Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

5 Kiat Sukses Mengikuti Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/10841787-21ef-4b78-a766-a53c6baecbde-2023-08-16-232446_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam era digital yang dikuasai oleh informasi, menjadi seorang Data Scientist adalah langkah yang cerdas untuk memahami dunia di sekitar kita. Namun, menjalani perjalanan ini memerlukan pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang tepat.


Pelatihan Data Scientist merupakan salah satu solusi bagi pemula data yang ingin upgrade skill menuju industri digital. Memasuki dunia data apalagi bagi kamu yang ingin berkarir di ranah Data Scientist tidaklah mudah kalau tidak dibarengi dengan hard skill (kemampuan teknis) maupun soft skill (keterampilan pendukung yang menunjang hard skill) itu sendiri.


Artikel ini akan membantu kamu menjelajahi kiat-kiat praktis yang akan membimbing kamu dalam mengikuti pelatihan Data Scientist dan meraih potensi penuh dalam lapangan yang menarik ini.


1. Kuasai Dasar-dasar Matematika dan Statistik

Pemahaman dasar tentang matematika dan statistik adalah fondasi yang penting dalam menjadi seorang Data Scientist yang berkompeten. Pelajari konsep-konsep seperti probabilitas, distribusi, regresi, dan lainnya. Ini akan membantu kamu memahami bagaimana data bekerja dan bagaimana algoritma analisis beroperasi. Jika kamu memahami dasar-dasarnya, kamu akan lebih siap untuk menghadapi tugas-tugas yang lebih kompleks.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pilih Platform dan Alat yang Tepat

Dalam pelatihan Data Scientist, kamu akan berinteraksi dengan berbagai alat dan platform. Mulailah dengan memahami pilihan yang tersedia, seperti Python atau R sebagai bahasa pemrograman, dan alat seperti Jupyter Notebook atau Anaconda sebagai lingkungan pengembangan. Pilihlah alat yang sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan, dan pelajari dengan mendalam. Ini akan membantu Anda menjadi lebih efisien dalam menganalisis data.


3. Praktikkan dengan Proyek Nyata

Pelatihan Data Scientist paling efektif ketika disertai dengan proyek nyata. Cobalah menerapkan konsep dan keterampilan yang kamu pelajari dalam proyek-proyek sederhana terlebih dahulu. Kamu dapat memanfaatkan dataset yang tersedia secara online atau menciptakan proyek berdasarkan minat. Praktik ini akan membantu dalam mengasah keterampilan dan memperkuat pemahaman tentang analisis data sehari-hari.


4. Terus Belajar dan Berkolaborasi

Dunia analisis data selalu berkembang. Selama pelatihan, tetap terbuka untuk pembelajaran kontinu dan kerjasama. Bergabunglah dalam komunitas online atau forum diskusi di mana kamu dapat berbagi pengalaman, bertanya pertanyaan, dan memperoleh wawasan dari praktisi lain. Kolaborasi dengan orang-orang dengan minat yang sama akan membantu dalam mengatasi tantangan dan tetap terinspirasi.


5. Kembangkan Kemampuan Komunikasi

Sebagai seorang Data Scientist, kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil temuan dengan jelas adalah kunci. Selama pelatihan, latih kemampuan komunikasi kamu dengan menjelaskan konsep atau hasil analisis kepada teman atau kelompok studi. Ini akan membantu dalam mengatasi kesulitan dalam menyampaikan informasi teknis secara sederhana kepada orang yang tidak memiliki latar belakang teknis.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Apakah kamu siap untuk memasuki dunia analisis data yang menarik? Pelatihan Data Scientist adalah langkah pertama yang tepat. Dengan kiat-kiat ini, kamu dapat memulai perjalanan dengan keyakinan dan tekad.


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login