PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 52 Menit 35 Detik 

4 Tugas Data Scientist Maksimalkan Bisnis Jalur Data!

Belajar Data Science di Rumah 25-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/982d41dfa28db683cf5343c86d095581_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist menggunakan pengkodean dan taktik pemrograman komputer lainnya untuk mengotomatiskan tugas pengumpulan dan penyimpanan data. Mereka dapat bekerja sama dengan departemen perusahaan atau bahkan membuat sistem untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan dalam database mereka. 


Data scientist membantu perusahaan dengan memberi wawasan atau insight tentang cara meningkatkan bisnis para pelaku bisnis. Template job desc data scientist biasanya disesuaikan untuk perusahaan mulai dari melakukan pengumpulan data, hingga menyajikan informasi menggunakan visualisasi data. 


Yuk, bergabung dengan DQLab untuk mempelajari skill yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab secara umum. Kamu bisa menikmati semua modul DQLab yang terdiri dari modul R, Python dan SQL. 


Dimana semua modul dirancang terstruktur utuk melatih problem solving, dan kreativitas dengan studi kasus yang mencerminkan kondisi data riil di Indonesia. Kamu bisa mulai belajar secara berurut dimulai dari kelas persiapan hingga kelas penerapan industri.


Yuk mantapkan karir kamu mulai belajar dan memahami tugas dari data scientist!


1. Memahami Proses Bisnis Perusahaan

data scientist

Tugas pertama seorang data scientist sebelum ke tugas yang jauh lebih kompleksadalah harus memahami flow bisnis dan juga data yang akan digunakan terlebih dahulu. Dengan memahami flow bisnis yang ada kamu dapat mengidentifikasi permasalahan bisnis yang mungkin sedang atau akan terjadi di masa mendatang. 


Setelah memahami flow bisnis kamu juga harus paham tentang data tersebut karena hal ini dapat memberikan fondasi analitik untuk sebuah penelitian dengan membuat ringkasan dan mengidentifikasi potensi masalah dalam data. 


Ringkasan disini dapat berguna untuk mengkonfirmasi apakah data terdistribusi sesuai yang dibutuhkan, jadi tugas pertama seorang data scientist adalah memastikan data-data yang akan digunakan tidak mengandung outlier, missing value dan tetap sesuai dengan flow bisnis yang ada. Nantinya data-data tersebut akan diidentifikasi dan diukur agar bisa diperbaiki dalam proses data preparation.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memastikan Kualitas Data Perusahaan

data scientist

Setelah kamu memahami proses bisnsi di perusahaan, maka tugas seorang data scientist selanjutnya adalah memastikan kualitas data perusahaan dengan melakukan proses pengumpulan data, hingga data preparation. tujuannya adalah agar data yang siap digunakan adalah data yang berkualitas dan siap untuk dianalisis.  


Data preparation memiliki pengaruh yang cukup besar dari hasil penggalian suatu knowledge dan insight baru. Hal ini membuktikan bahwa data preparation adalah tugas  utama dan krusial bagi seorang data scientist. 


Kita ambil contoh saja, ketika kamu mengerjakan proyek analisis sentimen dengan melakukan crawling data twitter. Yang mana, data tersebut pasti masih mengandung punctuation, missing value, duplikasi data, dan lainnya yang dapat mempengaruhi hasil akurasi dari analisis dan prediksi data kamu. 


Untuk itu, data cleaning dan data preparation adalah tugas data scientist yang berpengaruh dalam proses analisis. 


3. Melakukan Analisis Data untuk Mengidentifikasi Pola dan Trend

data scientist

Selain memahami proses bisnis suatu perusahaan dan organisasi seorang data scientist juga bertugas untuk melakukan analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi pola dan trend yang ada. Oleh karena itu, kemampuan analytical thinking seorang data scientist  harus cukup kuat. 


Hal ini tentu masih berkesinambungan dengan intuisi bisnis karena setelah memahami proses bisnis dari suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat melihat masalah kompleks dari beberapa sudut pandang, kemudian merumuskan solusi paling efektif dan efisien melalui observasi, logika dan penelitian. 


Kemampuan analisis memang bukan suatu bakat yang sudah ada sejak lahir sehingga. skill  ini dapat kita bentuk dan tanamkan dari waktu ke waktu, dengan cara melatihnya melalui proses pemecahan masalah-masalah sederhana hingga yang rumit.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Menyajikan Data 

Tidak hanya memahami bisnis proses, memastikan kualitas data dan melakukan analisis data untuk mengidentifikasi pola dan trend, tapi kamu juga harus mampu menyajikan data yang telah kamu analisis pola dan trend nya tadi. Menyajikan data sebenarnya juga tujuan terakhir dari serangkaian proses tugas dan tanggung jawab kamu sebagai seorang data scientist. 


Dengan melakukan visualisasi data, maka pembaca atau audience dapat lebih cepat dalam menangkap informasi dari data yang kita sajikan, selain itu informasi menjadi mudah diingat karena dalam visualisasi data terdapat warna dan juga pattern tertentu.


Maka kita jadi lebih baik dalam mengkomunikasikan tujuan dari data-data kita yang ingin kita sajikan kepada para pembaca, serta untuk bisa menemukan dan mengkomunikasikan actionable insight.


data scientist


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS.



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :