kebutuhan akan praktisi data diprediksi akan terus meningkat hingga beberapa tahun ke depan, salah satunya adalah Data Analyst. Menjadi seorang Data Analyst terbilang susah-susah-gampang, namun tentu saja pekerjaan ini tidak membosankan karena permasalahan yang akan dihadapi akan beragam. Fakta menariknya, posisi ini menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan hampir di semua industri, loh. Tapi kira-kira apa saja sih tugasnya? Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut!


1. Mengolah Data Menjadi Insight

data analyst

Tugas paling utama dari seorang Data Analyst adalah mengubah data mentah menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi perusahaan atau biasa dikenal dengan insight bisnis. Data yang akan diterima oleh praktisi data biasanya data yang sudah siap diolah karena sudah dibersihkan oleh Data Engineer terlebih dahulu. Kalau pun masih ada yang belum sesuai, Data Analyst hanya perlu melakukan sedikit proses cleaning data. 


Data Analyst biasanya akan bertemu dengan banyak data dari berbagai sumber, sehingga Data Analyst harus bisa menentukan metode mana yang akan digunakan untuk mengolah data yang dimiliki. Karena metode analisis data baru bisa menjadi metode terbaik ketika bertemu dengan jenis data yang tepat.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Memahami Bisnis dan Perkembangannya

data analyst

Data Analyst juga dituntut untuk memahami bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Dalam proses mengolah data, kita baru bisa memahami harus “diapakan” datanya ketika kita memahami domain bisnisnya. Tidak hanya pemahaman untuk keadaan yang terjadi di masa lalu saja,


Data Analyst juga dituntut untuk jeli dalam melihat arah bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Setiap keputusan yang diambil pasti akan berdampak terhadap keberlangsungan perusahaan. Itulah mengapa, keputusan yang dibuat harus melibatkan data dan fakta yang ada di lapangan.


3. Bekerja Sama dengan Tim Lain

data analyst

Tidak bisa dipungkiri, sebuah perusahaan baru bisa berjalan dengan baik ketika semua bagian dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Begitu juga dengan seorang Data Analyst, kerap kali Data Analyst dituntut untuk mampu berkolaborasi dengan tim-tim lain yang ada di perusahaan tersebut. Karena dalam proses pengolahan data kita harus mengetahui tentang datanya terlebih dahulu, maka diskusi dengan tim yang paling memahami permasalahan tersebut akan sangat dibutuhkan.


Dengan memiliki kemampuan komunikasi serta pemahaman yang baik terhadap apa yang disampaikan oleh tim lain akan membuat proses diskusi tersebut berjalan dengan lebih mudah.  


4. Menyampaikan Hasil Temuannya

data analyst

Setelah melakukan analisis data, Data Analyst juga bertugas untuk menyampaikan hasil temuannya kepada para stakeholder, baik melalui atasannya maupun langsung ke stakeholder. Biasanya, proses penyampaian temuan ini dapat dilakukan dalam bentuk reporting melalui dashboard maupun langsung mempresentasikan hasilnya. Untuk bisa memaparkan hasil analisis data serta solusi dari permasalahan tersebut, maka skill komunikasi menjadi hal yang wajib dikuasai oleh seorang Data Analyst.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Tertarik menjadi seorang Data Analyst? Kamu bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman R, Python, dan SQL di DQLab. Seperti kata pepatah, “sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui” bisa kamu temukan disini. Tidak hanya belajar bahasa pemrograman, namun kamu juga akan belajar untuk membuat visualisasi data, mencari insight dari data, serta ada project yang sangat mirip dengan permasalahan di lapangan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu berlangganan menjadi member premium DQLab dan kamu akan bisa menikmati semua hal tersebut.


Tapi untuk kamu yang belum mau berlangganan menjadi member premium, kamu juga tetap bisa mengakses live code yang ada di free modul loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!