Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

4 Tugas Utama Data Scientist di Lingkungan Kerja yang Wajib Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d664ed6e58d171e162126c613cd172c6_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi salah satu profesi di bidang Data Science yang semakin bersinar, kebutuhan praktisi data akan profesi satu ini tentunya juga mengalami peningkatan yang pesat. Peluang kerja yang besar menjadikan penerapan ilmu Data Science semakin dibutuhkan oleh praktisi data. Data Scientist adalah orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data. 


Persaingan akan profesi Data Scientist di lingkungan kerja berbagai industri semakin terasa karena peran dan tanggung jawab profesi yang penting bagi perusahaan. Sahabat data yang tertarik untuk memulai atau melanjutkan karir sebagai seorang Data Scientist perlu memahami tugas dari profesi ini secara rinci, khususnya dalam lingkungan kerja. Lantas, apa aja sih tugas utama dari seorang Data Scientist di lingkungan kerja? 


Kali ini, DQLab telah merangkum 4 tugas utama Data Scientist di lingkungan kerja yang wajib kamu ketahui! Simak artikel dibawah ini ya!


1. Menganalisis dan Mengelola Data Perusahaan

Menjadi salah satu tugas wajib dari seorang Data Scientist, menganalisis dan mengelola berbagai data perusahaan adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan. Data yang dianalisis biasanya berasal dari database perusahaan. Hasil analisis dan pengelolaan data tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengembangan produk, strategi bisnis dan sebagainya. Pada umumnya, Data Scientist akan mengelola data menggunakan bahasa pemrograman seperti R dan SQL untuk membantu mereka.


Pada perusahaan yang memiliki skala besar, pemahaman akan Big Data sangat diperlukan oleh Data Scientist. Penggunaan berbagai platform dalam menganalisis Big Data seperti Hadoop, Hive dan pig juga harus mampu dilakukan oleh Data Scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Pengujian Data

Berbagai jenis data yang telah diperoleh Data Scientist, belum sepenuhnya dapat diproses sedemikian rupa. Data Scientist bertugas melakukan proses pengujian data sebelum menyajikan informasi yang didapatkan kepada manajemen atau stakeholder lain di perusahaan. Proses tersebut meliputi seleksi data, yaitu proses pemilihan data dari database, pre-processing yakni memerika validasi data, transformation yaitu proses untuk menyeragamkan data yang diperoleh, Data Mining untuk mencari pola berdasarkan data yang ada dengan menggunakan teknik tertentu dan interpretasi atau pengolahan kembali dari Data Mining agar lebih mudah dimengerti.


3. Memvisualisasikan Data

Setelah melakukan analisis, seorang Data Scientist memiliki tugas untuk memvisualisasikan data tersebut untuk kemudian akan dipresentasikan. Visualisasi data dapat dilakukan dengan membuat pemetaan ataupun prototype. Hal tersebut menjadi salah satu tugas Data Scientist yang sangat penting karena, visualisasi data akan disampaikan kepada user atau stakeholder untuk mempermudah proses bisnis agar lebih terstruktur dan mudah dipahami. Dengan menafsirkan data secara jelas, Data Scientist akan mampu membuat prediksi untuk pengembangan perusahaan dan menyampaikannya secara lebih mudah kepada tim perusahaan.


Data Scientist dapat menggunakan Tableu atau software lainnya untuk melakukan visualisasi data, sehingga rangkuman data yang didapatkan jelas.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Mempresentasikan Hasil Temuan 

Setelah melalui berbagai proses dari mengolah, menganalisis hingga memvisualisasi data, Data Scientist juga bertugas untuk mempresentasikan hasil temuan dari data-data tersebut. Hasil temuan yang telah dipresentasikan dapat menjadi saran kepada perusahaan maupun tim manajemen untuk pengembangan produk, pasar maupun hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan dan pertumbuhan perusahaan.


5. Ingin Menjadi Data Scientist? Yuk, Gabung Bersama DQLab!

Persaingan untuk berkarir menjadi Data Scientist semakin ketat. Tapi tenang aja sahabat data, kamu bisa belajar Data Science dan skill yang dibutuhkan oleh Data Scientist bersama DQLab. Ada berbagai modul yang dapat kamu akses secara GRATIS loh! Langsung sign up aja di DQLab.id dan selesaikan modul tersebut untuk mendapatkan sertifikat!


Selamat belajar dan bertumbuh bersama DQLab sahabat data!




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!