Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

5 Keuntungan Ikut Bootcamp Data Analyst Online

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b28a7b7aefefa0afa39902b46bcf5f4a_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data analyst semakin banyak dicari oleh perusahaan karena perkembangan teknologi terutama banyaknya kegiatan melalui bentuk digital. Sehingga untuk mengetahui kebutuhan pasar, perusahaan perlu praktisi yang mampu mengolah data dengan handal. Inilah mengapa banyak orang ingin mengasah skill di bidang data untuk menjadi data analyst.


Salah satu cara menjadi data analyst adalah dengan mengikuti bootcamp. Pelatihan ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan menempuh sekolah formal. Opsi ini juga sangat cocok bagi fresh graduate dengan latar belakang Non IT. Mengapa demikian? Yuk, simak penjelasannya!


1. Belajar dengan Waktu yang Fleksibel

Data Analyst

Bootcamp dengan metode online menawarkan waktu belajar yang fleksibel. Ini tentunya cocok bagi kalian yang memiliki kesibukan lain misal bekerja atau sedang kuliah. Dengan mengikuti online bootcamp kalian dapat mempelajari hal baru yang sesuai dengan jadwal kalian. Biasanya tugas yang diberikan juga memiliki deadline yang disesuaikan oleh peserta yang memiliki kesibukan. Beberapa diantaranya juga membuka kelas dengan jadwal di weekend. Meskipun kalian tidak sempat ikut, penyedia online bootcamp biasanya menyimpan recording yang bisa diakses kapanpun oleh peserta. 


Dengan fleksibilitas yang diberikan, kalian tidak harus resign dari pekerjaan, atau meninggalkan tugas kuliah. Pengetahuan dan keterampilan baru yang kalian dapatkan tidak membutuhkan komitmen dengan merelakan hal tersebut. Hal yang kalian korbankan hanya berupa waktu tidur, waktu bermain yang cenderung singkat untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Manajemen waktu bagi peserta bootcamp memanglah penting.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Harga Lebih Terjangkau

Data Analyst

Bootcamp biasanya juga menjadi opsi bagi mereka yang memiliki biaya terbatas namun ingin mempelajari hal baru. Biaya kuliah tentu sangat mahal dan tidak banyak orang yang mampu melanjutkan pendidikan dengan cara tersebut. Bahkan beberapa bootcamp juga menyediakan layanan cicilan sampai bootcamp selesai. Tentu cara ini semakin meringankan Sahabat DQ yang ingin menambah pengetahuan dan mempelajari hal baru. 


3. Memperluas Networking

Data Analyst

Umumnya, peserta bootcamp berasal dari kalangan, latar belakang studi, bahkan bidang pekerjaan yang berbeda. Hal Ini menjadi kesempatan kalian untuk memperluas networking. Kalian bisa berkenalan dan menjalin hubungan baik dengan sesama peserta agar nantinya dapat membantu kalian ketika membutuhkan pertolongan. Tugas-tugas yang ada pada bootcamp biasanya juga dikerjakan secara berkelompok. Kegiatan ini juga membantu kalian menjadi orang yang berwawasan luas, memiliki sudut pandang yang berbeda dan beragam, sehingga terbiasa menempatkan diri dalam lingkungan yang baru. 


4. Kuasai Skill dalam Waktu Singkat

Data Analyst

Bootcamp dirancang sehingga pembelajaran yang diberikan ke peserta dapat diaplikasikan dalam waktu yang singkat. Jika materi data analyst umumnya diselesaikan dalam waktu 4 tahun kuliah, maka bootcamp memadatkan materi sehingga peserta dapat menguasainya dalam waktu 3-6 bulan saja. Ini karena biasanya bootcamp berfokus pada kemampuan teknis yang diasah sehingga sesuai kebutuhan di dunia kerja. Materi yang diberikan adalah materi dasar yang menjadi syarat pemahaman suatu kemampuan teknis. Itulah mengapa, penting sebenarnya bagi lulusan bootcamp untuk melanjutkan pembelajaran mandiri agar lebih matang dalam menguasai suatu topik.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Lulusannya Siap Diterima Kerja

Data Analyst

Kemampuan yang didapatkan pada bootcamp memang berfokus pada kebutuhan dunia kerja. Selama pembelajaran, kalian akan diberikan studi kasus untuk menerapkan materi dan keterampilan yang sudah dipelajari. Studi kasus yang diberikan pun juga dari berbagai industri. Agar kalian mendapatkan gambaran umum kegunaan skill tersebut pada masing-masing industri.


Beberapa online bootcamp juga menyediakan fasilitas job connector. Dimana para alumni bootcamp akan dibantu mendapatkan pekerjaan. Kalian juga mendapatkan sesi konsultasi CV agar siap diterima kerja. Penyedia juga akan secara aktif merekomendasikan kalian sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Usahakan untuk memiliki track record yang baik selama pembelajaran, portofolio yang lengkap, jelas, dan detail. 


6. Yuk, Ikut Kursus dan Live Class Bootcamp Data Analyst DQLab!

DQLab merupakan salah satu kursus belajar online yang tepat untuk mempelajari data science. Bersama DQLab, kamu akan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu, DQLab menjadi platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT dan menerapkan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif!


Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login