PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 28 Menit 23 Detik 

5 Career Path untuk Data Analyst, Siap Berkarir 2023

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf44ed0de68606d56428e32bcf5ccf66_x_Thumbnail800.jpeg

Di tengah derasnya arus teknologi informasi dan era digital, profesi Data Analyst kian diminati oleh generasi millennial. Hal ini didukung dengan laporan dari World Economic Forum, bahwa Data Analyst masuk ke dalam profesi yang paling diminati di ranah industri data. 


Jika kamu ingin berkarir menjadi seorang Data Analyst, ada baiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu terkait jenjang karir dari posisi Data Analyst. Jenjang karir menggambarkan tingkatan posisi yang dapat dilalui oleh seorang employee di perusahaan. Setiap employee memiliki kesempatan untuk menduduki setiap posisi. 


Sedikit gambaran saja sahabat DQLab, Data Analyst juga mempunyai career path yang sangat terstruktur dan menjanjikan. Kalau kamu bisa konsisten pasti perlahan-lahan akan menduduki setiap posisinya. Terdapat 5 tingkatan yang bisa ditempuh untuk menjadi Data Analyst profesional. Tingkatan tersebut berjenjang seiring dengan meningkatnya skill dari Data Analyst itu sendiri.


Dalam artikel ini akan dibahas career path seorang Data Analyst secara umum. Penasaran dengan pembahasannya? Yuk, simak artikel di bawah ini!


1. Freelance Data Analyst

Kita masuk ke tingkatan pertama yaitu Freelance Data Analyst. Menurut definisi, Freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan.


Data Analyst


Pada tingkatan ini sangat cocok untuk sahabat DQLab yang belum memiliki pengalaman dalam dunia data. Dengan mengambil job Freelance Data Analyst mengindikasikan bahwa kamu bekerja sendiri dan mencoba untuk menggarap berbagai proyek dalam bidang data.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Intern Data Analyst

Selanjutnya jika kamu sudah siap untuk bekerja di suatu perusahaan maka kamu bisa mengikuti Intern Data Analyst. Biasanya untuk posisi Intern Data Analyst, seseorang akan melalui tahapan probation selama 3-6 bulan.


Data Analyst


Dari segi load pekerjaan, sebenarnya Intern Data Analyst ini biasanya dikerjakan baik secara individu maupun team. Data yang dianalisis juga bergantung pada jenis perusahaannya.


Contoh apabila Intern Data Analyst yang perusahaannya bergerak di bidang marketing maka data yang dianalisis juga berkaitan dengan bidang Marketing. 


3. Entry-Level Data Analyst

Sebagai Entry Level Data Analyst, kita tidak akan melakukan tugas penting secara individu. Entry Level Data Analyst bekerja dalam tim dan diawasi oleh analyst atau konsultan senior. Beberapa peran khas Entry Level Data Analyst adalah data collection, data cleaning, dan reporting.


Data Analyst


Pada data collection, Entry Level Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari sumber yang andal, akurat, dan aman. Selanjutnya, data tersebut disimpan di database atau sistem penyimpanan data.


Setelah data dikumpulkan, maka data siap untuk dibersihkan sebelum dianalisis dan diinterpretasikan. Setelah data dibersihkan maka Entry Level Data Analyst harus membuat report mengenai temuan kita menggunakan berbagai tools.


4. Senior Data Analyst 

Para jenjang karir Senior Data Analyst, mereka merupakan praktisi data yang sangat berpengalaman dalam bidang analisis data. Mereka adalah orang-orang yang mengerjakan tugas-tugas yang rumit dan juga yang mempersiapkan para pemula untuk belajar cara menganalisis data lebih dalam lagi.


Data Analyst


Syarat untuk naik ke jenjang karir ini adalah harus memiliki pengalaman, keahlian yang teruji, dan pengetahuan lengkap mengenai cara memanipulasi data dalam jumlah yang besar. Para Data Analyst ini juga harus bisa menggunakan semua tools terkait analisis data seperti visualisasi dan manajemen data.


Sebagai seorang Senior Data Analyst, maka kamu akan memiliki beberapa tanggung jawab besar. Pertama, kamu harus dapat bekerja di bawah tekanan untuk memenuhi tugas yang sulit atau bekerja dalam tenggat waktu yang spesifik.


Kedua, kamu harus bertanggung jawab dengan hasil analisis sendiri karena hasil tersebut akan sangat mempengaruhi keputusan yang diambil dalam suatu perusahaan di tempatmu bekerja.


5. Data Analyst Manager

Jenjang karir berikutnya yaitu kalian bisa bekerja sebagai Data Analyst Manager. Selain hard skill Data Analyst yang pastinya harus kalian miliki, soft skill juga harus dikuasai seperti komunikasi, kolaborasi, dan juga adaptasi. Karena untuk menjadi seorang Data Analyst pastinya akan lebih banyak bekerja dengan tim.


Nah jika kalian ingin menjadi Data Analyst Manager kalian diharuskan mengarahkan dan juga mengembangkan keahlian tim secara keseluruhan agar bisa menyelesaikan project yang diberikan oleh perusahaan dan dengan hasil yang maksimal.


Kalian juga memiliki kewajiban untuk membangun komunikasi yang baik kepada anggota tim dan juga memastikan mereka bisa memahami peran dan juga tugas mereka masing-masing dengan jelas.


Maka dari itu dengan kalian memiliki soft skill yang mumpuni kalian bisa saja mendapatkan promosi sebagai Head of Data atau bahkan lebih tinggi lagi seperti Chief Data Officer.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Data Analyst merupakan profesi yang sedang naik daun saat ini. Untuk menjadi Data Analyst yang profesional, kita perlu memenuhi berbagai kualifikasi yang tersedia pada umumnya.


Salah satu poin pentingnya adalah menguasai skill. Menguasai skill Data Analyst merupakan bentuk tanggung jawab kita kepada diri sendiri dan profesi yang sedang digeluti.


Jika ingin belajar Data Analyst dari dasar, langsung saja coba belajar di DQLab! DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :