PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 21 Menit 48 Detik

4 Tugas Data Scientist Secara Umum di Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8e847cbcc918a210d4ebb48dc7d5e3be_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist adalah salah satu profesi dalam bidang data yang cukup populer di era sekarang seperti ini. Salah satu alasan mengapa data scientist menjadi salah satu profesi yang cukup populer adalah karena data adalah salah satu komponen yang penting bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang lebih berkembang lagi. Dengan data perusahaan ini dapat menjadi strategi bisnis yang cukup baik, meningkatkan daya jual dari perusahaan tersebut, menentukan promosi produk, dan keuntungan lainnya. Data yang digunakan pun bermacam-macam seperti data dari hasil penjualan, data customer, data karyawan, dan data penting lainnya. 


Secara umum, definisi dari data scientist adalah orang yang memiliki tugas untuk mengolah data dari perusahaan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan sebuah informasi ytang berguna bagi perusahaan. Maka dari itu diperlukan skill analisis yang cukup kuat, pemahaman data yang baik, dan juga memiliki skill komunikasi yang baik. Kemampuan ini bisa kalian pelajari baik secara otodidak atau mandiri ataupun dengan mengikuti bootcamp. Nah, Data Scientist juga memiliki beberapa tugas penting di dalam perusahaan, apa saja tugasnya? Mari kita simak artikel dibawah ini!


1. Mengolah Big Data

Salah satu tugas yang utama dari seorang data scientist adalah mengolah big data. Data yang diolah ini termasuk kedalam data yang jumlahnya sangat besar. Ini bertujuan untuk menemukan sebuah informasi yang ada di balik data. Pengolahan data ini meliputi proses pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan juga memvisualisasikan data. Data scientist biasanya akan mengambil data dengan menggunakan query SQL, lalu mengolahnya dengan menggunakan tools statistik, setelah itu membuat visualisasinya dengan menggunakan tools visualisasi data. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bertanggung Jawab Atas Kualitas Data Dari Perusahaan

Ketika suatu perusahaan yang memiliki trafik data yang cukup tinggi pastinya akan memerlukan seorang yang mampu mempersiapkan infrastruktur datanya dengan baik. Disinilah seorang data scientist dibutuhkan, karena mereka mampu menyiapkan infrastruktur data dari perusahaan dengan baik. Inilah mengapa data scientist dibutuhkan perusahaan karena mereka memiliki tanggung jawab atas kualitas data yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Infrastruktur data yang diinginkan pastinya dengan struktur data yang baik, dan juga kemudahan dalam mengakses datanya.


3. Eksperimen Model untuk Mengolah Data

Tugas penting selanjutnya adalah data scientist harus terus bereksperimen untuk model ataupun metode dalam menangani datanya, agar dapat mengolah data dengan cepat dan juga tepat. Data scientist juga harus memiliki pemahaman akan data tersebut dan kemudian menetapkan model atau metode mana yang tepat untuk kumpulan data yang dimilikinya. Eksperimen ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa model atau metode yang mereka gunakan sudah sesuai dengan alurnya. Jika mereka menerapkan model yang tidak sesuai dengan data, maka hasil dari pengolahan tersebut tidak akan tercapai atau tidak maksimal.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Merancang Machine Learning

Machine Learning merupakan metode pembelajaran mesin yang dimana mesin dapat mempelajari data dengan sendirinya seperti menganalisis dan juga membuat keputusan. Selain mengolah data, Data scientist juga memiliki tugas untuk merancang machine learning. Sisi baik dari menerapkan machine learning ini adalah perusahaan dapat mengolah data dengan lebih cepat dan juga bisa melakukan prediksi dengan berdasarkan data yang sudah dimiliki. Contohnya adalah rekomendasi dari sebuah marketplace, pengalaman di media sosial, dan lain sebagainya. Disini perusahan bisa memberikan pengalaman yang menarik untuk para customer dan juga prediksi yang diperoleh dapat dijadikan pedoman untuk langkah kedepannya. 


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login